Informasi Kesehatan

6 Cara Ampuh Mengatasi Pori-Pori Besar pada Wajah

pori_pori_besar.jpg

5 Kebiasaan yang Dapat Memicu Penuaan Dini Kulit

Penuaan dini bisa saja dialami oleh orang dewasa…

5 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

Penting untuk mengetahui cara mengecilkan perut buncit pada…

Beragam Cara Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan…

Ada beragam cara mengatasi pori-pori besar pada wajah yang mudah dilakukan. Selain menurunkan rasa percaya diri orang yang mengalaminya, pori-pori wajah yang besar membuat kulit wajah rentan muncul komedo dan jerawat.

Pori-pori memiliki fungsi penting untuk mengeluarkan sebum yang dapat menjaga kulit tetap kenyal, lembap, dan sehat. Namun, produksi sebum yang berlebihan justru dapat menyumbat dan menyebabkan pori-pori membesar, sehingga kulit wajah terlihat kusam dan mudah berjerawat.

Cara Mengatasi Pori-Pori Besar pada Wajah

Ada beberapa cara mengatasi pori-pori besar pada wajah yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Bersihkan wajah secara rutin

Langkah awal untuk mengatasi pori-pori besar pada wajah adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah. Bila wajah jarang dibersihkan, kotoran, debu, sel kulit mati, dan minyak bisa menumpuk di kulit wajah dan menyumbat pori-pori, sehingga tampak membesar.

Oleh karena itu, Anda disarankan membersihkan wajah dua kali sehari menggunakan sabun muka berbahan lembut. Setelah dibersihkan, keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk.

2. Gunakan pelembap

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang memiliki kulit wajah berminyak adalah menghindari pelembap, karena khawatir kulit wajah mereka akan semakin berminyak.

Padahal, kulit yang tidak terhidrasi dengan baik dapat memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan pori-pori wajah semakin membesar. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah untuk mengecilkan pori-pori sekaligus menjaga wajah tetap lembap dan elastis.

3. Gunakan tabir surya

Gunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 setidaknya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat mengurangi elastisitas kulit dan membuat pori-pori tampak lebih besar.

Pastikan juga tabir surya yang Anda gunakan dapat menghalau sinar UVA dan UVB dengan baik untuk melindungi kulit dari penuaan dini dan mengurangi risiko terkena kanker kulit.

4. Lakukan eksfoliasi kulit wajah 

Eksfoliasi wajah merupakan cara sederhana untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati penyebab pori-pori wajah tersumbat dan terlihat lebih besar. Namun, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi wajah, cukup 1–2 kali saja dalam seminggu dan tetap gunakan pelembap setelahnya.

Hal ini penting dilakukan agar kulit tidak menjadi kering. Selain itu, hindari juga mengeksfoliasi kulit saat jerawat sedang meradang, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Gunakan masker wajah

Menggunakan masker wajah secara rutin 1–2 kali seminggu dapat mengatasi pori-pori besar pada wajah. Ada beragam masker wajah yang dapat digunakan.

Salah satu contohnya adalah menggunakan masker tanah liat. Jenis masker ini dinilai dapat mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati pada kulit, sehingga dapat mengecilkan pori-pori wajah.

Tak hanya itu, masker wajah yang terbuat dari bahan alami lain, seperti oatmeal dan tomat, juga dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah serta mencegah pori-pori tersumbat dan terlihat besar.

6. Hindari kebiasaan menyentuh wajah

Cucilah tangan dengan menggunakan sabun hingga bersih terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Sering menyentuh wajah dengan kondisi tangan yang kotor dapat membuat kuman dan bakteri dari tangan berpindah ke wajah.

Tak hanya memicu penyumbatan pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar, kebiasaan yang satu ini juga menyebabkan jerawat jadi lebih mudah muncul.

Selain menjaga kebersihan dan melakukan perawatan wajah dari luar, Anda juga disarankan mengatasi pori-pori besar pada wajah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Anda dianjurkan untuk minum cukup air putih dan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit, seperti sayur, buah, dan biji-bijian. Selain itu, hindari konsumsi makanan yang tinggi kalori, lemak, dan garam, karena makanan jenis ini dapat membuat wajah berminyak dan pori-pori tersumbat serta tampak lebih besar.

Namun, bila cara mengatasi pori-pori besar di atas dirasa tidak efektif atau tidak kunjung menunjukkan hasil yang memuaskan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber: Alodokter.com

 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: pelitasehat/index.php

Line Number: 330