Informasi Kesehatan

5 Kebiasaan Pemicu Sakit Gigi yang Jarang Disadari

6be87fe1-8794-4e18-8981-c1536fdb277c_43.jpeg

Kenali 5 Gejala Popcorn Lung yang Menyerang Paru-Paru

“Popcorn lung adalah peradangan pada saluran udara paru…

Mata Kaki Bengkak? Ini Penyebab dan Pengobatannya

“Terdapat sejumlah faktor yang bisa menyebabkan kaki bengkak,…

Penyakit Autoimun Tingkatkan Risiko Terkena Neuropati Perifer

Dari banyaknya penyakit yang bisa menyerang saraf tubuh,…

 

“Sakit gigi bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Ada beberapa kebiasaan yang jarang kita ketahui tapi dapat memicu masalah ini, contohnya mengunyah es batu, minum soda, dan sering menggunakan tusuk gigi."

 Nyeri yang disebabkan sakit gigi muncul dari gigi, gusi, atau struktur tulang di sekitarnya. Sakit gigi ringan biasanya terjadi ketika ada iritasi gusi, sementata sakit gigi yang lebih parah disebabkan karena gigi berlubang, infeksi, atau kondisi-kondisi lain yang tidak bisa sembuh dengan sendirinya. 

Beberapa Kebiasaan Pemicu Sakit Gigi yang Jarang Disadari

1. Mengunyah es batu

Kebiasaan ini punya pengaruh buruk karena bisa membuat  gigi patah dan retak. Selain itu, jaringan lunak pada gigi bisa teriritasi, sehingga membuatmu akan lebih sering sakit gigi. Nah, alternatifnya kamu bisa mencoba untuk mengunyah permen karet bebas gula. 

2. Sering minum soda

Selain mengunyah es batu, sering mengonsumsi minuman bersoda juga bisa memicu sakit gigi. Sebab, asam fosfat dan sitrat di dalam soda  bisa merusak enamel. Selain itu, gigimu menjadi rapuh serta terinfeksi untuk waktu yang lama. 

3. Memakan gummy candy

Gummy candy atau permen bergetah punya potensi lebih besar untuk merusak gigi karena bentuknya yang mudah nyangkut di gigi. Ketika sisa sisa gummy candy terselip di gigi, gula dan asam yang terkandung di dalamnya bersentuhan dengan enamel. 

Jika kamu adalah tipe orang yang harus makan gummy candy setiap hari, coba untuk mengonsumsinya saat makan, bukan sebagai camilan. Karena air liur yang diproduksi ketika kita saat makan lebih banyak dan bisa membantu menghilangkan sisa-sisa permennya. 

4. Sering mengunyah pensil

Sering gigit-gigit pensil saat suntuk? Sama halnya dengan mengunyah es batu, menggigit pensil juga bisa menyebabkan gigi terkelupas dan retak. Coba ganti dengan permen karet bebas gula ketika kamu merasa ingin mengunyah sesuatu. Air liur yang dihasilkannya bisa membuat gigi lebih kuat dan melindungi dari asam yang merusak enamel. 

5. Terlalu sering menggunakan tusuk gigi

Tusuk gigi mungkin jadi solusi ampuh jika ada makanan yang tersangkut di gigi kita. Tapi jika terlalu sering, tusuk gigi bisa: 

  • Merobek gusi dan menyebabkan pendarahan.
  • Merusak enamel. Walaupun kuat, bahaya tusuk gigi juga masih bisa membuat enamel rapuh. 
  • Merusak akar gigi. Jika gusi sobek, akar gigi juga akan lebih mudah rusak karena tusuk gigi. 

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang ternyata bisa menjadi penyebab sakit gigi jamur kulit. Jika kamu mulai merasakan keluhan terkait kondisi ini segera tanyakan pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

sumber: Halodoc . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna