Informasi Kesehatan

Mengenal Operasi Hemoroidektomi, Cara Ampuh untuk Mengatasi Ambeien

mengenal-operasi-hemoroidektomi-cara-ampuh-untuk-mengatasi-ambeien.jpg

Mengenal Revenge Bedtime Procrastination, Fenomena Psikologi tentang Begadang

Setelah seharian hectic dengan aktivitas, kamu jadi sering menunda waktu…

Penyebab Gatal Seluruh Badan dan Cara Mengatasinya

"Penyebab gatal seluruh badan bisa beragam, mulai dari…

Awas, Ini 5 Hal yang Bisa Membuat Batuk Sulit Sembuh

“Batuk kronis adalah batuk yang tidak kunjung sembuh.…

Operasi hemoroidektomi adalah satu-satunya pengobatan untuk mengatasi ambeien yang sudah parah. Prosedur ini tergolong aman dan efektif, tetapi pemulihannya bisa memakan waktu beberapa minggu dan menimbulkan rasa sakit.

Ambeien bisa ditangani dengan melakukan perubahan gaya hidup, mengonsumsi obat-obatan, maupun menjalani operasi hemoroidektomi. Penanganan disesuaikan dengan tingkat keparahan ambeien.

Apabila ambeien tidak terlalu parah, melakukan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan sudah cukup untuk menghilangkan benjolan ambeien. Namun, jika benjolan terasa sangat sakit dan tak kunjung membaik dengan kedua cara tersebut, operasi hemoroidektomi merupakan solusinya.

Yang Disarankan Menjalani Operasi Hemoroidektomi

Dokter biasanya akan merekomendasikan pasien ambeien untuk melakukan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan terlebih dahulu untuk mengatasi ambeien. Namun, pada beberapa kondisi, operasi hemoroidektomi memang lebih disarankan.

Berikut adalah beberapa kondisi yang memerlukan operasi hemoroidektomi:

  • Menderita ambeien luar dan ambeien dalam secara bersamaan
  • Benjolan ambeien sangat parah atau besar hingga terasa sangat tidak nyaman
  • Telah melakukan perubahan gaya hidup dan mengonsumsi obat-obatan tetapi tidak efektif dalam mengatasi ambeien
  • Memiliki benjolan ambeien yang terjepit atau terpelintir
  • Benjolan ambeien membengkak akibat adanya gumpalan darah
  • Memerlukan pembedahan untuk gangguan lain pada anus dan rektum

Selain berbagai kondisi di atas, dokter juga akan mempertimbangkan usia dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan sebelum menyarankan tindakan operasi hemoroidektomi.

Persiapan Operasi Hemoroidektomi

Sebelum menjalani operasi hemoroidektomi, informasikan kepada dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Apabila sedang mengonsumsi obat pengencer darah, dokter akan meminta Anda untuk menghentikan konsumsinya beberapa hari sebelum operasi.

Sehari sebelum menjalani operasi, pastikan Anda tidak mengonsumsi makanan yang berminyak. Anda juga diharuskan berpuasa 6–8 jam menjelang operasi. Berbagai persiapan ini dilakukan agar operasi hemoroidektomi berlangsung dengan lancar.

Prosedur Operasi Hemoroidektomi

Untuk mencegah rasa sakit saat operasi hemoroidektomi berlangsung, pasien akan diberikan bius lokal, bius lokal dengan sedasi, maupun bius total terlebih dahulu. Saat obat bius sudah bekerja, dokter akan memulai operasi hemoroidektomi.

Prosedur operasi hemoroidektomi diawali dengan pembuatan sayatan kecil di anus, tepatnya di sekitar benjolan ambeien. Sayatan inilah yang memudahkan dokter untuk memotong dan mengangkat benjolan ambeien.

Setelah benjolan diangkat, area bekas sayatan bisa dijahit atau dibiarkan terbuka, tergantung kondisi ambeien yang terjadi.

Pasien kemudian akan dipantau kondisinya selama beberapa jam setelah operasi. Saat efek obat bius sudah hilang dan tidak tampak adanya tanda-tanda komplikasi, pasien bisa dipindahkan ke ruang perawatan biasa untuk dipantau sebelum diperbolehkan pulang.

Pemulihan Operasi Hemoroidektomi

Memar, iritasi, perdarahan, dan rasa nyeri di sekitar bekas operasi adalah kondisi yang wajar terjadi selama masa pemulihan. Umumnya, pemulihan operasi hemoroidektomi berlangsung sekitar 1–2 minggu. Namun, hal ini bisa berbeda-beda pada setiap pasien, tergantung pada kondisinya.

Selama masa pemulihan, pasien disarankan untuk melakukan beberapa perawatan berikut ini:

  • Memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi sekitar 8 gelas air setiap harinya
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri yang diresepkan oleh dokter
  • Melakukan sitz bath
  • Melakukan kompres dingin pada luka operasi
  • Mengonsumsi makanan berserat, atau obat pelancar BAB yang diresepkan oleh dokter, untuk mencegah sembelit dan mengejan terlalu kuat

Efek Samping Operasi Hemoroidektomi

Sama seperti operasi lainnya, operasi hemoroidektomi pun bisa menyebabkan nyeri setelah prosedur ini dilakukan. Namun, lama dan intensitas nyeri bisa berbeda pasa setiap pasien. Meski demikian, operasi hemoroidektomi merupakan prosedur yang aman dilakukan dan ampuh untuk mengatasi ambeien.

Selain nyeri, beberapa efek samping yang terjadi setelah menjalani operasi hemoroidektomi adalah:

  • Rasa sakit setelah operasi yang terjadi selama beberapa bulan
  • Penyempitan anus akibat jaringan parut setelah operasi
  • Sulit menahan buang air besar (inkontinensia tinja) akibat gangguan pada otot yang menahan buang air besar
  • Retensi urine
  • Infeksi

Anda tidak perlu khawatir jika dokter menyarankan untuk menjalani operasi hemoroidektomi. Ini karena operasi hemoroidektomi merupakan prosedur yang aman dan efektif untuk mengatasi ambeien. Sebelum menjalani operasi hemoroidektomi, Anda bisa menanyakan berbagai persiapan pada dokter, termasuk alternatif metode operasi ambeien lain serta saran metode operasi yang paling sesuai.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna