Informasi Kesehatan

Ketahui 5 Nutrisi Penting yang Paling Dibutuhkan saat Hamil

ibu-hamil.jpeg

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Memastikan bahwa kebutuhan gizi ibu hamil terpenuhi dengan…

Setelah Alami Keguguran, Perlukah Menjalani Kuret?

“Kuret dilakukan untuk mengangkat sisa-sisa jaringan kehamilan yang…

8 Tanda-Tanda Hamil Sebelum Telat Haid

Tanda-tanda hamil sebelum telat haid sering kali tidak…

"Ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya untuk menjaga kesehatan diri maupun janin. Adapun beberapa zat yang perlu didapatkan ibu hamil setiap harinya."

Nutrisi ibu hamil penting untuk mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Bukan itu saja, memenuhi gizi bumil juga bisa menjaga kesehatan dan mencegah masalah kehamilan. 

Nah, ada beberapa zat yang wajib ibu penuhi selama kehamilan karena senyawa ini berperan besar dalam perkembangan organ-organ bayi. Simak penjelasan berikut untuk informasi selengkapnya!

Ketahui Nutrisi Ibu Hamil yang Perlu Dipenuhi

Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang perlu ibu perhatikan selama kehamilan:

1. Asam folat

Vitamin B9 alias asam folat adalah nutrisi yang perlu ibu penuhi selama hamil. Zat ini membantu dalam pembentukan sel darah merah dan perkembangan sistem saraf janin. Untuk informasi selengkapnya Ketahui Manfaat Asam Folat untuk Pertumbuhan Bayi lebih lanjut.

Kekurangan asam folat dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf pada janin. Sumber makanan yang kaya asam folat meliputi sayuran berdaun hijau (seperti bayam dan kangkung), kacang-kacangan, biji-bijian, jeruk, dan hati. Pada beberapa kasus, dokter dapat merekomendasikan suplemen asam folat.

2. Zat besi

Selain asam folat, bumil juga perlu memenuhi kebutuhan zat besi. Nutrisi ini pun membantu pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen ke tubuh. Selama kehamilan, kebutuhan zat besi meningkat karena peningkatan volume darah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil. 

Makanan yang kaya zat besi meliputi daging merah, unggas, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau. Suplemen zat besi mungkin ibu perlukan jika kebutuhan tidak tercukupi melalui makanan. 

3. Kalsium

Asupan kalsium penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin, serta menjaga kesehatan tulang ibu. Makanan yang kaya kalsium meliputi produk susu, keju, yogurt, ikan berbasa, dan sayuran hijau tua. Jika asupan kalsium melalui makanan tidak mencukupi, dokter mungkin merekomendasikan suplemen kalsium.

4. Protein

Kalau nutrisi ibu hamil ini berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan sel janin. Kebutuhan protein meningkat selama kehamilan. Sumber protein yang baik meliputi daging, unggas, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

5. Omega-3

Asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat), berfungsi membantu perkembangan otak dan mata janin. Makanan yang kaya omega-3 meliputi ikan berlemak (seperti salmon, sarden, dan ikan tuna), kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Suplemen minyak ikan juga dapat dipertimbangkan. Akan tetapi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

Alasan Pentingnya Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil

Ada sejumlah alasan mengapa bumil wajib memenuhi kebutuhan nutrisinya. Alasannya antara lain:

1. Pertumbuhan dan perkembangan janin

Nutrisi yang cukup dan seimbang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat. Zat-zat tersebut membantu pembentukan organ-organ penting, sistem saraf, dan jaringan tubuh lainnya pada janin.

2. Kesehatan ibu hamil

Selama kehamilan, tubuh ibu memerlukan nutrisi tambahan untuk mendukung perubahan fisik dan fisiologis yang terjadi. Nutrisi ibu hamil membantu menjaga kesehatan ibu, mencegah anemia, meningkatkan energi, dan mengurangi risiko komplikasi.

3. Pencegahan cacat lahir

Beberapa nutrisi, seperti asam folat, memiliki peran penting dalam mencegah cacat lahir pada janin. Asam folat, misalnya, membantu dalam pembentukan tabung saraf pada janin. Kekurangan zat tersebut dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida.

4. Kesehatan tulang dan gigi

Nutrisi seperti kalsium dan vitamin D penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin yang kuat. Selama kehamilan, janin mengandalkan pasokan kalsium dari tubuh ibu untuk pertumbuhan tulangnya. 

Jika asupan kalsium tidak mencukupi, tubuh ibu dapat mengalami kekurangan kalsium, yang dapat mengakibatkan penurunan kepadatan tulang dan peningkatan risiko osteoporosis di kemudian hari.

5. Nutrisi ibu hamil untuk jaga energi dan stamina

Ibu hamil memerlukan energi tambahan karena tubuh sedang bekerja keras untuk mendukung pertumbuhan janin dan perubahan fisik yang terjadi.

Nutrisi yang cukup dan seimbang, termasuk karbohidrat, lemak, dan protein, memberikan energi, dan membantu menjaga stamina selama kehamilan.

Mengingat pentingnya nutrisi selama kehamilan, penting untuk menjalani pola makan yang seimbang, mengonsumsi berbagai makanan bergizi, dan dalam beberapa kasus, berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa kebutuhan nutrisi yang spesifik terpenuhi dengan baik.

 

 

 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.