Informasi Kesehatan

Apa Arti Ilfil? Ini Penyebab dan Cara Tepat Mengatasinya

49174-ilustrasi-pasangan.jpg

Ini Tes untuk Mengetahui Tingkat Depresi pada Orang Dewasa

“Depresi adalah kondisi serius yang perlu diidentifikasi ketika…

Fobia Darah, Gejala dan Cara Mengatasinya

Fobia darah atau hemophobia adalah ketakutan berlebih terhadap darah, baik…

Ini 9 Gejala Depresi yang Kerap Diabaikan Pekerja Kantoran

“Gejala depresi pada pekerja kantor muncul karena berbagai…

“Ilfil atau ilang feeling merupakan istilah untuk mengungkapkan berubahnya perasaan seseorang menjadi negatif terhadap orang lain akibat sikap yang mereka lakukan. Kata ini banyak digunakan dalam pembahasan hubungan romantis.”

 

Sekarang ini, banyak anak muda yang menggunakan berbagai istilah gaul dalam percakapan sehari-hari. Salah satu istilah gaul yang populer adalah ‘ilfil’.

Kebanyakan orang menggunakan istilah tersebut ketika sedang membahas tentang hubungan percintaan, tapi dalam konteks negatif.

Namun, tidak hanya asmara, kata tersebut juga bisa digunakan untuk pembahasan hal yang lain, seperti pertemanan, pekerjaan, dan lain-lain. Lantas, apa arti ilfil? Simak penjelasannya di sini!

Apa Arti Ilfil?

Ilfil adalah singkatan dari “ilang feeling” atau “hilang feeling”. Kata feeling sendiri dalam bahasa Inggris berarti perasaan. Jadi, arti ilfil adalah hilang perasaan atau sudah kehilangan minat.

Kata ini biasanya untuk mengungkapkan perubahan perasaan seseorang terhadap orang lain atau sesuatu dari yang semula berkesan baik menjadi buruk.

Contohnya, seorang wanita berkenalan dengan pria. Pada mulainya, kesan wanita itu terhadap pria tersebut biasa saja atau cenderung baik saat mengobrol.

Namun, wanita tersebut langsung “ilfil” ketika sang pria meminta wanita untuk membayarkan dahulu tagihannya karena sang pria mengaku lupa membawa dompet.

Penyebab Seorang Merasa Ilfil

Biasanya kata “ilfil” digunakan dalam konteks hubungan romantis, tapi kata gaul tersebut juga bisa berlaku untuk pertemanan, rekan kerja, dan lain-lain.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seseorang ilfil terhadap lawan jenis maupun teman atau rekan kerja, yaitu:

1. Kurang tata krama

Pada pertemuan pertama, baik pria maupun wanita tentunya ingin memberikan kesan kepada satu sama lain. Misalnya dengan berpakaian rapi, berdandan, mengenakan parfum, dan lain-lain.

Namun, tidak jarang, citra baik yang sudah dibangun tersebut hancur lantaran salah satunya tidak menerapkan tata krama yang baik.

Contoh, sikap kurang tata krama yang bisa membuat ilfil, yaitu mengunyah dengan mulut terbuka atau mengeluarkan suara (mengecap), berbicara dengan mulut masih penuh makanan, atau bersendawa tanpa berusaha menutup mulutnya. 

2. Kebersihan yang buruk

Kebersihan yang buruk juga tidak jarang membuat seseorang merasa ilfil terhadap lawan jenis.

Misalnya, rambut berantakan, kuku tangan yang kotor, baju tidak rapi, hingga masalah bau badan atau bau mulut yang mengganggu.

Nah, buat para wanita, penting untuk mengetahui 8 Perilaku Ini Bisa Bikin Pria Ilfil.

3. Fokus dengan smartphone

Memeriksa smartphone sesekali saat sedang mengantre di restoran tentu tidak masalah.

Namun, bila sepanjang waktu kencan, orang tersebut selalu sibuk dengan smartphone-nya hingga seringkali mengabaikan kamu berbicara, hal itu tentu bisa membuat kamu merasa ilfil bukan? 

4. Berbohong

Integritas seseorang terletak salah satunya pada perkataannya. Bila kamu mendapati seseorang berbohong, tentu itu akan membuat kamu merasa ilfil. 

Berbohong yang dimaksud bukan hanya kebohongan besar, tapi bisa juga kebohongan kecil yang mungkin sepertinya sepele. Namun, dari kebohongan kecil itulah bisa memicu kebohongan yang fatal.

Contoh, kebohongan yang membuat ilfil, seperti ingkar janji, banyak beralasan, dan lain-lain.

5. Meremehkan dan penuh kritik

Sikap yang suka meremehkan orang lain dan mudah mengkritik tentu akan membuat kamu merasa ilfil dengan orang tersebut.

Hal itu karena sikapnya tersebut menunjukkan kesombongan dan tidak menghargai orang-orang di sekitarnya. 

Ini bukanlah sikap yang baik, sehingga tidak heran bila banyak orang akan ilfil dengan orang yang memiliki sikap meremehkan dan penuh kritik.

Nah, agar teman kencan tidak ilfil, Hindari 6 Hal Ini agar Kencan Pertama Sukses.

Cara Mengatasinya

Mungkin ada beberapa orang di sekitar kamu yang sikap mereka membuat kamu ilfil. 

Namun, penting untuk menyikapi situasi tersebut dengan bijak, sehingga kamu bisa tetap bisa berhubungan baik dengannya. 

Berikut adalah cara mengatasi ilfil terhadap orang lain:

  • Beri kesempatan atau lebih banyak waktu untuk mengenal orang tersebut. Mungkin ada alasan tertentu di balik sikap mereka yang membuat kamu tidak nyaman. Jadi, cobalah untuk memahaminya terlebih dahulu.
  • Hindari bersikap berlebihan. Saat ilfil dengan orang lain, hindari meresponsnya dengan sikap yang bisa menyakiti orang tersebut. Sebaliknya, usahakanlah untuk tetap sopan dan menjaga batasan yang baik dalam berkomunikasi.
  • Bicarakan topik yang menarik. Meskipun sikapnya ada yang membuat kamu ilfil, cobalah juga untuk membicarakan topik-topik yang menarik dan positif bersama orang tersebut. Hal ini bisa membantu menciptakan suasana yang lebih nyaman.
  • Bicarakan dengan teman yang terpercaya. Ceritakanlah perasaan kamu tersebut pada orang yang bisa kamu percaya, seperti teman atau keluarga. Ini bisa membantu mengurangi unek-unek yang kamu miliki        

Namun, bila kamu mudah ilfil terhadap hampir segala sesuatu, bahkan sesuatu yang tadinya kamu senangi, hati-hati. Hal itu bisa menjadi salah satu tanda depresi.

Sumber :  Halodoc  . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.