Informasi Kesehatan

Ini 5 Pilihan Obat yang Ampuh untuk Meredakan Gatal di Kemaluan

X-Efek-Samping-Penggunaan-Steroid-Jangka-Panjang1.jpg

Dada Sakit Saat Batuk, Kenali 7 Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya

Dada sakit saat batuk wajar terjadi, terutama jika…

Apgar Score: Metode untuk Menilai Kondisi Bayi Baru Lahir

“Apgar score adalah pemeriksaan yang dilakukan segera setelah…

Pilihan Obat Hidung Mampet yang Ampuh di Apotik

"Hidung yang mampet membuat kamu sulit bernapas sehingga…

“Gatal pada kulit terutama di area kemaluan tak hanya membuat tidak nyaman, tapi juga menurunkan rasa percaya diri dan mengganggu aktivitas. Beberapa pilihan obatnya, yaitu Nystatin, Zemyc Kapsul, Neo Gynoxa, Canesten Pro Cream, dan Altadis.”

Gatal di area kemaluan dapat terjadi karena iritasi, sehingga menimbulkan sensasi yang tidak nyaman. Iritasi dapat dipicu oleh reaksi alergi terhadap sabun, deterjen, atau bahan pakaian tertentu. 

Gatal di area genital biasanya bukan merupakan masalah serius karena dapat membaik dalam beberapa hari. Namun, waspadai jika gatal disertai ruam dan keluarnya cairan dari vagina atau penis.

Sebelum gatal di area kemaluan menjadi semakin parah, di bawah ini beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu pakai untuk mengatasi keluhan tersebut!

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Gatal-Gatal di Kemaluan 

Gatal di kemaluan dapat terjadi karena infeksi bakteri atau jamur dan iritasi atau reaksi alergi akibat bahan kimia. Masalah ini juga rentan terjadi saat menopause akibat menurunnya kadar estrogen di dalam tubuh.

Penyebab lain yang juga ikut andil sebagai pemicunya, yaitu psoriasis dan  lichen sclerosus . Tandanya adalah bercak putih tipis pada vulva di sekitar lubang vagina dan dapat meningkatkan risiko kanker.

Untuk menurunkan risiko hal-hal yang membahayakan, gatal di area kemaluan perlu diatasi dengan langkah perawatan yang tepat. Beberapa rekomendasi obat gatal di kemaluan di apotik, antara lain:

1. Nistatin 500000 IU 10 Tablet

Nystatin 500000 IU adalah obat antijamur yang berisi 10 tablet per strip. Obat ini hanya mengatasi gatal di area kemaluan, tetapi juga mengobati infeksi di mulut, kerongkongan, dan saluran pencernaan.

Nystatin bekerja dengan cara mengganggu permeabilitas dinding sel jamur dan menyebabkan kematian jamur. Cara menggunakannya dengan berkumur dan tahan di mulut kemudian telan.

Nystatin bisa kamu konsumsi sebelum dan sesudah makan, sesuai dengan resep dokter. Segera hentikan penggunaan jika muncul iritasi setelahnya. Obat tidak boleh dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Rentang harga: Rp14.500 per strip.

Dapatkan Nystatin 500000 IU 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Zemyc Kapsul 150mg

Rekomendasi obat gatal di kemaluan selanjutnya adalah merek Zemyc dalam sediaan kapsul 150 mg. Obat antijamur ini mengandung fluconazole yang bekerja dengan mengganggu sintesis membran sel jamur.

Zemyc efektif mengatasi infeksi kandida pada vagina, mulut, tenggorokan, dan aliran darah. Penggunaannya harus sesuai dengan resep dan rekomendasi dari dokter serta dikonsumsi sesudah makan.

Rentang harga: Rp81.700 per kapsul .

Dapatkan Zemyc Kapsul 150 mg di Toko Kesehatan Halodoc .

3. Ovula Neo Gynoxa 5

Neo Gynoxa 5 Ovula adalah obat yang mengandung metronidazole dan nistatin. Obat ini merupakan antibiotik yang efektif mengusir bakteri dan jamur di area kemaluan atau vagina wanita.

Metronidazole bekerja melawan bakteri, sementara nistatin efektif mengatasi infeksi jamur. Penggunaan obat ini sebaiknya sesuai petunjuk dokter, terutama sebelum penggunaan jangka panjang.

Aturan pakainya adalah dimasukkan ke dalam vagina. Caranya, buka bungkus obat, lalu dorong masuk ke dalam vagina sampai ke area leher rahim. Diamkan semalaman, obat akan mencair dan keluar dengan sendirinya.

Jika rasa gatalnya terjadi pada kulit, ini beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu gunakan: Ini Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di Apotek. 

Rentang harga: Rp119.100 per strip .

Dapatkan Neo Gynoxa 5 Ovula di Toko Kesehatan Halodoc .

4. Krim Canesten Pro 15 gr

Canesten Pro Cream 15 g merupakan krim antijamur yang bekerja dengan menghentikan pertumbuhan jamur dan menghentikan rasa gatal. Obat ini efektif mengatasi jamur di area lipatan kulit, termasuk selangkangan.

Canesten mengandung 1% bifonazol yang bisa diaplikasikan 1 kali sehari, minimal pemakaian selama 2 minggu. disarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan atau menggunakan aplikator.

Rentang harga: Rp105.200 per tabung .

Dapatkan Canesten Pro Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc .

5. Altadis 2% Krim 10 gr

Rekomendasi obat gatal di kemaluan di apotik yang terakhir adalah merek Altadis 2% Cream 10 g. Di dalamnya mengandung miconazole nitrate untuk infeksi kulit yang disebabkan dermatofit atau ragi atau jamur.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan di area yang terkena sebanyak 2 kali sehari. Ratakan dengan jari dan biarkan saja hingga kering dengan sendirinya. Lamanya penggunaan akan tergantung dari intensitas gejala yang dialami oleh pengidap.

Rentang harga: Rp24.600 – Rp27.300 per tabung .

Dapatkan Altadis 2% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc .

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Anda juga perlu memeriksa kesesuaian dan kelengkapan produk, serta memeriksa juga masa berlaku produk yang Anda beli.

sumber:  Halodoc      . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna