Informasi Kesehatan

Ini 5 Manfaat Dlingo Bengle untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

manfaat-dlingo-doktersehat.jpg

Cara Push Up yang Benar dan Variasinya

Menerapkan cara push up yang benar dapat melatih lengan dan…

Benarkah Minum Air Es Saat Haid Menyebabkan Kista?

Ladies, larangan minum air es saat haid karena…

Makan Malam Membuat Berat Badan Naik, Mitos atau Fakta?

“Jangan makan malam, nanti bikin gemuk, lho!” Ungkapan yang sudah…

Dlingo bengle atau ‘calamus’ memiliki nama ilmiah Acorus Calamus yang merupakan tumbuhan monokotil. Tanaman yang masih keluarga genus Acorus ini tumbuh subur di area yang basah.

Dlingo bengle adalah tumbuhan merambat yang tingginya bisa mencapai 79 inci atau berkisar 2 meter. Daunnya berwarna coklat kekuningan dengan urat sejajar dan kelopak berwarna merah mudah di pangkalnya.

Manfaat Dlingo Bengle untuk Kesehatan

Dlingo bengle memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan. Mulai dari gangguan psikologis, meredakan peradangan, menstimulasi sirkulasi, hingga memiliki efek menenangkan.

1. Membantu meredakan gejala depresi

Menurut penelitian berjudul The ethnobotany of sweet flag,acorus Calamus (Araceae) yang terbit pada Springerlink, dlingo bengle memiliki efek terhadap sistem saraf penggunanya.

Studi juga menjelaskan, tanaman herbal ini terbukti mampu meredakan gangguan psikologis, salah satunya depresi. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi teh dari rimpang atau akarnya.

2. Mengatasi peradangan

Peradangan dalam tubuh dapat terjadi sebagai respons alami sistem kekebalan tubuh terhadap rangsangan. Beberapa penyebab umum peradangan berasal dari infeksi, cedera, atau zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk mengatasi peradangan yang muncul di permukaan kulit, kamu bisa menggunakan minyak esensial dlingo bengle di permukaan kulit. Selain itu, minyak ini juga dapat menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada otot serta persendian.

Ada beberapa jenis peradangan yang bisa diatasi dengan minyak dlingo bengle. Contohnya, rheumatoid arthritis, sakit kepala, migrain atau asam urat, dan kondisi peradangan umum lainnya.

3. Sekresi hormon

Sekresi hormon adalah proses pelepasan hormon ke dalam aliran darah oleh kelenjar endokrin. Hormon tersebut berperan penting dalam mengatur berbagai fungsi tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh.

Dengan menggunakan dlingo bengle, kandungan minyak atsiri dan antioksidan di dalamnya membantu mendorong keseimbangan hormon tubuh. Kondisi ini bisa meningkatkan suasana hati, membuat menstruasi teratur, dan menghasilkan produksi energi.

4. Membantu mengatasi gangguan saraf

Dalam pengobatan tradisional, dlingo bengle sering digunakan untuk mengobati gangguan pada sistem saraf, termasuk epilepsi dan penyakit Parkinson. 

Meskipun ramuan yang berasal dari dlingo bengle tidak memberikan efek obat atau pengobatan jangka panjang, tetapi ramuan ini bisa membantu mengatasi gejala pada pengidap. 

Hal yang perlu ditegaskan, masih membutuhkan studi lebih lanjut terkait khasiat tanaman ini terhadap gangguan saraf. 

5. Memberikan efek menenangkan

Minyak yang berasal dari dlingo bengle dapat membantu meningkatkan sistem sensorik dan pikiran. Tanaman herbal ini juga mencegah serangan histeris dan mengurangi kadar stres dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat dlingo bengle untuk kesehatan tubuh. Berhati-hati sebelum mengonsumsi, terutama jika kamu memiliki masalah alergi pada tanaman herbal tertentu.

 

Sumber:   Halodoc   . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.