Informasi Kesehatan

Catat, 11 Manfaat Belimbing untuk Kesehatan Tubuh

belimbing.jpg

Kenali Manfaat Mie Shirataki untuk Diet

“Mirip dengan bihun atau sohun, mie shirataki dipercaya…

Tak Hanya Lezat, Ini 10 Manfaat Kacang Tanah yang Jarang Diketahui

“Kacang tanah bisa kamu konsumsi dalam bentuk kering…

Vitamin B7, Ini Sumber hingga Dampaknya Bagi Tubuh

Vitamin B7 merupakan salah satu kelompok dari vitamin…

“Belimbing mengandung vitamin C yang bisa memperkuat imunitas tubuh. Selain itu, buah ini juga bisa menyehatkan jantung sampai meningkatkan sistem imun.”

 Belimbing atau Averrhoa carambola adalah buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain bentuknya yang unik, buah ini juga cukup terkenal karena rasanya yang lezat dan menyegarkan. Bahkan, buah ini juga bisa diolah untuk menjadi berbagai makanan dan minuman yang lezat.

Belimbing menjadi salah satu jenis buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan setiap harinya. Nah, begitu banyak kandungan nutrisi membuat buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing

Ada berbagai jenis buah yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Salah satu buah yang bisa kamu coba adalah belimbing.

Belimbing menjadi salah satu buah yang kaya akan serat dan vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung air yang cukup tinggi. Lalu, berapa banyak kalori dalam buah belimbing? Ternyata, dalam 132 gram belimbing terdapat 41 kalori. 

Bukan itu saja, buah ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi lainnya bagi kesehatan. Sebaiknya ketahui berbagai kandungan nutrisi dalam 91 gram belimbing, yaitu:

  • Serat: 3 gram.
  • Protein: 1 gram.
  • Vitamin C: 51 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin B5: 4 persen kebutuhan harian.
  • Folat: 3 persen kebutuhan harian.
  • Tembaga: 6 persen kebutuhan harian.
  • Potasium: 3 persen kebutuhan harian.
  • Magnesium: 2 persen kebutuhan harian.

Belimbing juga mengandung banyak antioksidan yang membuat buah ini semakin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa Manfaat dari Buah Belimbing?

Berbagai kandungan nutrisi dalam buah ini, membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Mengontrol gula darah

Bagi seseorang yang keturunan diabetes, belimbing adalah salah satu buah yang direkomendasikan. Sebab, kandungan serat yang tidak larutnya bisa menghambat penyerapan glukosa. Alhasil, lonjakan gula darah bisa diantisipasi dan kadarnya terkontrol.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan seratnya yang lumayan tinggi membantu pergerakan usus sehingga feses lebih mudah dikeluarkan. Selain memperlancar saluran pencernaan, buah ini juga bisa mengatasi berbagai masalah lainnya, seperti kembung, dan diare.

Bukan hanya bagian daging, daunnya pun melalui proses ekstraksi bisa membantu untuk meredakan gejala gastritis. Penelitian ini terdapat dalam jurnal Bioinformation dengan judul Nutritional, Medicinal and Toxicological Attributes of Star-Fruits (Averrhoa carambola L.): A Review.

Hasilnya, ekstrak daun belimbing memiliki sifat anti-ulserogenik (kemampuan suatu zat untuk tidak menyebabkan ulkus lambung). Esktraknya juga mengandung terpenoid, flavonoid, dan lendir atau getah yang memiliki sifat anti ulkus. 

Kandungan lendir dapat memberikan lapisan pada mukosa gastrointestinal sehingga mengurangi kerusakan akibat gastritis. Dengan begitu, gejala gastritis yang meliputi perut kembung, tidak nyaman pada perut, hingga gangguan saluran cerna akan membaik. 

Selain mengonsumsi buah, cari tahu cara melancarkan pencernaan secara alami melalui artikel ini “Lakukan 5 Hal Ini Agar Pencernaan Lancar”.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Belimbing mengandung natrium dan kalium pada buah yang berfungsi sebagai elektrolit dalam tubuh. Kandungan elektrolit tersebut mampu menstabilkan tekanan darah sehingga detak jantung tetap teratur. 

Antioksidan di dalamnya juga ampuh menangkal efek radikal bebas pemicu penyakit jantung dan pembuluh darah.

4. Mencegah penyakit kanker

Kandungan beta karoten dalam buah ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, terutama kanker lambung dan kanker usus besar. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut. 

5. Menurunkan berat badan

Buah ini cenderung rendah kalori dan banyak serat sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama dan tidak makan berlebihan. Alhasil, kamu bisa lebih efektif menurunkan berat badan. 

Nutrisi di dalamnya juga membantu proses metabolisme tubuh sehingga penurunan berat badan lebih optimal.

6. Meningkatkan proses pemulihan luka

Buah ini mengandung vitamin C yang sangat baik untuk proses pemulihan luka. Vitamin C membantu produksi kolagen pada kulit sehingga proses penyembuhan luka akan menjadi lebih cepat.

7. Menurunkan peradangan pada tubuh

Melansir dari International Journal of Biological Macromolecules, buah ini mengandung antioksidan yang bersifat antiinflamasi. Sifat ini berguna dalam intervensi terapeutik untuk pengelolaan nyeri.

Kandungan antioksidan dalam buah ini melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Dengan begitu, risiko peradangan akibat stres oksidatif akan menurun sehingga kesehatan lebih optimal.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C pada buah ini juga bisa membuat kesehatan kulit menjadi semakin optimal. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit menjadi lebih sehat. 

Produksi kolagen yang baik juga bisa mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

9. Meningkatkan kesehatan rambut

Belimbing mengandung vitamin B dan C yang baik untuk kesehatan rambut. Terpenuhinya kebutuhan nutrisi ini, membuat kamu terhindar dari kerontokan rambut dan memiliki rambut yang lebih kuat.

10. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah ini mampu mengoptimalkan sistem imun tubuh. Hal ini membuat imunitas tubuh menjadi lebih optimal, sehingga kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Selain belimbing.

11. Menjaga kesehatan saluran pernapasan

Antiinflamasi yang terdapat dalam buah ini membuat saluran pernapasan menjadi lebih baik. Mengonsumsi buah ini saat mengalami gangguan pada saluran pernapasan bisa menurunkan gejala yang muncul.

Tips Memilih Belimbing yang Sudah Matang

Pada umumnya, belimbing kamu konsumsi secara langsung tanpa dikupas. Namun, pilih buah yang warnanya sudah menguning tanda buah sudah matang. Jika buah terasa asam dan terlalu pahit, artinya buah belum matang dan berwarna hijau.

Jika warnanya masih hijau, simpan buah pada suhu kamar untuk mempercepat proses pematangan. Balik buah ini sesekali agar matangnya merata. Kemudian biarkan sampai buah mengeluarkan aroma harum. Jika wanginya sudah semakin menyengat, artinya buah sudah matang.

Simpan dalam suhu ruangan satu sampai dua hari jika kamu tidak ingin memakannya langsung. Apabila mau menyimpannya dalam waktu lama, masukan ke dalam kulkas.

Cuci buah ini menggunakan air mengalir sebelum menyantapnya. Kemudian, potong ujungnya dan iris secara horizontal.

Dampak Mengonsumsi Belimbing Berlebihan

Meski menyimpan manfaat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah ini. Salah satunya jangan mengonsumsi buah ini berlebihan karena bisa menimbulkan efek buruk. 

Berikut dampak buruk megonsumsi belimbing berlebihan:

1. Gangguan ginjal

Pada pengidap gangguan ginjal, mengonsumsi belimbing berlebihan bisa memperburuk kondisi yang ada. Pasalnya, buah ini mengandung asam oksalat dalam jumlah besar. Zat tersebut dapat menumpuk asam urat sehingga membebani fungsi ginjal. 

2. Masalah neurologis

Mengonsumsi buah ini berlebihan dapat menyebabkan gangguan masalah neurologis. Untuk itu, pastikan kamu mengetahui batasan aman dalam mengonsumsi belimbing.

3. Nyeri perut

Kamu juga perlu memastikan belimbing yang kamu konsumsi dalam tingkat kematangan yang baik. Belimbing yang mentah memiliki tingkat oksalat yang lebih tinggi.

Berlebihan mengonsumsi buah ini memicu kelebihan oksalat pada tubuh yang dapat menyebabkan nyeri perut.

Kandungan buah belimbing dapat mengubah manfaat obat-obatan yang kamu konsumsi. Untuk itu, jangan konsumsi buah ini bersamaan dengan penggunaan obat tertentu.

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna