Informasi Kesehatan

Ini 7 Minuman Pelancar BAB yang Ampuh dan Efektif

5ed0dbdaac2f8.jpeg

Ini Penyebab Bintik Merah pada Kulit dan Cara Mengatasinya

  “Ada berbagai penyebab gatal bintik merah di…

Catat, Ini 7 Cara Ampuh Untuk Mencegah Radang Pernapasan

“Mencegah radang pernapasan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan…

Ini 6 Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga Secara Alami

“Nyeri otot pasca olahraga merupakan respons alami tubuh…

“BAB tidak lancar membuat perut terasa kembung dan sensasi perut terasa penuh. Untuk mengatasinya, minumlah minuman pelancar BAB seperti jus apel, buah plum, teh herbal, minyak jarak, dan lidah buaya.”

Buang air besar tidak lancar atau sembelit dapat memicu ketidaknyamanan pada perut. Bahkan, masalah ini ini juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan jika tak teratasi.

Sembelit muncul dengan gejala berupa feses yang keras, kering, dan menggumpal, sehingga sulit dikeluarkan. Selain itu, pengidap mengalami penurunan nafsu makan karena terus merasa kenyang.

Salah satu cara tepat mengatasinya adalah mengonsumsi buah-buahan berserat tinggi dan probiotik. Kamu juga bisa minum beberapa jenis minuman pelancar BAB di bawah ini untuk mengatasi gejala!

Rekomendasi Minuman Pelancar BAB

Ada beberapa rekomendasi minuman pelancar BAB yang bisa kamu coba guna membantu mengatasi gejala sembelit. Lantas, minuman apa yang merangsang BAB? Ini di antaranya:

1. Minyak jarak

Studi berjudul An examination of the effect of castor oil packs on constipation in the elderly yang terbit pada Complementary Therapies in Clinical Practice menemukan, minyak jarak berperan sebagai obat pencahar selama alami.

Di dalamnya mengandung asam risinoleat sebagai asam lemak utama yang bertindak sebagai reseptor pada sel otot polos dinding usus. Dengan kandungan itu, otot usus mulai berkontraksi dan mengeluarkan tinja. 

Studi juga menyebutkan, minyak jarak efektif digunakan oleh orang dewasa lanjut usia dengan sembelit kronis. Penggunaan minyak ini mengurangi ketegangan dan memperbaiki gejala sembelit.

Cara menggunakannya, yaitu simpan minyak jarak di lemari es selama satu jam hingga dingin, lalu campurkan dengan segelas jus lemon. Minum sebanyak sekitar 1 sendok makan saat perut kosong.

2. Kopi

Studi Effects of coffee and its components on the gastrointestinal tract and the brain–gut axis yang terbit pada Nutrients, menemukan bahwa kopi merupakan campuran kompleks dari ribuan senyawa bioaktif. 

Salah satunya adalah asam klorogenat. Kandungan ini yang memicu sekresi asam di saluran pencernaan. Berkat kandungan tersebut, akan terjadi peningkatan gerakan peristaltik usus.

Selanjutnya, tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa sudah waktunya buang air besar. Studi juga menemukan sebanyak 29% orang merasa ingin buang air besar dalam waktu 20 menit setelah minum secangkir kopi.

3. Jus apel

Serat makanan dan sorbitol dalam jus apel membantu melancarkan buang air. Pektin, salah satu jenis serat juga berperan dalam merangsang proses pencernaan dan meningkatkan fungsi usus. 

Selain itu, jus apel mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, A, dan kalsium yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Kandungan tersebut mengoptimalkan kesejahteraan secara keseluruhan.

4. Jus lemon

Buah ini dikemas dengan vitamin C dan antioksidan tinggi yang mampu melunakkan tinja, sehingga memudahkan buang air besar. Jus ini berfungsi etoks yang membersihkan dan mempercepat proses ekskresi.

Untuk memaksimalkan khasiatnya, kamu bisa mengonsumsi segelas jus lemon. Kamu juga bisa menambahkan 2 sdt jus lemon ke dalam segelas air hangat di pagi hari untuk meredakan sembelit.

5. Jus buah plum

Penelitian berjudul Diets for constipation yang terbit pada Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition menemukan, buah plum mengandung serat tingkat tinggi (6.1 g/100 g), fruktosa, dan sorbitol (14.7 g/100 g).

Studi juga menerangkan jus buah plum mengandung senyawa fenolik seperti asam neoklorogenik dan klorogenat dalam jumlah besar. 

Kandungan-kandungan  tersebut merupakan pencahar alami dan mampu meningkatkan fungsi usus. Hal tersebut yang pada akhirnya dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.

6. Jus lidah buaya

Jus lidah buaya mengandung senyawa bioaktif yang bertindak sebagai obat pencahar alami. Tak hanya bertindak sebagai pelumas usus saja, minuman pelancar BAB ini juga efektif untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.  

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa meminum segelas jus lidah buaya dan mencampurnya dengan jus lemon saat perut kosong. Cara ini dapat mengatur pergerakan usus dan meringankan sembelit.

7. Teh herbal

Teh herbal seperti teh daun mint memiliki sifat antispasmodik dan karminatif yang mendukung fungsi pencernaan. Kehadiran metanol di dalamnya mampu melemaskan otot dan memperlancar proses buang air besar.

jika masalah sembelit yang kamu alami tak kunjung membaik. Dapatkan saran medis yang kamu butuhkan guna meminimalisir risiko keparahan penyakit.

 

Sumber :    Halodoc    . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.