Informasi Kesehatan

Cara Simpel dan Aman Membuat Lulur Alami di Rumah

th_(1)2.jpg

Manfaat Minuman Kolagen untuk Kulit dan Kecantikan

“Manfaat minuman kolagen nyatanya tidak terlalu signifikan untuk…

Begini Cara Menghilangkan Keriput di Wajah

Cara menghilangkan keriput di wajah bisa dengan melakukan…

Intip Rahasia Merawat Kulit dari Seluruh Dunia

“Merawat kulit dengan baik tidak hanya menjadikannya cantik,…

Ada cara simpel dan aman untuk membuat lulur alami di rumah. Namun, pastikan bahan yang dipilih tidak menimbulkan alergi serta konsistensi bahan yang pas untuk diaplikasikan ke wajah.”

Lulur yang baik adalah lulur yang menggunakan bahan-bahan alami. Kualitas bahan alami dengan tekstur yang dapat mengangkat sel kulit mati, tanpa menggunakan bahan pabrikan atau sintetis, lebih direkomendasikan untuk digunakan. 

Lalu, bagaimana cara sederhana membuat lulur alami yang aman dan nyaman dan bisa digunakan di rumah? Baca selengkapnya di sini!

Tips Membuat Lulur dari Bahan Alami

Sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai lulur alami. Namun, sebelum memutuskan untuk membuat lulur alami, pastikan dulu jenis kulit dan kebutuhanmu seperti apa. Berikut adalah panduannya!

1. Mengetahui jenis kulit

Sebelum membuat dan mengaplikasikan lulur alami, pastikan dulu jenis kulitmu seperti apa. Orang dengan kulit sensitif sebaiknya hanya menggunakan lulur buatan sendiri sebulan sekali. Buat kamu dengan kulit lebih berminyak dapat digunakan sekali dalam seminggu. 

2. Menentukan bahan pembuatan lulur 

Pastikan kamu aman dan nyaman dengan tekstur bahan alami yang kamu gunakan. Terlebih lagi, jangan sampai kamu alergi padanya. Misalnya walaupun alpukat menyehatkan kulit, jika kamu alergi dengan buah berwarna hijau tersebut, kamu bisa menggantinya dengan buah yang tidak menimbulkan alergi tapi memiliki manfaat yang sama. Contohnya seperti pepaya misalnya bengkoang.

3. Pastikan bahan yang digunakan segar

Hal lain yang tidak boleh diluputkan adalah memastikan kalau bahan yang digunakan segar dan berkualitas baik. Misalnya kalau kamu menggunakan pisang atau pepaya, pastikan sudah matang, tidak busuk, dan masih bisa digunakan. 

4. Konsistensi saat mengombinasikan bahan

Saat mencampur bahan lulur, pastikan kamu mencapai konsistensi yang tepat. Bahan yang terlalu encer mungkin sulit diaplikasikan, sementara bahan yang terlalu kental mungkin berhasil meresap dan mengekstrasi kulit dengan baik. Eksperimen dengan proporsi bahan yang sesuai perlu dilakukan sampai kamu mendapatkan konsistensi bahan yang tepat. 

5. memutar bahan dan wadah bersih

Pastikan semua bahan dan peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih. Kebersihan sangat penting agar kamu tidak memindahkan bakteri atau kuman dari perangkat ataupun bahan alami ke kulit. 

Kemudian tak kalah penting lainnya adalah pastikan untuk mencuci tangan sebelum mengaplikasikan lulur ke kulit. Selain menggunakan lulur kamu juga bisa mencoba 5 Cara Alami Menghaluskan Kulit Kaki ini.

6. Hindari area sensitif

Saat mengaplikasikan lulur, hindari area yang sangat sensitif seperti mata dan mulut. Jika kulit sedang mengalami kebutuhankaan terbuka, jangan menggunakan lulur. Hanya karena bahan alaminya juga tidak aman untuk digunakan di kulit yang sedang terluka. 

7. Gunakan secara rutin

Anda perlu bersabar dan telaten dalam menggunakan bahan alami sebagai produk lulur. Jangan lupa juga untuk berhati-hati saat menggosokkan ke area kulit dan pastikan kamu membersihkan dengan air sesudahnya.

Manfaat Lulur untuk Kecantikan

Setelah tahu cara membuat lulur alami di rumah, apa saja manfaatnya sehingga perlu dijadikan pilihan perawatan kecantikan?

1. Menghilangkan sel-sel kulit mati

Kulit secara alami akan melepaskan sel-sel kulit mati dan meregenerasi sel-sel baru. Meski ini berlangsung secara alami, namun terkadang membutuhkan bantuan dalam prosesnya. Menggunakan lulur untuk membersihkan kepadatan kulit mati. 

2. Mendorong peremajaan kulit

Dengan mengelupas dan mengangkat sel kulit mati, lulur dapat mendorong peremajaan kulit yang sehat. Ini membuat kulit tampak segar dan lebih lembut. 

3. Membersihkan pori-pori yang tersumbat

Membersihkan sel-sel mati dengan lulur sangat penting untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Ini dapat mencegah timbulnya jerawat, dan membersihkan kulit secara mendalam.

4. Membersihkan rambut atau bulu yang tumbuh ke dalam

Rambut yang tumbuh ke dalam adalah gangguan umum bagi siapa pun yang mencukur, melakukan  waxing , atau mencabutnya. Kondisi ini bisa memicu sensasi tidak nyaman atau bahkan infeksi yang serius. Menggunakan lulur dapat membantu mencegah dan menghilangkan rambut yang tumbuh ke dalam.

5.Membantu kulit menyerap produk perawatan kulit

Kulit yang rutin dibersihkan dengan lulur dapat lebih baik dalam menyerap produk perawatan kulit. Termasuk menembus lebih dalam ke pori-pori kulit, meningkatkan dan mengunci kelembapan kulit dari dalam. 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.