Informasi Kesehatan

Ini 5 Penyebab Telinga Kiri Berdenging dan Cara Mengobatinya

telinga_berdenging.png

Hilangkan Batuk dan Lendir, Ini Manfaat Konsumsi Ambroxol

“Ambroxol adalah jenis obat yang bisa membantu kamu…

6 Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering

"Nyatanya cukup penting untuk kamu atau salah satu…

“Berdenging telinga kiri dapat terjadi akibat infeksi, paparan suara keras, kotoran telinga, cedera, dan efek samping pengobatan. Perawatannya tergantung pada penyebab dan keparahan kondisi pengidapnya.”

Tinnitus adalah istilah medis untuk menggambarkan munculnya suara-suara dari dalam telinga. Nah, sensasi berdenging telinga kiri termasuk ke dalam gangguan tersebut.

Suara yang muncul seperti meniup, menderu, mendengung, mendesis, bersenandung, atau bersiul. Suara yang terdengar bisa lembut atau keras dan hanya bisa terdengar oleh pengidap.

Mau tahu apa saja penyebab dan langkah tepat mengobatinya? Berikut ulasannya!

Penyebab Sensasi Berdenging Telinga Kiri

Berdenging telinga kiri adalah masalah yang terjadi akibat kerusakan sel-sel rambut, sehingga mereka mengirimkan sinyal yang salah ke otak. Alhasil, pengidap mendengar bunyi yang sebenarnya tidak ada.

Ada beberapa faktor pemicu timbulnya sensasi berdenging pada telinga kiri, antara lain: 

1. Infeksi telinga

Infeksi telinga adalah penyebab umum pada pengidap tinnitus. Ada beberapa jenis infeksi telinga, umumnya timbulnya sensasi berdenging telinga kiri terjadi karena infeksi telinga bagian dalam dan infeksi telinga tengah (otitis media).

Infeksi tersebut terjadi akibat virus dan bakteri yang secara langsung merusak sel-sel rambut. Patogen tersebut juga menyebabkan tekanan di bagian tengah telinga, mengiritasi sel-sel rambut, dan menyebabkan telinga berdenging.

2. Suara keras

Seiring waktu, paparan suara keras secara berulang dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen. Tinnitus merupakan tanda peringatan bahwa telinga sudah terpapar suara terlalu keras. 

Meski sangat mengganggu, tinnitus bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala dari penyakit yang menyertai. Ketahui faknyanya di sini: Telinga Berdenging, Ini 5 Fakta Tinnitus yang Perlu Diketahui.

3. Kotoran telinga

Penumpukan kotoran telinga dapat menyebabkan telinga berdenging, begitu dengan benda yang tersangkut di telinga. Baik kotoran dan benda asing tersebut dapat menekan gendang telinga dan mengiritasi sel-sel rambut.

4. Cedera kepala dan leher

Cedera kepala dapat mengubah cara otak dalam memproses suara. Kondisi tersebut dapat merusak saraf pendengaran yang menghubungkan sel-sel rambut ke otak. Saraf pendengaran yang rusak menyebabkan telinga berdenging dan perubahan pendengaran lainnya.

5. Efek samping obat-obatan

Telinga berdenging juga dapat terjadi akibat efek samping penggunaan obat-obatan, di antaranya obat hipertensi dan antibiotik. Jenis obat ini dapat memengaruhi saraf pendengaran dan menyebabkan telinga berdenging.

Segeralah tanyakan pada dokter jika mengalami telinga berdenging setelah penggunaan obat. Ketahui di sini penyebab lainnya: 5 Penyebab Telinga Berdenging yang Perlu Diketahui.

Cara Mengatasi Berdenging Telinga Kiri

Perawatan telinga kiri berdenging akan tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan gejala pada pengidap. Beberapa langkah pengobatan yang mungkin direkomendasikan oleh dokter, antara lain:

  • Membersihkan kotoran telinga. Menghilangkan penyumbatan kotoran telinga dapat mengurangi gejala denging pada telinga.
  • Alat bantu dengar. Jika tinnitus disebabkan oleh gangguan pendengaran akibat kebisingan atau berkaitan dengan usia, penggunaan alat bantu dengar mungkin direkomendasikan.
  • Mengganti obat. Jika obat tertentu menjadi menyebabkan, dokter mungkin menyarankan untuk menghentikan atau mengurangi penggunaan obat dan beralih ke obat lain.
  • Mesin derau putih. Perangkat ini menghasilkan suara yang mirip dengan suara statis, seperti hujan atau gelombang laut.
  • Terapi pelatihan ulang tinnitus (TRT). TRT adalah program individual yang dilakukan oleh audiolog. Langkah ini dapat membantu mengurangi tinitus dan mengurangi rasa tertekan akibat gejala.
  • Terapi perilaku kognitif (CBT). CBT dilakukan dengan mempelajari teknik mengatasi gejala agar tidak terlalu mengganggu. 
  • Konseling. Langkah ini dapat membantu mengatasi masalah lain yang sering dikaitkan dengan tinnitus, termasuk kecemasan dan depresi. 

Jika memiliki masalah lain pada telinga, ini beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu

Halodoc .halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.