Informasi Kesehatan

Cek Fakta: Enzim Bromelin Bisa Sebabkan Keguguran

38142634854.jpg

Minyak Kemiri untuk Atasi Kerontokan Rambut, Ini Faktanya

“Minyak kemiri menjadi salah satu bahan alami untuk…

6 Bahaya Polip Hidung bila Tidak Diobati

Bahaya polip hidung perlu diwaspadai, karena bisa menyumbat…

Kenali 11 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

“Ada berbagai manfaat pepaya untuk kesehatan berkat  kandungan…

"Enzim bromelin yang terdapat pada nanas kerap jadi mitos bisa menggugurkan kandungan. Namun faktanya, kandungannya juga punya benefit yang baik buat kesehatan."

Enzim bromelin adalah gabungan enzim yang ada pada buah dan batang tanaman nanas. Enzim ini berfungsi untuk kesehatan seperti mengurangi rasa sakit dan bengkak, terutama pada hidung dan sinus, gusi, dan bagian tubuh lainnya setelah operasi atau cedera. 

Selain itu enzim ini juga diketahui dapat mengobati osteoarthritis, kanker, masalah pencernaan, dan nyeri otot. 

Namun demikian, terdapat beberapa informasi bahwa karena nanas mengandung enzim bromelin, buah ini tidak aman untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran, dan mitos lain soal tanaman ini yang berkaitan dengan ibu hamil.

Biar tidak salah, simak fakta mengenai hal tersebut di bawah ini.

Fakta Enzim Bromelin dan Kehamilan

Ada sejumlah penelitian yang membuktikan bahwa nanas tidak menyebabkan keguguran saat hamil. Argumen miskonsepsi ini muncul lantaran nanas mengandung enzim bromelain. 

Secara teori, enzim ini dapat menyebabkan pematangan serviks. Studi juga menunjukkan jika bromelin dapat menyebabkan kontraksi sel-sel rahim bila terkena langsung.

Namun, pada bagian nanas yang berair, kandungan bromelain termasuk sangat rendah. Selain itu, kandungannya menunjukkan tidak akan memberikan efek yang sama pada sistem reproduksi manusia seperti pada penelitian di laboratorium.

Meskipun tidak ada penelitian yang menunjukan bahwa nanas –buah yang mengandung enzim bromelin dapat menyebabkan keguguran, perlu diketahui bahwa enzim bromelin dalam bentuk tablet tidak disarankan untuk ibu hamil. 

Hal ini dikarenakan enzim bromelin dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan tidak normal. 

Meski demikian, nanas punya sejumlah benefit untuk menunjang kehamilan. Seperti apa?

Manfaat Mengonsumsi Nanas pada Masa Kehamilan 

Nanas, buah yang mengandung enzim bromelin merupakan buah yang aman dan sehat untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Apabila dikonsumsi dengan porsi yang cukup, nanas dapat memberikan manfaat pada kehamilan. Berikut ulasannya.

1. Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Walaupun mengonsumsi enzim bromelin dapat merangsang keguguran, konsumsi dengan porsi yang cukup pada enzim pencernaan yang terdapat pada nanas ternyata memiliki manfaat termasuk sifat inflamasi. 

Ini sangat berguna untuk kesehatan bagi semua orang secara keseluruhan tapi akan lebih bermanfaat juga saat masa kehamilan. Peradangan saat kehamilan meningkatkan risiko bayi terkena penyakit mental atau masalah perkembangan otak. Selain itu, peradangan dapat menambah ketidaknyamanan kehamilan sehingga mengatasinya akan membuat kamu merasa lebih baik.

2. Mengandung Serat

Nanas juga merupakan sumber serat yang bagus. Ini membantu untuk melawan sembelit, keluhan umum pada kehamilan.

3.  Menjaga tetap Terhidrasi

Penting  untuk menghindari dehidrasi selama kehamilan, dan nanas mengandung 87% air. Rasa manis dari nanas membuat buah ini lebih mudah untuk dikonsumsi daripada menenggak segelas air putih tambahan (walaupun tetap penting untuk minum banyak cairan).

4. Sumber Vitamin B6

Nanas menawarkan kandungan vitamin B6. Vitamin ini penting untuk perkembangan otak. Selain itu, Ibu hamil lebih mungkin mengalami kekurangan vitamin B6, jadi ini sangat penting untuk meningkatkan asupan melalui suplemen vitamin dan makanan yang mengandung vitamin tersebut.

5. Sumber Vitamin C

Buah nanas termasuk buah yang kaya akan vitamin C, di mana ini membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Itu tadi adalah fakta mengenai enzim bromelin yang terdapat pada buah nanas beserta manfaatnya untuk Ibu hamil. Konsumsi nanas– buah yang mengandung enzim bromelin dalam porsi yang tidak berlebih dapat bermanfaat bagi kesehatan Ibu hamil. 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.