Informasi Kesehatan

Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya

download.jpg

Ini 7 Manfaat Menggunakan Moisturizer Setiap Hari untuk Kulit Wajah

“Menggunakan moisturizer adalah langkah penting dalam rutinitas perawatan…

Ingin Kulit Cantik Saat Lebaran? Terapkan Tips Ini!

Lebaran menjadi momen spesial untuk berkumpul bersama keluarga…

Dampak Buruk Pemutih Kulit

Kulit putih kerap diasosiasikan dengan konsep cantik dan…

“Untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah, ada serangkaian basic skincare yang perlu kamu lakukan secara rutin. Mulai dari pembersih wajah, toner, serum, eye cream, pelembab hingga sunscreen.”

 

Mendapatkan kulit wajah yang sehat, mulus dan bersinar sebenarnya tidak sulit. Tidak perlu melakukan perawatan wajah yang mahal dan ribet, kamu hanya cukup melakukan basic skincare secara rutin. 

Basic skincare melibatkan penggunaan sejumlah produk yang paling dasar untuk menjaga kesehatan dan memenuhi kebutuhan nutrisi kulit. Namun, kamu perlu melakukannya dengan urutan yang benar. Yuk, ketahui tahapan penggunaan basic skincare di sini!

Tahapan Basic Skincare untuk Kulit Sehat

Melansir dari Good Housekeeping, Dr. Ashley Magovern, dokter kulit dan pemilik Manhattan Dermatology di California, mengungkapkan bahwa basic skincare terdiri dari tiga langkah sederhana, yaitu membersihkan, merawat dan melembapkan.

Berikut rangkaian basic skincare untuk mendapatkan kulit yang sehat:

1. Pembersih wajah

Membersihkan wajah dengan sabun khusus pembersih wajah adalah langkah pertama yang perlu kamu lakukan dari rutinitas perawatan wajah. Hal itu penting untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori , terutama setelah beraktivitas seharian.

Namun, hati-hati dalam pemilihan produk pembersih wajah. Pasalnya, tidak sedikit orang yang memilih produk pembersih terlalu keras, sehingga merusak penghalang pelindung alami kulit mereka.

Jadi, pilihlah formula terbaik yang bisa membersihkan kulit wajah kamu dengan lembut tanpa menghilangkan minyak alami. Pilihlah juga pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Yuk, ketahui Cara Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa mengaplikasikan toner dengan cara menuangkannya di atas kapas dan mengusapnya pada kulit wajah yang sudah bersih dan kering.

Produk ini baik untuk membantu memastikan kulit kamu benar-benar bersih, plus memberikan tambahan bahan aktif. Dengan mengaplikasikan toner, kulit menjadi bersih dan terasa segar.

3. Serum

Langkah basic skincare selanjutnya setelah penggunaan toner adalah serum. Dengan memilih produk yang sesuai dengan masalah kulit kamu, serum bisa merawat, melindungi, dan mengatasi berbagai masalah kulit seperti kerutan hingga bintik hitam.

Namun, pastikan kamu membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan. Hal itu karena beberapa serum paling baik digunakan di pagi hari, sementara yang lain di malam hari.

4. Eye cream

Krim mata berbeda dari krim wajah karena diformulasikan khusus untuk area mata yang lebih halus dan juga lebih cepat mengalami penuaan daripada bagian wajah lainnya. Itulah mengapa, penggunaan krim mata termasuk dalam basic skincare yang penting. 

Bila kamu khawatir tentang munculnya garis-garis halus, kerutan, lingkaran hitam atau kantung mata, produk perawatan mata jelas merupakan pilihan yang baik.

Eye cream juga ada yang diaplikasikan pada pagi hari dan ada juga yang di malam hari. Pastikan kamu mengaplikasikannya setelah menggunakan serum.

5. Pelembap

Selanjutnya, basic skincare yang tak boleh kamu lewatkan adalah pelembap wajah. Produk ini bisa menjaga kulit kamu tetap lembut dan terhidrasi, serta membantu memperkuat pelindungnya. 

Bila kamu memiliki kulit berminyak atau berjerawat, pilihlah pelembap yang lebih ringan, seperti gel yang bisa menyerap dengan cepat. Namun, bila kulit kamu kering, cobalah formula yang lebih tebal, seperti krim.

Apapun jenis kulit kamu, pastikan kamu menggunakan pelembap di siang dan malam hari untuk menjaga kulit tetap sehat.

6. Sunscreen

Untuk rutinitas basic skincare di pagi hari, sunscreen adalah produk yang tidak boleh kamu lewatkan. Pasalnya, sinar matahari adalah penyebab nomor satu kulit mengalami penuaan sebelum waktunya.

Tidak hanya itu, sinar UV juga bisa membuat kulit kamu terbakar, dan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Karena itu, pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 pada pagi hari sebelum beraktivitas di luar rumah maupun ketika kamu hanya di rumah saja.

Rekomendasi Produk Skincare yang Berkualitas

Berikut ini rekomendasi produk untuk basic skincare kamu:

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250 ml

Basic skincare berikutnya yang dapat kamu coba, yaitu Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Pembersih wajah ini dapat menjadi pengganti sabun untuk kulit kering, normal, kombinasi, dan berjerawat. Produk ini memiliki kandungan propylene glycol yang bisa membantu menjaga kulit tetap lembap. 

Cetaphil gentle skin cleanser ini tidak hanya mampu membersihkan kotoran dan sisa makeup dari kulit wajah, tapi juga bisa mengatasi kulit berminyak tanpa menyebabkan kulit menjadi kering.

Produk pembersih wajah ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga mulai dari Rp138.400 – Rp217.600.

2. Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner 150 ml

Bagi kamu yang mencari toner, Cosrx Aha/BHa Clarifying Treatment Toner bisa menjadi pilihan yang baik. Kandungan AHA/BHA pada produk ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit menjadi lebih halus.

Sementara itu, kandungan air mineral dan vitamin untuk menyegarkan kulit kering dan kusam. Hasilnya, kulit menjadi segar dan lembut.

Harga toner ini bisa bervariasi tergantung toko kecantikan yang kamu pilih, tapi kisaran harganya sekitar Rp143.100 – Rp259.100.

3. La Roche Posay Cicaplast B5 Ultra Repair Serum 30 ml

La Roche Posay Cicaplast B5 Ultra Repair merupakan serum yang memiliki kandungan 10% vitamin B5 yang bisa membantu dalam memperbaiki lapisan pelindung kulit yang rapuh dan membantu regenerasi kulit. Serum ini memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap, serta sudah teruji aman untuk alergi. 

Harga serum ini adalah sekitar Rp 585.600 per botol.

4. La Roche Posay Effaclar Duo+ 40 ml

La Roche Posay Effaclar Duo+ 40 ml merupakan moisturizer untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat. Pelembap ini mampu melawan jerawat dalam 12 jam dan menyamarkan noda akibat jerawat.

Kandungan niacinamide di dalamnya juga mampu secara intensif menenangkan kulit, melawan kemerahan & iritasi ringan. 

Kisaran harga La Roche Posay Effaclar Duo+ adalah sekitar Rp280.000 – Rp350.000.

5. Whitelab UV Shield Tank Sunscreen Gel SPF 50++ PA++++ 30 g

Pilihan sunscreen yang baik untuk melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari adalah Whitelab UV Shield Tank Sunscreen Gel. Sunscreen ini mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV A & UV B sekaligus sinar blue light, serta membantu menenangkan kulit kemerahan akibat terpapar sinar matahari.

Kamu bisa mendapatkan sunscreen ini dengan kisaran harga mulai dari Rp82.500 – Rp85.400.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.