Informasi Kesehatan

Ini 5 Makanan Pelancar ASI yang Perlu Dikonsumsi Selama Menyusui

image10.jpg

Ini 11 Manfaat Tepung Beras untuk Kulit Sehat dan Tubuh

“Tepung beras menjadi salah satu jenis tepung yang…

Adakah Manfaat Tape Ketan Hitam bagi Kesehatan? Ini Faktanya!

Tape ketan hitam merupakan makanan fermentasi. Manfaat tape…

3 Manfaat Buah Duku untuk Tubuh dan Nutrisinya

Terdapat beberapa manfaat buah duku yang diketahui bagi…

“Ibu menyusui perlu mendapatkan nutrisi yang optimal dari makanan agar proses meng-ASI-hi berjalan dengan lancar. Beberapa rekomendasi makanan pelancar air susu ibu (ASI), yaitu gandum utuh, sayuran berdaun gelap, kacang almond, bawang putih, dan buncis.”

 Ibu menyusui perlu mengonsumsi makanan penambah ASI untuk menghasilkan persediaan ASI yang melimpah bagi Si Kecil. Dengan cara ini bayi bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

ASI sendiri merupakan sumber nutrisi utama bagi Si Kecil, terutama di 6 bulan pertama kehidupannya. Untuk memperkaya asupan ASI, ibu mengonsumsi beberapa rekomendasi makanan di bawah ini!

Makanan Pelancar ASI untuk Busui

Beberapa makanan pendukung ASI eksklusif kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh ibu menyusui. Dengan mengonsumsinya secara rutin, ibu bisa memproduksi pasokan ASI yang sehat untuk Si Kecil.

1. Gandum utuh

Gandum termasuk ke dalam jenis biji-bijian utuh mengandung hormon yang berguna untuk meningkatkan produksi ASI. Tak hanya gandum, ibu juga bisa mencoba beberapa rekomendasi lainnya, termasuk jelai, nasi merah, kue oatmeal, atau makanan lain yang terbuat dari biji-bijian.

2. Sayuran berdaun gelap

Rekomendasi selanjutnya adalah sayuran berdaun gelap, seperti alfalfa, selada, kangkung, bayam, dan brokoli. Jenis sayuran ini kaya akan nutrisi terutama kalsium. Selain itu, mereka juga mengandung fitoestrogen yang memiliki efek positif pada peningkatan produksi ASI.

3. Kacang almond

Almond kaya akan asam lemak omega-3, zat besi, protein, kalsium, dan vitamin E. Asam lemak omega-3 dan zat besi di dalamnya dapat membantu meningkatkan kesehatan ibu menyusui, serta mendukung fungsi sistem hormonal yang terlibat dalam produksi ASI.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang dapat merangsang prolaktin. Prolaktin merupakan hormon utama yang bertanggung jawab untuk merangsang produksi ASI pada ibu menyusui. Hormon tersebut bekerja dengan merangsang kelenjar susu.

5. Buncis

Buncis mengandung asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan sel dan jaringan tubuh. Salah satunya termasuk sel-sel kelenjar susu yang berperan dalam produksi ASI.

Selain itu, serat yang terdapat dalam buncis dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu menyusui. Kesehatan pencernaan yang baik dapat berkontribusi pada penyerapan nutrisi yang optimal, sehingga memengaruhi produksi ASI.

Jika beberapa rekomendasi makanan di atas tak memengaruhi produksi ASI secara signifikan, ibu juga bisa mengonsumsi suplemen tertentu. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelumnya, mengingat setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda. 

Penting juga untuk mempraktikkan pola makan seimbang, konsumsi cairan yang cukup, dan praktik sering menyusui untuk menjaga produksi ASI. Suplemen hanya sebagai tambahan dan tidak menggantikan asupan makanan yang sehat.

Itulah beberapa jenis makanan pelancar ASI yang mengandung ragam nutrisi penting bagi ibu menyusui. Silakan diskusikan dengan dokter spesialis jika memiliki masalah saat proses menyusui berlangsung.

 

Sumber :    Halodoc    . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.