Informasi Kesehatan

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Skin Tone dengan Undertone Kulit

7074-20200511_Kulit-dan-Kecantikan_Alasan-Mengapa-Warna-Kulit-Manusia-Berbeda,-Apa-Saja__AT-MA.jpg

Jenis-Jenis Masker Wajah dan Manfaatnya bagi Kulit

Ada jenis-jenis masker wajah yang dapat Anda gunakan…

Wajah Sering Terpapar Pendingin Ruangan Bisa Kena Bell's Palsy

Bell's palsy adalah penyakit yang menyerang saraf nomor…

Kenali Manfaat Rumput Laut Kelp untuk Kecantikan Kulit

“Terdapat beberapa manfaat kelp untuk kecantikan kulit yang…

“Skin tone mencakup warna utama kulit, seperti terang atau gelap. Sementara undertone menunjukkan warna di bawah permukaan kulit, bersifat warm, netral, atau cool.”

Sudah tau kan kalau skin tone dan undertone adalah dua hal yang berbeda? Skin tone mencakup warna kulit yang terlihat, sementara undertone merujuk pada nuansa warna di bawah permukaan kulit. 

Banyak orang memiliki skin tone dan undertone yang berbeda. Hal tersebut bisa terjadi akibat faktor genetik, eksposur terhadap matahari, dan hal lain seperti penyakit kulit atau masalah pigmentasi.

Dengan memahami perbedaan antara skin tone dan undertone, kamu dapat memilih produk kecantikan dan pakaian yang sesuai dengan warna kulit. Yuk, baca penjelasan lebih lanjut di bawah ini!

Perbedaan Skin Tone dengan Undertone

Agar perbedaannya semakin jelas, berikut perbedaan antara skin tone dan undertone:

1. Skin tone

Skin tone adalah warna kulit yang terlihat dari luar. Umumnya terbagi menjadi empat kategori warna, yaitu:

  • Fair. Ini adalah rentang warna kulit paling terang. Pemilik kulit ini lebih rentan terbakar matahari dan memiliki rambut berwarna terang.
  • Light. Warna kulit ini cenderung hangat dan sedikit lebih gelap ketimbang fair. Kamu masih bisa berjemur di bawah matahari tanpa khawatir kulit akan terbakar.
  • Medium. Orang dengan kulit warna medium memiliki kulit cokelat dengan rona emas atau zaitun yang hangat.
  • Gelap. Ini adalah kisaran warna kulit paling gelap ketimbang tiga jenis sebelumnya.

Ada beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi warna kulit secara keseluruhan. Misalnya, rosacea, hiperpigmentasi, bintik hitam, jerawat, kemerahan, dan tanning atau berjemur.

Lebih lengkapnya, ini warna kulit yang dimiliki oleh orang di seluruh dunia: Kenali Berbagai Jenis Warna Kulit dan Langkah Tepat Merawatnya. 

2. Undertone

Undertone adalah rona warna alami di bawah permukaan kulit. Meskipun warnanya mengacu pada kulit, rona mengacu pada bayangan dalam warna tersebut. 

Jika terdapat dua orang dengan skin tone yang sama, mereka belum tentu memiliki undertone yang sama. Perbedaannya dengan skin tone adalah, undertone tidak bisa berubah warna.

Undertone terbagi menjadi tiga kategori, yaitu:

  • Warm. Memiliki warna dasar keemasan, peachy, atau kuning.
  • Cool. Warna dasarnya kebiruan, merah, atau merah muda.
  • Netral. Merupakan campuran warm dan cool undertone.

Cara Menentukan Skin Tone dan Undertone Wajah

Sebelum memutuskan untuk membeli base makeup, kamu perlu mengetahui skin tone wajah agar produk bisa bersatu dengan warna kulit. Beberapa tips yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Berkaca di bawah paparan sinar matahari

Jika riasan terlihat menjadi keabu-abuan, hal ini bisa menandakan bahwa warna makeup berbeda dengan skin tone. Jadi, kamu bisa membersihkan riasan dan mencuci wajah. Lalu, berkaca 15 menit kemudian.

Kenapa harus di bawah sinar matahari? Alasannya karena kamu membutuhkan cahaya terang untuk melihat warna alami kulit. Amati garis rahang, karena hanya area ini yang tidak terpengaruh oleh perubahan warna.

2. Tes dengan perhiasan

Selanjutnya, pakai perhiasan berwarna emas atau perak. Jika warna perang terlihat lebih melengkapi kulit, ini adalah jenis warna aksesoris yang cocok untuk kamu. Pun sebaliknya dengan warna emas.

3. Lihat warna pembuluh darah

Dalam cahaya alami, periksa tampilan pembuluh darah di bawah kulit. Jika warnanya biru atau ungu, kamu memiliki cool undertone. Namun, jika warnanya hijau atau biru kehijauan, ini adalah warm undertone.

Kalau kamu tidak tahu warna dari pembuluh darah di pergelangan tangan bagian dalam, mungkin undertone kamu adalah netral. Jika memiliki kulit berwarna kuning langsat, kamu termasuk kategori netral.

4. Perhatikan reaksi kulit terdapat sinar matahari

Saat berada di bawah sinar matahari, apakah kulit menjadi mudah kecokelatan? Memeriksa reaksi kulit terhadap sinar matahari dapat membantu menentukan skin tone

Mereka yang gemar berjemur tetapi tidak mengalami perubahan warna kulit, biasanya memiliki skin tone gelap. Sedangkan mereka yang mudah terbakar memiliki warna kulit fair atau sangat cerah.

Manfaat Mengetahui Skin Tone

Mengetahui skin tone dapat membantu seseorang memilih produk makeup yang sesuai. Contohnya seperti foundation dan concealer, sehingga tampilan wajah terlihat merata serta alami. 

Pemilihan warna lipstik dan blush yang cocok dengan skin tone juga dapat meningkatkan daya tarik. Selain itu, pengenalan undertone berguna untuk membantu menyesuaikan produk makeup dengan kecenderungan warna yang coolwarm, atau netral.

Dengan memahami skin tone, kamu bisa menciptakan tampilan makeup yang sesuai. Cara ini dapat menyelaraskan keindahan alami kulit, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Terlepas dari warna skin tone dan undertone yang kamu miliki, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan wajah. 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.