Informasi Kesehatan

Kapan waktu yang Tepat Melakukan Pemeriksaan Pap Smear ? Ini Faktanya

prosedur-pap-smear.jpg

Penting Untuk Kesehatan Tubuh, Inilah 6 Fungsi Karbohidrat

“Sebagai salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh,…

Bisakah Penyakit Miopi Sembuh Sendiri? Ini Faktanya

“Miopi merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan pengidapnya tidak…

Ini 9 Ciri-Ciri Payudara Normal dan Cara Menjaga Kesehatannya

“Payudara sehat tidak memiliki benjolan dan tidak mengalami…

“Wanita di atas 30 tahun dan keluarga dengan riwayat kanker serviks perlu melakukan pemeriksaan pap smear. Selain itu, pengidap HIV, atau iorang yang pernah mengidap kanker serviks sebelumnya juga direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan ini.”

Pap smear adalah jenis pemeriksaan yang digunakan untuk mendeteksi kanker serviks. Pap smear biasanya dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan panggul. 

Pada wanita yang berusia lebih dari 30 tahun, tes ini dapat dikombinasikan dengan tes human papillomavirus (HPV). HPV adalah infeksi menular seksual umum yang dapat menyebabkan kanker serviks. Baca selengkapnya indikasi pap smear di sini!

Waktu untuk Melakukan Pemeriksaan Pap Smear

The American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan untuk melakukan pap smear setidaknya setahun sekali. Kelompok orang yang paling membutuhkan untuk melakukan pap smear adalah:

1. Ketika berusia 21 hingga 29 tahun

Wanita dengan rentang usia ini harus menjalani tes setiap tiga tahun sekali. Tes HPV saja dapat dipertimbangkan untuk wanita berusia 25 hingga 29 tahun, namun akan lebih baik lagi bila sekalian dengan pap smear. Baca informasi lengkap mengenai pap smear di artikel Ketahui Hal Penting Tentang Pemeriksaan Pap Smear.

2. Saat berusia 30 hingga 65 tahun 

Kelompok usia ini memiliki tiga pilihan untuk tes. Menjalani pap smear dan tes HPV setiap 5 tahun, melakukan pap smear setiap 3 tahun, atau hanya tes HPV setiap 5 tahun sekali.

Setelah usia 65 tahun, seseorang dapat berhenti melakukan pemeriksaan kanker serviks jika sebelumnya belum pernah memiliki sel serviks atau kanker serviks yang abnormal. Terutama jika kamu  pernah menjalani dua atau tiga tes skrining dengan hasil negatif berturut-turut. 

Kelompok Orang yang Perlu Melakukan Pemeriksaan Lebih Sering

Selain rentang waktu yang sudah ditentukan tadi, ada kelompok orang tertentu yang direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan lebih sering. Kelompok tersebut adalah:

  • Mempunyai riwayat keluarga dengan kanker serviks.
  • Pernah mengidap kanker serviks sebelumnya.
  • Mengidap HIV positif.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Sebelum lahir terpapar dietilstilbestrol (DES, hormon yang diberikan kepada wanita hamil antara tahun 1940 dan 1971).

Jika pernah menjalani histerektomi, kamu mungkin masih memerlukan pemeriksaan. Dan jika sudah mendapatkan vaksin HPV, kamu tetap harus mengikuti panduan kesehatan. Vaksin tidak dapat melindungi diri terhadap semua jenis HPV.

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.