Informasi Kesehatan

Ini 5 Dampak Kekurangan Vitamin K yang Perlu Diwaspadai

Akibat_Kekurangan_Vitamin-_K.jpg

Ini 5 Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Diwaspadai

“Gigi berlubang menjadi masalah umum yang rentan dialami…

5 Titik Refleksi Kaki dan Manfaatnya jika Ditekan

Memberikan pijatan pada titik refleksi kaki diyakini bermanfaat…

Bau Mulut saat Puasa, Ketahui Cara Pencegahannya

"Masalah kesehatan yang sering dikeluhkan saat puasa adalah…

“Asupan vitamin K sangat penting bagi kesehatan tubuh. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan, seperti gangguan jantung, rentan alami perdarahan, hingga proses pemulihan luka yang sulit.”

Vitamin K menjadi salah satu jenis vitamin yang perlu kamu penuhi kebutuhannya setiap hari. Hal ini karena vitamin ini memiliki fungsi yang sangat penting di dalam tubuh.

Vitamin K berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan tulang dan menjaga kesehatan jantung. Kekurangan vitamin ini dapat memicu berbagai dampak buruk pada kesehatan.

Pertanyaannya, apa saja sih dampak kekurangan vitamin K yang perlu diwaspadai?

Berbagai Dampak Kekurangan Vitamin K

Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung, vitamin ini juga memiliki peran dalam proses pembekuan darah. Tubuh membutuhkan vitamin ini untuk menghasilkan protein saat proses pembekuan darah berlangsung.

Kekurangan vitamin ini dalam tubuh dapat memicu berbagai dampak buruk pada kesehatan. Berikut dampak kekurangan vitamin ini pada kesehatan, yaitu:

1. Rentan mengalami perdarahan

Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan perdarahan pada tubuh. Perdarahan tidak hanya terjadi pada luar tubuh, tetapi juga bagian dalam tubuh. Ada beberapa tanda yang perlu kamu perhatikan terkait perdarahan pada dalam tubuh, seperti:

  • Lebih mudah mengalami memar.
  • Terdapat gumpalan darah pada bagian bawah kuku.
  • Feses yang berwarna gelap karena adanya darah.

2. Menstruasi yang lebih panjang

Tubuh tidak dapat menghasilkan protein yang bisa membantu proses pembekuan darah ketika kekurangan vitamin ini. Hasilnya, perdarahan saat menstruasi bisa lebih banyak dan lebih panjang.

Tidak hanya siklus menstruasi yang lebih panjang, nyeri menstruasi saat kekurangan vitamin ini juga akan terasa lebih sakit.

3. Proses penyembuhan luka yang lebih lama

Saat tubuh kekurangan vitamin ini, tubuh tidak memiliki jumlah protein yang tepat untuk membantu proses pembekuan darah. 

Melansir dari Indian Journal of Pharmacology dengan judul Wound healing effects of topical Vitamin K: A randomized controlled trial,  terpenuhinya kebutuhan vitamin ini dalam tubuh membuat sistem pembekuan darah menjadi lebih optimal. Dengan begitu, proses pembekuan darah akan lebih cepat.

4. Gangguan kesehatan tulang

Kekurangan vitamin ini menyebabkan penurunan kepadatan tulang. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit pada tulang, mulai dari tulang patah, nyeri pada persendian, hingga osteoporosis.

5. Gangguan pada jantung

Kekurangan vitamin ini dapat memengaruhi fungsi kerja jantung. Kekurangan vitamin ini menyebabkan kalsifikasi arteri karena vitamin ini berfungsi untuk mengeluarkan kalsium guna mencegah plak.

Waspada Kekurangan Vitamin K pada Bayi

Ada beberapa penyebab yang dapat memicu kekurangan vitamin ini pada bayi yang baru lahir, seperti:

  • Kandungan ASI yang sangat rendah dengan vitamin K.
  • Gangguan plasenta selama kehamilan sehingga tidak dapat menghantarkan vitamin ini secara optimal.
  • Adanya gangguan pada hati bayi.

Itulah penyebab kekurangan vitamin ini pada bayi yang baru lahir.

Ibu juga perlu mengetahui beberapa gejalanya agar kondisi ini dapat teratasi dengan baik. Berikut tanda kekurangan vitamin ini pada bayi yang baru lahir, seperti:

  • Perdarahan yang tidak membaik dari tali pusar.
  • Adanya perdarahan melalui saluran cerna atau feses.
  • Perdarahan terus menerus melalui penis pada bayi yang sudah sunat.
  • Perdarahan mendadak pada otak yang dapat membahayakan kondisi kesehatan bayi.

Itulah beberapa kondisi yang perlu kamu ketahui seputar kekurangan vitamin ini pada orang dewasa dan bayi. Jika kamu mengalami kekurangan vitamin ini penuhi kebutuhan ini dengan mengonsumsi berbagai makanan yang menjadi sumbernya. 

 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.