Informasi Kesehatan

6 Buah untuk Menyembuhkan Batuk pada Ibu Hamil

6-buah-untuk-menyembuhkan-batuk-pada-ibu-hamil-0-alodokter.jpg

Selama Kehamilan, Hindari Produk dan Perawatan Kecantikan Ini

Penggunaan produk dan perawatan kecantikan selama kehamilan harus…

Kadar pH Vagina Berpengaruh pada Kesehatan, Ini Penjelasannya

"Kadar potential of hydrogen (pH) vagina harus tetap…

Kehamilan Berisiko Hindari Naik Motor, Ini Alasannya

Ibu hamil sangat khawatir jika harus bepergian menggunakan…

Buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil merupakan pilihan yang dianggap aman saat batuk munculDi samping karena ibu hamil sebaiknya tidak sembarangan minum obat, konsumsi buah-buahan juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk kehamilan yang sehat.  

Konsumsi buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil adalah cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk. Saat ibu hamil batuk, kondisi ini kerap memicu kekhawatiran karena takut berdampak buruk pada kesehatan janin. Selain itu, batuk dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan mengakibatkan sulit tidur.

Saat batuk menyerang dan terasa menganggu, ibu hamil sebaiknya tidak minum sembarang obat. Hal ini karena beberapa kandungan dalam obat batuk memiliki risiko efek samping bagi janin. Oleh karena itu, Bumil disarankan untuk mencoba bahan alami sebagai cara pertama untuk menyembuhkan batuk.

Buah untuk Menyembuhkan Batuk pada Ibu Hamil

Pilihan buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil ada beragam. Selain dimakan secara langsung, Bumil bisa mengolahnya menjadi minuman atau makanan penutup yang nikmat. Berikut ini adalah jenis buah yang bisa meredakan batuk:

1. Lemon

Lemon bisa dijadikan sebagai buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil. Ini karena buah lemon mengandung senyawa flavanol, seperti ericitrin dan hespertin, yang mampu melawan infeksi bakteri dan virus penyebab batuk maupun pilek.

Manfaat lemon untuk batuk bisa diperoleh dengan mudah. Bumil hanya perlu mencampurkan ½ buah lemon yang telah diperas dengan segelas air hangat. Kemudian, tambahkan 1–2 sendok teh madu supaya rasanya lebih nikmat.

Selain efektif untuk meredakan batuk, perasan lemon juga bermanfaat dalam meredakan sakit tenggorokan.

2. Jeruk

Untuk membantu meredakan batuk, Bumil dapat mengonsumsi buah yang kaya vitamin C, seperti jeruk. Ini karena vitamin C diketahui bisa meredakan proses peradangan akibat pelepasan histamin yang dialami saat seseorang batuk.

Selain itu, vitamin C juga efektif dalam meningkatkan imunitas tubuh dan membantu membunuh virus yang bisa menjadi penyebab batuk. Dengan mengonsumsi jeruk, keluhan batuk yang Bumil alami diharapkan mereda dan Bumil pun bisa lebih cepat pulih.

3. Delima

Saat batuk, Bumil juga dianjurkan untuk mengonsumsi jus buah delima. Alasannya, konsumsi buah ini bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh berkat sifat antibakteri dan antiradang di dalamnya. Selain untuk ibu hamil, buah delima juga baik untuk kesehatan janin.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus buah delima selama kehamilan dapat mendukung perkembangan otak janin dan meminimalkan risiko terjadinya intrauterine growth restriction (IUGR), yaitu kondisi yang membuat pertumbuhan janin terhambat.

4. Kiwi

Konsumsi buah kiwi bisa menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sehingga dapat membantu meredakan gejala batuk yang Bumil alami. Buah kiwi kaya akan nutrisi yang punya sifat dan efek antioksidan, seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E.

5. Anggur

Anggur bisa dijadikan sebagai salah satu buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil. Anggur mengandung vitamin Ctinggi, yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga bisa membantu Bumil lebih cepat pulih dari batuk.

Selain itu, anggur juga mengandung zat besi. Nutrisi ini juga diketahui dapat membantu meredakan batuk dengan cara meningkatkan penyerapan vitamin C yang berperan dalam imunitas tubuh.

6. Nanas

Konsumsi nanas selama kehamilan bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan hanyalah mitos belaka. Justru, mengonsumsi nanas dalam batasan yang wajar membawa sejumlah manfaat, salah satunya meredakan batuk selama kehamilan.

Manfaat nanas ini bisa diperoleh berkat kandungan antiradang di dalamnya. Selain itu, nanas juga memuat kandungan bromelain yang bersifat mukolitik, yang artinya bisa membantu mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan dan saluran napas.

Konsumsi buah tertentu memang bisa membantu meredakan batuk pada ibu hamil, tetapi Bumil tetap harus mengosumsinya dalam batasan yang wajar. Selain itu, sebelum mengonsumsinya, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu di bawah air mengalir supaya kotoran dan kuman yang menempel di kulit buah luruh terbawa air.

Bila sudah mengonsumsi buah untuk menyembuhkan batuk pada ibu hamil tetapi keluhan batuk masih juga belum mereda, makin parah, atau disertai dengan keluhan lain, misalnya demam atau sulit bernapas, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

 

Sumber : alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.