Informasi Kesehatan

Apa Saja Kandungan Vitamin yang Terdapat dalam Buah Salak?

33-Manfaat-Buah-Salak-Kandungan-dan-Efek-Sampingnya.jpeg

15 Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

“Chia seed memiliki kandungan serat, protein, kalsium, hingga…

Kandungan Nutrisi dan 11 Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan

“Sayur kol menjadi salah satu jenis sayuran yang…

7 Manfaat Barley bagi Kesehatan Tubuh

Barley mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian…

“Buah salak mengandung nutrisi vitamin A, B, C, zat besi, serta karbohidrat. Kandungan gizi tersebut membuat buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti membantu menurunkan berat badan.”

 Meskipun membukanya cukup ribet, banyak orang yang suka daging buah salak. Rasanya asam manis dan segar. Teksturnya juga renyah, sehingga begitu digigit pas di mulut dan krenyes.

Berbagai Vitamin yang Terkandung pada Buah Salak

Salak adalah buah yang memiliki kulit menyerupai sisik dan rasa yang manis pada dagingnya. Ini merupakan buah yang berasal dari Indonesia dengan bentuk pohonnya menyerupai pohon palem. 

Pohon ini kebanyakan tumbuh di kepulauan di bagian selatan Indonesia, pulau Jawa dan Sumatra. Sekarang ini, buah ini juga tumbuh di Malaysia dan beberapa daerah Australia.

Bukan hanya rasanya yang nikmat, ternyata kandungan vitamin yang ada pada dagingnya dapat menyehatkan tubuh. Namun, apa saja sih jenis vitamin yang perlu kamu ketahui? 

1. Vitamin A

Salah satu jenis vitamin yang terkandung pada buah bersisik ini adalah vitamin A. Asupan vitamin A secara rutin mampu menghindari penyakit mata, meningkatkan sistem imunitas tubuh, meredakan jerawat dengan mengatasi peradangannya, serta menjaga kesehatan kulit. Maka dari itu, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi salak secara rutin.

2. Vitamin B2

Buah salak juga mengandung vitamin B2 yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh. Nah, tercukupinya vitamin B2 dapat memberikan banyak manfaat. Contohnya seperti mencegah katarak, menjaga kesehatan kulit dan rambut, mengatasi anemia, dan menambah energi.

Di samping itu, dalam 100 gram paling tidak mengandung 0,2 mg vitamin B2 yang kebutuhannya 30 miligram per hari untuk orang dewasa.

3. Vitamin C

Dalam 100 gramnya, buah ini mengandung 8,4 miligram vitamin C. Rutin mengonsumsi vitamin C bisa memberikan beberapa manfaat.

Contohnya, meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan akibat radikal bebas, serta menjaga kulit tetap sehat. Setiap orang dewasa membutuhkan sekitar 90 mg vitamin C per hari agar manfaatnya dapat dirasakan.

Kandungan Lain dalam Buah Salak

Selain vitamin, ada beberapa kandungan lainnya dari buah salak yang juga dapat menyehatkan tubuh, antara lain:

  • Zat Besi

Buah salak juga mengandung zat besi yang dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dari 100 gram konsumsi buah ini, kandungan zat besinya mencapai 3,9 miligram.

Zat besi dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan. Contohnya seperti meningkatkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh, mencegah infeksi, dan bahkan memperbaiki kualitas tidur.

  • Karbohidrat

Karbohidrat juga salah satu zat yang terkandung pada buah manis asam ini. Dalam 100 gram salak mengandung sekitar 12,1 gram karbohidrat. Nah, orang dewasa membutuhkan sekitar 300-400 gram karbohidrat per harinya. 

Apa Saja Manfaat Buah Salak?

Penasaran apa saja manfaat dari makanan sehat ini? Berikut ulasannya! 

1. Menambah energi

Mengonsumsi buah salak dapat merangsang metabolisme dan meningkatkan stamina. Sebab, kandungan karbohidrat dalam buah tersebut dapat membantu mempertahankan tingkat energi sepanjang hari.

Jurnal ilmiah berjudul Comprehensive Mass Spectrometric Analysis of Snake Fruit: Salak (Salacca zalacca) yang dipublikasikan di Hindawi menjelaskan, ekstrak buah ini dapat menurunkan keton. Keton dapat menjadi sumber energi ketika glukosa tidak tersedia. 

Selain itu, sebagai buah yang kaya serat dan tinggi antioksidan, membuatnya memberikan manfaat ekstra. Contohnya seperti tidak meningkatkan kadar lemak dan memberikan efek anti peradangan. 

2. Membantu penurunan berat badan

Serat pada buah salak dapat membantu menurunkan berat badan. Rasa kenyang saat memakannya dapat mencegah makan dengan porsi berlebihan. Serat juga membantu kinerja sistem pencernaan dan mengurangi kram, sembelit, serta kembung.

3. Meningkatkan daya ingat

Kadar beta-karoten, pektin, dan potasium pada buah salak dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini secara tidak langsung membantu meningkatkan kognisi dan kemampuan memori. 

4. Menjaga kesehatan mata 

Antioksidan beta-karoten pada buah salak secara langsung bermanfaat bagi kesehatan mata. Pola makan sehat dapat mengurangi risiko katarak progresif, dan degenerasi makula.

Menurut studi dalam International Journal of Ophthalmology, pola makan sehat termasuk konsumsi buah dan sayuran dapat menjaga kesehatan mata. Terutama menurunkan risiko asthenopia atau kondisi mata lelah.

5. Membuat jantung sehat

Kadar kalium dalam salak dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kondisi ini mengurangi ketegangan di arteri, pembuluh darah, dan sistem kardiovaskular.

6. Meredakan sakit mag

Bila dimakan dalam porsi yang sesuai, buah salak dapat membantu meredakan mulas akibat mag. 

7. Menurunkan kadar glukosa darah

Pengidap diabetes tidak boleh sembarang mengonsumsi buah. Nah, buah salak termasuk salah satu buah yang aman untuk orang dengan sakit gula.

Kadar polifenol yang tinggi pada buah salak dapat menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan profil lipid. Dengan kata lain, buah ini cocok untuk pengidap diabetes, asal tidak dikonsumsi secara berlebihan. 

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C pada buah salak dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini juga dapat mencegah komplikasi flu, memperlambat penuaan kulit, membantu penyerapan yang lebih baik, dan melindungi tubuh dari penyakit kronis. 

9. Baik untuk kulit

Manfaat buah salak tidak terbatas pada kesehatan tubuh saja. Buah ini juga dapat menawarkan manfaat potensial bagi kulit. Kandungan antioksidan pada buah salak dapat melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas. Vitamin C juga memiliki peran dalam membantu proses regenerasi kulit.

10. Pengobatan diare

Mungkin kamu pernah mendengar, kalau salak dapat membantu mengobati diare. Ini memang benar. Konsumsi buah ini hingga 20 gram dapat menghentikan diare. Selain itu, terkait pencernaan, buah salak juga membantu meredakan sakit perut, perut kembung, dan meredakan iritasi usus besar. 

11. Mengatasi mual pada bumil

Bisa jadi karena rasa asam manisnya, sehingga membuat buah salak cocok untuk bumil saat mengalami mual atau morning sickness. Namun jangan terlalu banyak mengonsumsinya, karena asupan buah ini juga bisa memicu perut mulas. 

12. Mengurangi gejala menopause

Apa manfaat buah salak untuk wanita? Ternyata, kandungan fitoestrogen dalam buah bersisik ini dapat membantu mengurangi gejala menopause pada wanita, seperti hot flash dan gangguan tidur.

13. Menjaga kesehatan mental

Vitamin C dalam buah salak dapat membantu meningkatkan produksi neurotransmiter seperti serotonin. Ini berperan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi risiko depresi. 

Menurut penelitian di European Journal of Clinical Nutrition, rutin mengonsumsi buah, termasuk salak, pada wanita paruh baya dapat menurunkan gejala depresi. 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna