Informasi Kesehatan

Ini 5 Cara Mengatasi Flu Secara Alami pada Busui

wajibtahuinirekomendasiobatfluuntukibumenyusuihalodoc.jpg

Ketahui Manfaat Inisiasi Menyusui Dini untuk Ibu dan Bayi

Menyusui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu dan…

Memilih Obat Antinyamuk yang Aman untuk Bayi

Obat antinyamuk kerap menjadi pilihan untuk mencegah gigitan…

Ibu, Begini Cara Efektif Meningkatkan Produksi ASI

“ASI adalah sumber nutrisi utama untuk proses perkembangan…

“Flu pada busui berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari dan proses menyusui. Beberapa cara mengatasinya, yaitu menggunakan humidifier, minum banyak air, tingkatkan kekebalan tubuh, mandi air hangat, dan irigasi hidung dengan saline.”

 Flu atau influenza adalah penyakit yang terjadi karena infeksi virus influenza. Pengidap kondisi ini akan mengalami sakit kepala, demam, sakit tenggorokan, dan nyeri di sekujur tubuh.

Flu menjadi salah satu masalah yang rentan dialami busui, karena memengaruhi kadar hormon dalam tubuh, termasuk yang berperan dalam sistem kekebalan. Hal ini membuat busui lebih rentan terhadap infeksi, termasuk flu.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasi flu pada busui? 

Cara Mengatasi Flu pada Busui

Busui cenderung mengalami kurang tidur dan kelelahan karena aktivitas menyusui, terutama pada malam hari. Rasa lelah ini dapat melemahkan sistem kekebalan dan meningkatkan risiko terkena influenza.

Ada beberapa cara alami untuk mengatasinya, antara lain:

1. Menggunakan humidifier

Humidifier bekerja dengan meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. Udara yang lembap dapat membantu meredakan gejala flu, seperti hidung tersumbat karena lendir menjadi encer dan mudah dikeluarkan.

Udara yang lembap juga dapat membantu mengurangi risiko penularan virus flu yang cenderung menyebar di udara kering. Singkatnya, humidifier dapat membantu melembabkan udara dan mengurangi risiko infeksi.

2. Minum banyak air

Air dapat membantu menjaga kelembapan hidung, mulut, dan tenggorokan. Cara ini dapat mengencerkan dan mempermudah proses pembuangan lendir yang menumpuk di saluran pernapasan.

Selain air, busui juga bisa meminum beberapa jenis cairan lainnya, antara lain:

  • Air kelapa.
  • Teh herbal.
  • Jus segar.
  • Sup ayam.
  • Kaldu ayam.
  • Buah-buahan. 
  • Sayuran yang mengandung air.

Tubuh akan memberikan beberapa respons untuk menandakan bahwa asupan airnya sudah terpenuhi dengan baik. Di antaranya, buang air kecil secara teratur dan warna urine menjadi bening atau kuning pucat.

3. Tingkatkan kekebalan tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh mungkin tidak akan membantu mengatasi flu yang sudah ada, tapi bisa melindungi tubuh dari infeksi lain. Cara ini juga dapat mencegah gejala lebih lanjut dan jangka panjang.

Beberapa cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh, antara lain:

  • Tidur selama 7-8 jam di malam hari.
  • Mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Ikuti pedoman dan jadwal vaksinasi flu.

4. Mandi air hangat

Paparan uap air hangat dapat membantu melebarkan saluran pernapasan, memudahkan pernapasan, dan mengurangi hidung tersumbat. Selain itu, mandi air hangat juga dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh, mengurangi ketegangan otot, serta meningkatkan sirkulasi darah. 

Proses tersebut dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman dan memberikan sensasi nyaman bagi pengidap flu, meskipun efeknya bersifat sementara. Segera periksakan diri ke dokter jika sakit masih berlanjut.

5. Irigasi hidung dengan saline

Larutan saline dapat membantu membersihkan lendir, kuman, dan partikel lain yang memicu hidung tersumbat. Larutan ini juga dapat meningkatkan drainase lendir, sehingga memudahkan pernapasan. 

Proses irigasi ini secara efektif membersihkan hidung, membantu mengurangi gejala seperti hidung meler dan hidung tersumbat, serta meningkatkan kenyamanan saat bernapas.

sumber: Halodoc     . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna