Informasi Kesehatan

Kaya Nutrisi, Inilah 13 Manfaat Goji Berry untuk Kesehatan Tubuh

goji_berry.jpg

5 Manfaat Susu Kambing untuk Kesehatan

Tak hanya dagingnya, susu kambing memiliki beragam manfaat untuk…

Jarang Diketahui, Ini 11 Manfaat Tahu bagi Kesehatan

“Tahu menjadi salah satu makanan sehat yang mengandung…

Kenali 7 Jenis Jamur dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

“Ada banyak jenis jamur dan masing-masing memiliki manfaat…

“Goji berry mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, C, zat besi, hingga serat. Kandungan nutrisi tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah penuaan dini pada tubuh, hingga mengontrol tekanan darah.”

Goji berry menjadi salah satu jenis buah yang banyak dijadikan campuran saat mengonsumsi menu sehat. Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini menjadi alasan goji berry memiliki banyak peminatnya.

Buah yang berasal dari Tiongkok ini memiliki bentuk yang kecil dan berwarna jingga kemerahan. Buah ini juga memiliki rasa manis alami sehingga bisa dikonsumsi oleh siapa saja. 

Lantas, apa saja sih kandungan nutrisi dan manfaat goji berry untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan?

Kandungan Nutrisi Goji Berry

Goji berry atau wolfberries adalah buah asli yang berasal dari Asia. Banyak masyarakat yang menggunakan buah ini dalam bentuk buah kering. Meskipun begitu, hal ini tidak mengurangi berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Berikut kandungan nutrisi dalam 28 gram goji berry yang telah melalui proses pengeringan:

  • Kalori: 98.
  • Protein: 4 gram.
  • Lemak: 0,1 gram.
  • Karbohidrat: 21,6 gram.
  • Serat: 3,6 gram.
  • Gula: 21,8 gram.
  • Zat besi: 11 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin A: 501 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin C: 15 persen kebutuhan harian.

Meskipun dalam porsi kecil buah ini mampu memenuhi kebutuhan vitamin A, C, serat, dan zat besi yang baik untuk tubuh. Jadi, tidak ada salahnya memasukkan wolfberries kedalam menu diet sehat sehari-hari.

Apa Manfaat Buah Goji Berry?

Begitu banyaknya kandungan nutrisi dalam buah ini, membuat wolfberries memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaatnya:

1. Mencegah proses penuaan dini pada kulit

Cara agar tetap awet muda tidak cukup hanya mengandalkan perawatan kulit saja. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang baik dan bagi kesehatan kulit. Nah, salah satunya adalah goji berry. 

Buah ini mampu menghambat penuaan. Makanya, jangan heran bila kamu melihat kandungan wolfberries dalam produk-produk kosmetik. 

Buah ini mengandung antioksidan bernama zeaxanthin. Antioksidan ini mampu mencegah kerusakan sel kolagen di kulit akibat radikal bebas. Nah, hal ini yang dapat membantu tubuh dalam menunda proses penuaan. 

Selain zeaxanthin, goji berry juga mengandung betaine. Menurut studi jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity, dengan judul  Goji Berries as a Potential Natural Antioxidant Medicine: An Insight into Their Molecular Mechanisms of Action, mengatakan bahwa kandungan betaine mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan ultraviolet B.

Hal ini terbukti pada sebuah penelitian menggunakan hewan. Penggunaan betaine pada hewan tersebut membuat penurunan risiko munculnya gejala penuaan kulit.

2. Mengoptimalkan sistem imun tubuh

Keistimewaan goji berry lainnya berkaitan dengan sistem imun. Buah ini mampu memperkuat sistem imun dan melindungi tubuh dari serangan flu. Menurut studi yang dipublikasikan The Journal of Nutrition, buah ini membantu meningkatkan efektivitas vaksinasi flu pada tikus dewasa. 

Hal ini cukup penting, sebab vaksin flu tidak selalu memberikan perlindungan yang memadai terhadap virus. Walau begitu, buah ini bukan pengganti vaksin untuk melindungi tubuh dari serangan flu.

3. Mengoptimalkan kesehatan mata

Apakah goji berry bagus untuk mata? Nah, menurut studi di US National Library of Medicine National Institutes of Health, buah ini banyak mengandung antioksidan, terutama zeaxanthin.

Zeaxanthin ini yang memberi goji berry, kunyit, dan paprika berwarna cerah. Nah, antioksidan inilah yang melindungi sel tubuh dari kerusakan ketika terpapar zat-zat yang membahayakan tubuh. 

Masih menurut studi di atas, orang dewasa yang mengonsumsi suplemen makanan dengan goji berry selama 90 hari, memiliki lebih sedikit hipopigmentasi dan endapan kuning di mata mereka.

Hipopigmentasi terjadi ketika kulit tampak lebih terang atau putih. Kondisi ini akibat kurangnya pigmen melanin (zat pemberi warna kulit) dalam tubuh.

4. Menjaga kadar gula darah

Selain tiga hal di atas, manfaat wolfberries lainnya berkaitan dengan gula darah. Buah yang satu ini berpotensi untuk membantu menurunkan gula darah, meningkatkan toleransi terhadap gula, mengurangi resistensi insulin, dan memperbaiki serta memulihkan sel yang membantu memproduksi insulin. 

Sebuah penelitian pada jurnal Food Research mengatakan, kandungan antioksidan dalam goji berry dinilai cukup efektif dalam menurunkan dan mencegah perburukan diabetes.

Selain itu, pengonsumsian wolfberries bagi pengidap diabetes juga tidak menunjukkan efek samping apa pun.

Hal yang perlu kamu pastikan, cobalah berdiskusi dengan dokter jika ingin mengonsumsi buah ini secara rutin. Terutama jika dirimu sedang mengonsumsi obat-obatan untuk mengelola gula darah.

5. Meningkatkan kadar testosteron

Goji berry juga mampu meningkatkan kesuburan seksual. Studi pada tikus menunjukkan bahwa buah ini secara signifikan bisa meningkatkan beberapa hal, yaitu:

  • Jumlah dan pergerakan sperma.
  • Peningkatan kemampuan seksual.
  • Peningkatan pemulihan kadar testosteron.

Selain itu, wolfberries juga bisa berguna sebagai alternatif untuk mengatasi disfungsi ereksi, sama halnya seperti viagra. Cukup menarik, bukan? 

6. Menurunkan risiko kanker

Goji berry juga diduga mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah tersebut. 

Efek penghambat tumor dari buah ini kemungkinan akibat kadar antioksidan, yang bisa menurunkan peradangan sitokin dalam darah. 

Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat buah ini terkait kanker. 

7. Mengoptimalkan pertumbuhan rambut

Buah ini memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat baik untuk membantu penyerapan zat besi. 

Selain itu, terpenuhinya kebutuhan vitamin A membuat aliran darah menuju kulit kepala menjadi lebih optimal. Hal ini bisa memengaruhi pertumbuhan rambut yang menjadi lebih sehat.

8. Meningkatkan energi

Menurut sebuah penelitian yang terdapat dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, goji berry mampu meningkatkan energi menjadi lebih baik pada subjek penelitian yang mengonsumsi ekstrak goji berry. 

9. Mencegah depresi

Goji berry kaya akan kandungan vitamin B dan C. Selain itu, buah ini juga mengandung serat dan mangan yang baik. Diketahui bahwa nutrisi tersebut sangat baik untuk meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. 

Hal ini tentunya akan berkaitan dengan tingkat stres yang kamu alami. Ketika kamu mampu mengelola stres dengan baik, maka kamu bisa mencegah depresi atau perburukan kondisi kesehatan mental.

10. Mengontrol tekanan darah

Goji berry banyak mengandung polifenol yang mampu menjaga tubuh dari peradangan akibat paparan radikal bebas. Dengan begitu, hal ini sangat baik bagi pengidap tekanan darah tinggi untuk mencegah perburukan kondisi kesehatannya.

11. Meningkatkan kualitas tidur

Selain mengatasi depresi, mengonsumsi goji berry juga baik untuk mengoptimalkan kualitas tidur. Khususnya bagi kamu yang kerap mengalami kesulitan tidur.

12. Menjaga kesehatan hati

Tanaman ini juga terkenal sebagai pengobatan tradisional untuk mengoptimalkan kesehatan hati. Dalam jurnal Drug Design, Development, and Therapy yang berjudul An Evidence-Based Update on The Pharmacological Activities and Possible Molecular Targets of Lycium Barbarum Polysaccharides, terdapat sebuah penelitian melalui hewan yang bertujuan memastikan manfaat goji berry untuk hati.

Hasilnya, tanaman ini mampu membantu untuk mengelola kesehatan hati dan mencegah perkembangan penyakit hati berlemak. 

13. Mengoptimalkan kekuatan otot

Goji berry juga bisa membantu dalam memperkuat otot tubuh. Hal ini berkat kandungan asam amino di dalamnya yang baik untuk kesehatan otot.

Cara Mengonsumsi Goji Berry

Kamu bisa menemukan goji berry dalam bentuk buah yang sudah melalui proses pengeringan. Untuk menggunakannya, kamu bisa mencampurkannya dengan berbagai menu sehat, seperti salad buah, yoghurt, hingga granola. 

Bahkan, kamu juga menambahkan buah ini saat akan membuat kue, roti, atau muffin. Selain itu, buah ini juga banyak berguna untuk berbagai jenis minuman sehat, seperti smoothies.

Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, kamu bisa merendam buah kering ini selama beberapa menit. Setelah mengembang, goji berry siap kamu gunakan dan konsumsi.

Apakah Ada Efek Samping Goji Berries?

Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini, sebab dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan, seperti diare. Bukan hanya itu, mengonsumsi buah ini secara berlebihan juga dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Bahkan, pada beberapa orang, buah ini dapat memicu reaksi alergi yang dapat membahayakan kesehatan.

Untuk perhatian bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter sebelum mengonsumsi buah ini. Meskipun jarang terjadi, mengonsumsi buah ini berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada janin. Tentunya hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

 

 

 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.