Informasi Kesehatan

Rasakan Beragam Manfaat Kacang Pistachio Ini

pistacio.jpg

Apakah Aman jika Bayi Mengonsumsi Nanas?

Nanas merupakan buah yang cukup populer dan mudah…

Kenali Jenis-Jenis Makanan Berkalsium Tinggi

Mengonsumsi makanan berkalsium tinggi sangat baik untuk menjaga…

TANDA DAN GEJALA KEKURANGAN VITAMIN PADA ANAK

TANDA DAN GEJALA KEKURANGAN VITAMIN PADA ANAK  …

Meski disebut kacang, kacang pistachio sebenarnya adalah biji dari pohon Pistacia vera. Ada segudang manfaat kacang pistachio bagi kesehatan tubuh, mulai dari menjaga berat badan normal hingga menjaga kesehatan pembuluh darah. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Kacang pistachio sudah dikonsumsi sejak dahulu kala karena rasanya yang gurih dan lezat. Kacang pistachio umumnya dikonsumsi sebagai pilihan camilan sehat atau bisa juga ditambahkan ke dalam resep hidangan lain, seperti pada salad, pizza, oatmeal, atau bahkan kue.

Kandungan Nutrisi Kacang Pistachio

Manfaat kacang pistachio bisa Anda dapatkan dari kandungan nutrisinya yang berlimpah. Dalam 28 gram atau kira-kira 1 genggam kacang pistachio terdapat 159 kalori. Selain itu, kacang pistachio juga mengandung nutrisi yang meliputi:

  • Lemak
  • Protein
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Vitamin, seperti vitamin B6 dan B1
  • Mineral, seperti kalium, fosfor, tembaga, dan mangan

Di samping nutrisi-nutrisi di atas, kacang pistachio juga mengandung senyawa bioaktif, seperti polifenol dan karotenoid, yang memiliki aktivitas antioksidan.

Manfaat Kacang Pistachio

Ada beragam manfaat kacang pistachio yang bisa Anda peroleh. Berikut ini adalah di antaranya:

1. Menjaga berat badan normal

Kacang pistachio kaya akan polifenol yang dikenal dapat membantu proses penurunan berat badan. Kacang pistachio juga merupakan pilihan camilan sehat yang ideal bagi mereka yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan.

Berbeda dengan makanan ringan yang instan, saat mengonsumsi kacang pistachio, Anda perlu membuka kulitnya terlebih dahulu. Proses ini membuat tubuh memiliki kesempatan untuk merasa kenyang sebelum Anda makan secara berlebihan.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Dibandingkan dengan kacang-kacangan yang lain, kacang pistachio memiliki kadar lemak yang paling rendah. Lemak yang dikandung kacang pistachio pun terdiri dari 90% lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan.

Penelitan menunjukkan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi pada kacang pistachio mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Hal ini juga akan bermanfaat banyak dalam menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga kesehatan pembuluh darah

Kandungan asam amino L-arginin yang tinggi dalam kacang pistachio bisa diubah menjadi nitrogen oksida, yakni senyawa dapat merilekskan dan melebarkan pembuluh darah. Dengan begitu, darah bisa mengalir dengan lancar dan organ-organ di seluruh tubuh pun terjaga fungsinya.4

4. Menjaga kesehatan mata

Kacang pistachio juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, kacang ini mengandung lutein dan zeaxanthin yang tinggi, yakni 2 antioksidan golongan karotenoid yang sangat penting bagi kesehatan mata.

Lutein dan zeaxanthin mampu melindungi mata dari kerusakan sel, menjaga penglihatan tetap tajam, dan menurunkan risiko Anda dari berbagai penyakit mata yang terkait dengan penuaan.

5. Menjaga kadar gula darah

Meski karbohidratnya lebih tinggi daripada kacang lainnya, kacang pistachio memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

Selain itu, kacang pistachio juga kaya akan serat, lemak sehat, karotenoid, dan senyawa fenolik yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap normal.

Walau memiliki banyak manfaat seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda perlu berhati-hati jika akan mengonsumsi kacang pistachio untuk pertama kalinya. Jika Anda alergi terhadap kacang jenis lain, seperti almond, mete, dan walnut, kemungkinan besar Anda juga akan alergi pada kacang pistachio.

Jika Anda tidak memiliki alergi, manfaatkanlah kacang pistachio, misalnya dengan menjadikannya camilan sehari-hari. Namun, pastikan untuk tidak makan dalam jumlah yang berlebihan.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat kacang pistachio tetapi masih ragu karena memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

 

Sumber: Alodokter.com

 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.