Informasi Kesehatan

13 Manfaat Buah Leci yang Sayang Jika Dilewatkan

beragam-manfaat-buah-leci-untuk-kesehatan.jpg

Kenali 11 Manfaat dan Efek Samping Konsumsi Nasi Putih

“Tidak selalu jahat kok, kalau dikonsumsi secukupnya justru…

5 Fungsi Protein yang Penting bagi Tubuh

Ada beragam fungsi protein bagi tubuh, mulai dari…

11 Pilihan Ikan Tinggi Protein yang Enak dan Bernutrisi

Ada banyak pilihan ikan tinggi protein yang bisa…

“Leci memiliki sejumlah nutrisi yang mendukung kesehatan secara menyeluruh. Manfaat buah leci pun beragam, mulai dari menjaga kesehatan kulit, hingga membantu melawan radikal bebas.”

Memperbanyak asupan buah dan sayuran dapat menurunkan risiko terkena gangguan kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, stroke, dan kanker. Ada berbagai jenis buah yang bisa kamu konsumsi setiap harinya, tetapi jangan sampai melewatkan buah leci karena memiliki berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

Bukan hanya untuk kesehatan kulit, leci juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan kesehatan rambut hingga kesehatan hati. Yuk, ketahui berbagai nutrisi dan manfaat buah leci yang sayang kalau dilewatkan. Berikut ulasannya!

Kandungan Nutrisi pada Leci

Leci adalah jenis buah tropis yang hampir serupa dengan kelengkeng dan rambutan. Buah ini memiliki kulit buah berwarna merah dan daging buah yang berwarna putih. Rasanya yang manis sedikit asam membuat buah ini banyak digunakan untuk menambahkan sensasi segar pada jenis minuman tertentu.

Kandungan utamanya adalah air dan karbohidrat. Berikut kandungan yang ada dalam 100 gram buah leci, yaitu:

  • Air: 82 persen.
  • Kalori: 66 kalori.
  • Protein: 0,8 gram.
  • Karbohidrat: 16,5 gram.
  • Serat: 1,3 gram.
  • Lemak: 0,4 gram.

Selain itu, buah ini mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Leci juga mengandung vitamin C, tembaga, hingga potasium. Buah ini memiliki kandungan antioksidan polifenol yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain polifenol, terdapat kandungan epicatechin dan flavonoid rutin di dalamnya.

Apa Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan?

Buah ini bisa kamu konsumsi dengan berbagai cara. Mulai dari dalam bentuk buah, pelengkap minuman, hingga bagian dari salad. Rasa yang lezat plus manfaatnya, membuat leci sayang bila dilewatkan. Berikut beberapa manfaat buah leci untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan kulit

Leci memiliki sejumlah nutrisi yang mendukung kesehatan kulit. Buah ini mengandung vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan. 

Melansir dari jurnal Nutrients, beberapa penelitian mengatakan bahwa kekurangan vitamin C rentan membuat kulit mengalami gangguan. Seperti munculnya tanda penuaan dini hingga kerusakan akibat paparan sinar matahari.

2. Menjaga tekanan darah

Leci kaya akan potasium sehingga dapat membantu mempertahankan tingkat tekanan darah yang sehat. Kalium memang dikenal efektif melawan hipertensi.

Jadi, memasukkan buah ini ke dalam menu makanan harian dapat membantu menjaga tekanan darah, baik untuk mereka yang mengidap hipertensi maupun yang tidak. 

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat di dalam leci dapat membantu menyehatkan pencernaan dengan mengatur pergerakan usus yang kemudian secara efektif mencegah sembelit. Serat dapat membantu melancarkan proses buang air besar dan menormalkan gerakan usus. Selain itu, serat juga meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan dan membantu menurunkan kolesterol.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Tembaga pada makanan sehat ini membantu meningkatkan perkembangan sel darah merah. Tembaga ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan pengiriman oksigen ke semua organ dalam tubuh.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat dapat membantu dalam pencegahan penyakit. Nah, buah ini kaya akan vitamin C sehingga bisa menjadi booster untuk sistem imun tubuh sekaligus enak dikonsumsi. Leci juga memiliki senyawa bioaktif yang menekan kadar neurotransmitter yang menyebabkan kecemasan, insomnia, dan stres.

6. Mengatasi anemia dan kekurangan zat besi

Leci juga efektif mengobati anemia dan masalah kesehatan karena kekurangan zat besi. Ekstrak leci kerap digunakan sebagai bahan herbal untuk membantu mengatasi anemia, trombositopenia, dan gangguan terkait darah lainnya.

7. Membantu melawan radikal bebas

Buah ini mengandung antioksidan tinggi, sehingga membantu melawan radikal bebas.  Leci kaya akan jenis antioksidan yang disebut polifenol. Zat ini kerap digunakan dalam pengobatan tradisional untuk melindungi dan memperkuat hati dan pankreas.

Buahnya yang segar juga menyediakan beberapa vitamin seperti niasin, vitamin B6, dan folat. Niasin dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dalam tubuh. Vitamin B6 mendukung sistem saraf yang sehat dan membantu tubuh memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

8. Baik dikonsumsi ibu hamil

Terdapat kandungan folat yang baik untuk ibu hamil dan wanita usia produktif.  Namun, asupan buah yang berlebihan dapat meningkatkan gula darah. Karena itu, bumil dengan kondisi diabetes gestasional perlu membatasi asupan buah ini perharinya.

9. Membantu menurunkan berat badan

Buah ini membantu menurunkan lemak tubuh. Ekstrak leci kaya akan polifenol yang secara signifikan mengurangi berat badan, lingkar perut, dan lemak visceral. Nah, lemak visceral adalah lemak di sekitar perut  yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

10. Meningkatkan pertumbuhan rambut

Jika kamu mengalami rambut rontok, sebaiknya cobalah untuk mengonsumsi buah ini. Kandungan antioksidan membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat terjadi, sehingga mencegah rambut menjadi tipis saat rontok. 

Melansir dari Archives of Pharmacal Research, rambut dapat tumbuh lebih baik ketika folikel rambut terpelihara dengan baik. Kandungan tembaga di dalam leci dapat merangsang folikel rambut menjadi lebih besar. Hal ini membuat rambut tumbuh dengan lebih sehat.

Kamu bisa jadikan daging buah leci yang telah halus bersama dengan daging lidah buaya. Gunakan campuran kedua bahan ini sebagai masker rambut. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih optimal.

11. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Leci mengandung senyawa oligonol yang mampu meningkatkan produksi oksida nitrat. Kandungan ini mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Kondisi ini akan membuat tekanan pada jantung menurun dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara menyeluruh.

12. Meningkatkan kesehatan tulang

Leci menjadi salah satu jenis buah yang bisa kamu konsumsi untuk membantu mengoptimalkan kesehatan tulang. Hal ini karena buah ini mengandung zat besi, mangan, fosfor, dan magnesium.

Jika tulang dalam kondisi yang kuat dan sehat, tentunya kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tulang.

13. Mengoptimalkan energi

Mengonsumsi leci pada pagi hari mampu membantu dalam mengoptimalkan energi di pagi hari. Dengan begitu, kamu akan menjalani kegiatan dengan lebih berkualitas.

Hal ini terjadi karena leci mengandung vitamin C tinggi yang baik untuk memproduksi kolagen dan karnitin. Keduanya diperlukan untuk memecah lemak menjadi energi.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Leci

Leci memang bisa memberikan sensasi menyegarkan saat dikonsumsi. Namun, sebaiknya waspada jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap jenis makanan tertentu. 

Buah ini bisa memicu alergi yang menyebabkan gangguan kesehatan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan jika kamu mengalami gejala terkait dengan alergi setelah mengonsumsi leci.

Selain itu, mengonsumsi buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan hormon dalam tubuh. Jadi, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat.