Informasi Kesehatan

Ini 5 Rekomendasi Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh untuk Dewasa

9173-1665884751.jpeg

5 Obat Herbal Diabetes yang Ampuh

Selain obat medis, ada pula obat herbal diabetes…

Idap Skoliosis di Masa Kecil Bisa Sampai Dewasa, Benarkah?

Umumnya, skoliosis dialami oleh anak-anak dan remaja, namun…

6 Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Mengetahui penyebab asam lambung naik di malam hari…

“Batuk merupakan refleks alami untuk membersihkan tenggorokan dan paru-paru. Ada beberapa rekomendasi obat batuk kering dan gatal yang bisa kamu coba, yaitu Sanadryl Sirup, Actifed Plus Cough Supressant Sirup, hingga Bodrex Flu.

Batuk kering dan gatal biasanya terjadi akibat peradangan di tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas. Gangguan ini menimbulkan sensasi geli yang mengganggu, termasuk saat sedang beristirahat. 

Batuk kering dan gatal tidak menyebabkan dahak atau lendir, tetapi memicu rasa sakit pada tenggorokan pengidapnya. Kamu bisa mengatasinya dengan beberapa rekomendasi obat batuk kering dan gatal di bawah ini!

Daftar Obat Batuk Kering dan Gatal

Batuk kering akan mengganggu, terutama jika berlangsung selama berminggu-minggu. Ini beberapa rekomendasi obat batuk kering dan gatal yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan gejalanya:

1. Sanadryl DMP Sirup 60 ml

Jika kamu tidak terlalu suka dengan obat bentuk tablet, maka Sanadryl DMP Sirup solusi batuk kering dan gatalmu. Obat mengandung zat aktif berupa dextromethorphan Hbr, difenhidramin HCl, ammonium klorida, natrium sitrat, dan menthol.

Sanadryl DMP Sirup dapat kamu gunakan untuk mengatasi batuk tidak berdahak yang penyebabnya adalah alergi. Meskipun bisa kamu mendapatkan secara bebas, sebaiknya gunakan sesuai dengan petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp20.300 per botol.

2. Actifed Plus Cough Supressant Sirup 60 m (Merah)

Obat batuk kering dan gatal selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu Actifed Plus Cough Suppressant. Jenis obat batuk ini bermanfaat untuk mengatasi batuk kering dan pilek. 

Selain itu, obat batuk ini mengandung dextromethorphan Hbr, Pseudoephedrine HCl, dan Triprolidine HCl. Dextromethorphan HBr bekerja sebagai antitusif yang dapat menekan refleks batuk. 

Sementara itu, pseudoephedrine bekerja dengan meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung. Dengan begitu saluran napas jadi lebih terbuka dan melegakan. 

Triprolidine HCl bertindak sebagai antihistamin atau antialergi untuk meredakan gejala alergi, seperti bersin-bersin. 

Rentang harga: Rp58.000 – Rp68.500 per botol.

3. Panadol Flu & Batuk 10 Kaplet

Rekomendasi obat batuk kering dan gatal selanjutnya Panadol Flu & Batuk 10 Kaplet. Obat ini dapat meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan batuk tidak berdahak.

Panadol Flu & Batuk 10 Kaplet mengandung bahan aktif berupa 500 mg parasetamol, 5 mg phenylephrine HCL, dan 15 mg dextromethorphan HBr. Obat ini dapat diminum dengan air putih setelah makan.

Dosis penggunaannya 1 kaplet 4-6 jam sekali. Jangan melebihi 8 kaplet dalam jangka waktu 24 jam. Obat ini aman digunakan oleh pengidap gangguan lambung, tapi tidak direkomendasikan pada anak di bawah 12 tahun.

Rentang harga: Rp12.300 – Rp16.400 per strip.

4. Siladex Antitussive Sirup 60 ml

Siladex Antitussive Sirup merupakan obat batuk kering dan gatal yang mengandung 15 mg dextromethorphan HBr dan 1 mg chlorphenamine maleate. 

Siladex Antitussive berguna untuk meredakan batuk tidak berdahak atau batuk kering yang terjadi akibat alergi. Obat ini bekerja dengan meningkatkan ambang rangsang refleks batuk dan sebagai antihistamin. 

Kamu bisa mengonsumsi Siladex Antitussive ini sebelum atau sesudah makan. Dosisnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, umumnya 3 kali sehari, 1 sendok takar (5 ml) untuk dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun.

Rentang harga: Rp17.200 per botol.

5. Bodrex Flu dan Batuk Tidak Berdahak Pe 4 Kaplet

Bodrex Flu dan Batuk Tidak Berdahak Pe 4 Kaplet menjadi rekomendasi lain untuk obat betuk kering dan gatal. Obat ini bisa dengan mudah kamu temukan di apotek terdekat. 

Bodrex Flu dan batuk Tidak Berdahak Pe mengandung paracetamol, dextromethorphan, dan phenylephrine. Senyawa tersebut bekerja sebagai analgesik-antipiretik, dekongestan hidung, dan antitusif. 

Obat ini hanya untuk dikonsumsi orang dewasa. Untuk mendapatkan manfaatnya, minumlah obat sebanyak 3 kali sehari.

Rentang harga: Rp2.500 per strip.

Segeralah periksakan diri ke dokter jika batuk kering dan gatal tak kunjung membaik dengan penggunaan obat di atas. Apalagi jika gejala disertai dengan mengi, sesak napas, dan kesulitan menelan.

 

Sumber:   Halodoc   . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.