Informasi Kesehatan

Ini 5 Tips Mempercepat Pemulihan Pasca Operasi Katarak

seputar-operasi-katarak.jpg

Pilihan Obat Penambah Darah yang Aman untuk Lambung

  “Mengonsumsi obat penambah darah yang aman untuk…

6 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Gatal pada Kulit

“Gatal-gatal pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal,…

8 Obat TBC Paling Ampuh yang Bisa Dibeli di Apotik

Obat TBC bermanfaat untuk mengatasi tuberkulosis. Obat ini…

“Operasi katarak menjadi satu-satunya cara yang efektif untuk mengatasi katarak. Upaya untuk mempercepat pemulihannya bisa dilakukan dengan menghindari paparan iritan hingga istirahat yang cukup.

 

Operasi katarak adalah prosedur bedah untuk mengangkat katarak dari lensa mata yang keruh. Katarak terjadi saat lensa mata yang bening menjadi keruh, menyebabkan penglihatan kabur atau buram. 

Operasi katarak dilakukan oleh dokter spesialis mata dan dilakukan secara rawat jalan. Artinya, pasien tidak perlu tinggal di rumah sakit setelah operasi. Di bawah ini tips untuk mempercepat pemulihannya!

Tips Percepat Pemulihan Pasca Operasi Katarak

Katarak sebenarnya tidak membahayakan pengidapnya. Namun, dokter biasanya merekomendasikan operasi katarak jika masalah ini sudah mengganggu penglihatan seseorang.

Ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan guna mempercepat proses penyembuhan pasca operasi:

1. Hindari paparan iritan

Iritan adalah produk kimia, deterjen, polusi, debu, dan paparan sinar matahari berlebihan yang berpotensi mengenai mata. Jadi, sebaiknya hindari menggunakan kacamata atau balutan kasa di area mata.

Iritan ini tidak hanya menghambat kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Paparannya juga dapat meningkatkan risiko infeksi pada mata, sehingga memperlambat pemulihannya.

Ketahui juga di sini: Cek Fakta: Bisakah Katarak Diobati Tanpa Operasi?

2. Jangan sentuh mata

Cara ini perlu kamu praktikkan dalam beberapa minggu setelah melakukan operasi katarak. Jangan menyentuh atau menggosok mata karena bisa meningkatkan kemungkinan infeksi.

Infeksi tersebut dapat terjadi karena perpindahan patogen berbahaya dari telapak tangan dan jari ke mata. Bukan hanya infeksi, bakteri dan virus dari telapak tangan juga bisa memicu kerusakan mata permanen.

3. Batasi paparan udara

Sebisa mungkin batasi paparan udara pasca operasi katarak. Hindari berenang dan membasuh wajah sebisa mungkin, karena paparan udara dapat mengakibatkan risiko infeksi atau iritasi pada mata.

Ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menjalani operasi katarak: Menjalani Operasi Katarak, Ini yang Perlu Diketahui.

4. Pemeriksaan ulang

Pemeriksaan ulang memungkinkan dokter mata untuk menyalakan kesehatan mata secara keseluruhan pasca operasi. Hal ini penting untuk memastikan tidak ada komplikasi atau infeksi yang berkembang.

Pemeriksaan ulang juga dapat membantu dokter menjaga kemajuan pemulihan. Cara ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa mata bisa beradaptasi dengan lensa buatan.

5. Beristirahat dengan cukup

Salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat proses pemulihan setelah operasi katarak, adalah dengan beristirahat sebanyak mungkin. 

Aktivitas berat apa pun, terutama aktivitas yang dapat menyebabkan tekanan di dalam atau di sekitar mata Dihindari. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup, yakni 8 jam per malamnya.

Katarak yang dibiarkan begitu saja tanpa penanganan dapat meningkatkan risiko kebutaan. Kamu bisa mengetahui faktanya dalam artikel ini: Bisakah Katarak Menyebabkan Kebutaan? Ini Faktanya.

Itulah beberapa tips untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi katarak. Bagi kamu yang memiliki keluhan pada mata, segera konsultasikan pada dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Diskusikan juga dengan dokter jika mengalami kehilangan penglihatan, sakit mata, muncul kilauan cahaya pada penglihatan, dan mual berlebihan. Pastikan untuk menggunakan atau mengonsumsi semua obat-obatan yang diresepkan dokter.

sumber:  Halodoc      . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna