Informasi Kesehatan

Tidak Cuma Asma, Ini Dampak Pengharum Ruangan bagi Tubuh

pengahrum_ruangan.jpg

7 Makanan yang Mempercepat Penyembuhan Batuk

Salah satu makanan yang mempercepat penyembuhan batuk adalah…

10 Risiko Sering Makan Jeroan

Di Indonesia, jeroan sering diolah menjadi masakan yang…

Cara Sederhana Meningkatkan Kualitas Tidur yang Baik

“Kualitas tidur yang baik memiliki banyak keistimewaan pada…

“Selain asma, penggunaan pengharum ruangan bisa menyebabkan gangguan pernapasan dan penyakit kulit. Memilih produk yang aman dan mengurangi penggunaan pengharum ruangan merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan kualitas udara dalam ruangan.”

Pengharum ruangan sering digunakan untuk menciptakan aroma segar dan menyenangkan di rumah atau kantor. Namun perlu diingat bahwa penggunaan pengharum ruangan dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Pasalnya tidak hanya menimbulkan asma, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit lainnya.

Beberapa bahan kimia dalam pengharum ruangan, seperti ftalat dapat mengganggu endokrin dalam tubuh dan sensitizer yang dapat menyebabkan alergi. Selain itu juga dapat memicu terjadinya asma, mengi, sakit kepala, dan dermatitis kontak.

Apa Dampak Penggunaan Pengharum Ruangan bagi Tubuh?

Berikut ini beberapa dampak kesehatan tubuh yang dapat terjadi, yaitu:

1. Gangguan Pernapasan

Salah satu efek samping paling umum adalah kesulitan bernapas. Baunya kuat dan bahan kimia yang terdapat dalam penyegar udara dapat mengiritasi sistem pernapasan dan menyebabkan terjadinya batuk, bersin, atau megap-megap. 

Bagi orang yang sudah memiliki kondisi pernapasan seperti asma atau alergi, paparan pengharum ruangan bisa memicu serangan yang lebih serius. Untuk menghindari efek tersebut, kamu harus memilih pembersih udara yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan mengurangi penggunaannya.

2. Gangguan Kulit dan Alergi

Penyegar udara juga bisa menyebabkan iritasi kulit dan reaksi alergi pada beberapa orang. Bahan kimia dalam penyegar udara dapat menyebabkan iritasi kulit, ruam, gatal-gatal, atau bahkan dermatitis kontak. 

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau memiliki riwayat alergi, sebaiknya hindari penggunaan pengharum ruangan yang mengandung bahan yang dapat menyebabkan alergi. Memilih produk alami dan hipoalergenik dapat membantu mengurangi risiko penyakit kulit dan alergi. 

Cara Memilih Produk Pengharum Ruangan yang Aman

Berikut adalah cara memilih produk pengharum ruangan yang aman.

1. Pilih produk dengan bahan-bahan alami

Hindari pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti ftalat, formaldehida, atau paraben. Carilah produk yang menggunakan bahan alami dan tidak mengandung zat berbahaya. 

2. Perhatikan label “bebas pewangi”

Produk yang dengan jelas menyatakan “bebas pewangi” umumnya lebih aman karena tidak mengandung bahan tambahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi.

3. Pilih alternatif alami

Pertimbangkan untuk menggunakan pilihan alami seperti minyak esensial atau buah segar untuk mengharumkan ruangan. Essential oil alami dapat memberikan aroma segar tanpa bahan kimia berbahaya. 

4. Udara segar dan ventilasi yang baik

Salah satu cara terbaik untuk menyegarkan ruangan adalah memastikannya berventilasi baik dan membiarkan udara segar masuk. Buka jendela secara teratur dan pastikan sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan .

Penting untuk dipahami bahwa penggunaan pengharum ruangan tidak wajib dan tidak ada aturan yang memaksa kita untuk menggunakannya. Dengan menggunakan lebih sedikit pengharum ruangan, kamu melindungi kesehatan dan mengurangi risiko efek negatif yang dapat terjadi.

 

 

 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.