Informasi Kesehatan

Ini 7 Pilihan Obat Gatal Paling Ampuh yang Ada di Apotek

rug-1606269090850-5-scaled.jpeg

Ketahui Bahan Ampuh yang Ada dalam Obat Batuk Berdahak

“Ekspektoran merupakan bahan dalam obat batuk berdahak yang…

Ini 7 Rekomendasi Obat Sakit Perut yang Ampuh di Apotek

“Pastikan kamu mengonsumsi obat sakit perut yang sesuai…

Operasi Pengangkatan Payudara, Ini Tujuan dari Tindakan Mastektomi

“Selain menjadi pengobatan untuk kanker payudara dengan mengangkat…

“Sensasi gatal di kulit biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Jika tidak, ada beberapa beberapa pilihan obat gatal paling ampuh, yaitu Caladine Lotion, Snake Brand Prickly Heat Classic Powder, Salicyl Menthol Ika, Herocyn Bedak Kulit, dan Salep Nosib.”

Gatal adalah sensasi yang muncul pada kulit, sehingga meningkatkan hasrat ingin menggaruk. Kondisi ini dikenal dengan sebutan ‘pruritus’ yang rentan terjadi seiring bertambahnya usia.

Gatal pada kulit juga bisa disertai dengan benjolan akibat gigitan serangga, atau iritasi akibat penggunaan bahan perawatan kulit yang tidak cocok. Tekstur kulit juga bisa menjadi lebih kasar dan meradang.

Nah, mau tahu apa saja rekomendasi obat gatal paling ampuh di apotek? Berikut ulasannya!

Pilihan Obat Gatal Paling Ampuh

Obat gatal ampuh bisa kamu pilih dan disesuaikan berdasarkan gejala yang muncul. Di bawah ini beberapa rekomendasinya:

1. Caladine Lotion

Rekomendasi obat gatal pada kulit paling ampuh pertama datang dari merek Caladine Lotion 60 ml. Di dalamnya mengandung 5% calamine, 10% zinc oxyde, dan 2% diphenhydramine HCL. 

Caladine otion tak hanya mampu mengatasi gatal pada kulit saja, tapi juga dapat digunakan sebagai antialergi, antiseptik, dan penyejuk kulit. Penggunaannya 2-4 kali sehari sesuai kebutuhan.

Rentang harga: Rp20.900 – Rp21.000 per botol.

2. Snake Brand Prickly Heat Classic Powder

Snake Brand Prickly Heat Classic Powder 150 g merupakan bedak dingin yang efektif menghilangkan rasa gatal di kulit akibat biang keringat. Bedak ini juga dapat mencegah bau badan dan menghindari gigitan nyamuk.

Dosis penggunaannya adalah 2-4 kali sehari sesuai dengan kebutuhan. Obat biang keringat dewasa ini tidak boleh digunakan untuk anak-anak di bawah 2 tahun, pada luka terbuka, dan jauhkan dari jangkauan hidung serta mulut.

Rentang harga: Rp18.100 – Rp42.500 per botol.

3. Salicyl Menthol Ika

Salicyl Menthol Ika 80 g adalah bedak antigatal yang mengandung asam salisilat dan talk, serta menthol untuk memberikan sensasi dingin. Obat gatal paling ampuh ini efektif mengatasi gatal dan gangguan kulit lainnya.

Cara menggunakan bedak ini masih cukup mudah, yakni dengan menaburkan dan menggosokkan pada bagian tubuh yang bermasalah setelah mandi. Kamu bisa menggunakannya 2-4 kali sehari sesuai kebutuhan.

Rentang harga: Rp17.800 – Rp17.900 per botol.

4. Caladine Powder Original

Caladine Powder Original 100 g adalah obat gatal yang ampuh untuk mengatasi rasa gatal akibat gigitan serangga dan biang keringat. Bedak ini juga dapat merawat kulit bayi dari kemerahan karena iritasi popok, udara panas, atau bakteri.

Di dalamnya mengandung calaminezinc oxidecamphor, dan menthol yang memberikan efek menenangkan di kulit. Cara menggunakannya dengan menaburkan ke area yang gatal setelah mandi atau saat berkeringat.

Rentang harga: Rp14.100 – Rp20.600 per botol.

5. Herocyn Bedak Kulit

Rekomendasi selanjutnya adalah Herocyn Bedak Kulit 85 g yang efektif membantu mengatasi gatal-gatal akibat biang keringat. Obat gatal kulit ini mengandung:

  • 2% bals peruv.
  • 3.5% zinc oxide.
  • 1.42% precip sulph.
  • 0.8% salicylic acid.
  • 0.31% camphor.
  • 0.47% menthol.
  • 100% deodorant q.s., preservative q.s., dan alc ad .

Cara menggunakannya mudah, yaitu dengan menaburkan dan menggosokkan pada bagian tubuh yang bermasalah setelah mandi. Kamu bisa menggunakannya 2-4 kali sehari sesuai kebutuhan.

Rentang harga: Rp16.500 – Rp16.600 per botol.

6. Cap Gajah Bedak Salicyl Pot

Cap Gajah Bedak Salicyl Pot 100 merupakan bedak salicyl yang dapat digunakan untuk beberapa macam penyakit kulit, salah satunya gatal-gatal. Bedak ini juga dapat ditaburkan pada keringat buntet, bisul-bisul, dan cacar air.

Cap Gajah Bedak Salicyl mengandung 2% acid salicyl dan 98% talc venetum.  Cara menggunakannya dengan menaburkan dan menggosok pada bagian kulit yang gatal, tapi tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 3 tahun.

Rentang harga: Rp5.300 – Rp5.700 per pot.

7. Salep Nosib

Rekomendasi obat gatal paling ampuh yang terakhir adalah Salep Nosib. Obat ini dapat mengatasi gatal akibat panu, kadas, kurap, kudis, kutu air, dan gatal yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Salep Nosib mengandung acidum salicylum, acidum benzoicum, sulfur praecipitatum, mentholum, dan salep constituent ad. Kamu bisa menggunakannya 3 kali sehari di bagian kulit yang bermasalah.

Rentang harga: Rp14.100 per pot.

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

 

Sumber :    Halodoc    . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna