Informasi Kesehatan

Sederet Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Anak

jeruk.jpg

Pandemi COVID-19 Picu Kecemasan pada Anak? Begini Cara Mengatasinya

Walau tidak termasuk golongan yang rentan tertular COVID-19,…

Ketahui Gejala Penyakit Liver pada Anak dan Cara Pencegahannya

Penting bagi orang tua untuk lebih waspada dan…

Ini Solusi Anak Tidak Suka Nasi

Nasi merupakan sumber energi dan karbohidrat untuk semua…

Rasa asam, manis, dan menyegarkan pada jeruk membuat buah ini disukai oleh siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Selain nikmat, buah jeruk pun memiliki segudang manfaat untuk kesehatan anak, lho.

Kendati mudah dijumpai dan harganya relatif murah, masih banyak orang tua yang jarang memberikan buah jeruk kepada anak mereka. Padahal, jeruk kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, antioksidan, asam folat, kalium, tiamin, dan kalsium.

Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Anak

Melihat banyaknya kandungan nutrisi dalam jeruk, sudah sepatutnya Bunda menyertakan buah ini sebagai bagian dari menu sehat Si Kecil. Beragam manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi jeruk adalah:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah jeruk sangat terkenal akan kandungan vitamin C-nya. Satu buah jeruk berukuran sedang diketahui dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian anak.

Nah, terpenuhinya kebutuhan vitamin C ini sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil. Dengan rutin mengonsumsi jeruk, ia bisa terhindar dari beragam jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu atau COVID-19.

2. Mengurangi risiko anemia

Vitamin C pada buah jeruk juga berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menurunkan risiko anemia pada anak. Selain itu, vitamin C juga dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Mendukung kesehatan sistem pencernaan

Jeruk termasuk sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan terpenuhinya asupan serat Si Kecil setiap hari, ia akan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Selain itu, serat pada jeruk juga meningkatkan perasaan kenyang lebih lama, sehingga bisa mengurangi keinginan Si Kecil untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

4. Mencegah dehidrasi

Manfaat jeruk untuk anak yang berikutnya adalah mencegah dehidrasi. Hal ini karena dalam satu buah jeruk, 80%-nya adalah air. Namun, tentunya Bunda tidak boleh bergantung hanya pada jeruk, tapi juga harus tetap memenuhi kebutuhan cairan Si Kecil melalui air putih, ASI, atau susu formula.

5. Menjaga kesehatan kulit

Bun, jeruk bisa menjaga kesehatan kulit anak, lho. Khasiat ini diperoleh berkat kandungan antioksidan dan vitamin C-nya yang dapat mencegah kerusakan kulit dan membantu tubuh menghasilkan kolagen agar kulit tetap kencang dan lembap.

Itulah sederet manfaat jeruk untuk kesehatan anak. Bunda bisa menyajikan buah ini langsung setelah mengupas kulitnya atau dalam bentuk es krim homemade, salad buah, jelly, dan jus. Namun, pastikan Bunda memberikan jus buah ketika Si Kecil telah menginjak usia 1 tahun, ya.

Perlu diingat juga bahwa jeruk bersifat asam. Bayi dan anak-anak umumnya lebih lebih sensitif terhadap rasa asam. Jika diberikan terlalu banyak, asam dapat menyebabkan iritasi pada mulut, kerongkonan, lambung, hingga usus.

Tinja juga bisa jadi bersifat lebih asam dan akhirnya dapat mengiritasi kulit di area bokong. Pada bayi, ini akan meningkatkan risiko terjadinya ruam popok yang sangat mengganggu kenyamanan.

Selain itu, buah jeruk bisa menimbulkan alergi pada sebagian anak. Bila Si Kecil mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi buah jeruk untuk pertama kalinya, seperti gatal-gatal, ruam, diare, dan muntah, segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber: Alodokter.com

 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna. 

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: pelitasehat/index.php

Line Number: 330