Informasi Kesehatan

Cegah Iritasi dan Kemerahan, Ini 7 Produk Skincare untuk Kulit Sensitif

bioderma-atoderm-intensive-baume-75ml_1554101460.jpg

Inilah Makanan dan Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Setelah Scaling Gigi

Ada beberapa makanan dan minuman yang boleh dan…

Catat, Ini 5 Jenis Pengobatan untuk Mengatasi Dwarfisme

“Dwarfisme adalah kondisi medis yang membutuhkan perhatian khusus…

Obat Sakit Perut Bagian Bawah: Jenis dan Efek Samping

“Salah satu cara yang sering digunakan untuk mengatasi…

“Pemilik kulit sensitif tak boleh sembarang memakai skincare karena rentan terhadap iritasi, dan reaksi alergi. Berikut rekomendasi skincare untuk kamu yang punya kulit sensitif.??Artikel ini telah di-review dokter. ”

Kulit sensitif rentan terhadap reaksi, seperti kemerahan dan gatal. Mereka terkadang mengalami sensasi rasa terbakar dan perih, serta muncul bercak seperti luka pada kulit.

Ada banyak cara untuk merawatnya, salah satunya menggunakan produk skincare untuk kulit sensitif. Beberapa rekomendasi produknya, yaitu Bioderma Atoderm Intensive Baume, QV Intensive Cleanser, Noroid Soothing Lotion, Sebamed Liquid Face And Body Wash, dan Bio Oil Dry Skin Gel.

Apa Saja Rekomendasi Skincare untuk Kulit Sensitif?

Skincare untuk kulit sensitif tidak boleh mengandung bahan-bahan yang keras, seperti pewangi, pewarna, alkohol, dan bahan kimia aktif. Sebab, penggunaan produk yang mengandung bahan tersebut dapat memperparah kondisi kulit.

Beberapa rekomendasi produk skincare untuk kulit sensitif yang bisa kamu gunakan, antara lain:

1. Bioderma Atoderm Intensive Baume

Cocok untuk kulit yang sangat kering dan gampang iritasi. Ini adalah produk perawatan intensif anti gatal, menenangkan, dan mengandung ragam nutrisi yang baik untuk kulit.

Kemanjuran telah terbukti secara klinis jika kamu menggunakannya selama 6 bulan berturut-turut. Produk ini mampu menurunkan sensitivitas kulit sebanyak 76 persen.

Beberapa manfaatnya, yaitu menenangkan kulit, memelihara dan memulihkan lipid, serta membuat kulit terasa jauh lebih kencang. Teksturnya tidak lengket, tidak berminyak, tidak beraroma, dan memiliki daya serap yang baik.

Rentang harga mulai dari Rp167.700 hingga Rp218.100.

2. QV Intensive Cleanser

Ini adalah pembersih terkonsentrasi dengan pH seimbang. Di dalamnya mengandung gliserin berkadar tinggi yang dapat membantu mengembalikan kelembapan alami kulit.

Produk berbahan dasar lembut, lengkap dengan pelembap, dan tanpa buih serta sabun. Cocok untuk kulit kering ekstrem atau kulit sensitif. Selain itu, produk juga cocok untuk bayi dan lansia.

Untuk hasil terbaik, kamu bisa memakainya setiap hari. Caranya, pijat dengan baik ke kulit basah, bilas dan keringkan.

Rentang harga mulai dari Rp127.400 hingga Rp316.200.

3. Noroid Soothing Lotion

Ini adalah pelembap yang dapat kamu gunakan di seluruh tubuh termasuk wajah. Manfaatnya melembapkan kulit kering, mengembalikan kelembaban kulit, dan merawat skin barrier.

Namun, hentikan penggunaan jika terjadi iritasi, bintik-bintik, merah, bengkak, gatal atau bengkak selama penggunaan.

Rentang harga mulai dari Rp195.000 hingga Rp299.600..

4. Sebamed Liquid Face And Body Wash

Selanjutnya, ada produk dari Sebamed yang memiliki fungsi utama, yaitu merawat kulit sensitif, membantu mengatasi gejala eksim dan rosacea, serta mempercepat penyembuhan luka bakar.

Produk ini cocok untuk kulit sensitif, terutama untuk kulit yang tidak cocok dengan sabun. Cara menggunakannya, yaitu basahkan kulit, cuci bagian wajah dan badan dengan produk 2 kali sehari.

Kebanyakan dokter spesialis kulit dan kelamin menganjurkan produk ini, karena menggunakan formula paten Syndet pH 5.5 dari Jerman. Produk menggunakan mild cleansing agents dan bahan aktif yang memberikan perawatan pada kulit sensitif

Selain itu, terdapat formula panthenol dan vitamin E yang mampu meregenerasi, melembutkan, dan memelihara kulit.

Kelebihan lainnya, produk tidak menyebabkan alergi selama sedang menjalani terapi pengobatan penyakit kulit.

Rentang harga mulai dari Rp51.900 hingga Rp108.000.

5. La Roche Posay Effaclar H Iso-Biome Soothing Cleansing Cream

Ini adalah pembersih kulit yang dapat berfungsi untuk melembapkan dan menenangkan kulit. Produk ini juga berfungsi membantu melawan jerawat.

Produk bertekstur krim dan mengandung thermal spring water dari La Roche Posay. Di dalamnya mengandung shea butterglycerinniacinamide, dan ekstrak orellana untuk melawan jerawat dan menghidrasi kulit.

Cara menggunakannya, basuh muka menggunakan air. Tuangkan produk di telapak tangan. Lalu, aplikasikan ke wajah. Lakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar. Kemudian, bilas sampai bersih. 

Rentang harga mulai dari Rp322.000 hingga Rp350.000.

6. Bio Oil Dry Skin Gel

Rekomendasi berikutnya, ada Bio Oil Dry Skin yang merupakan produk untuk memberikan lapisan oklusif pada kulit.

Tujuannya untuk menghentikan penguapan kelembapan alami kulit. Dengan begitu, kulit dapat terhidrasi dengan baik.

Rentang harga mulai dari Rp70.000 hingga Rp128.400.

7. Avoskin Glow Concentrate Treatment 2% Aqua Ceramide + Multi Probiome + Hyaluronic Acid

Ini adalah produk pelembap yang berbahan dasar air dengan tekstur gel ringan dan mudah menyerap di kulit. 

Produk mengandung 2 persen aqua ceramidemulti probiome, dan hyaluronic acid yang mampu merawat kulit kering dan dehidrasi. Bahan tersebut juga mampi kelembapan dan merawat skin barrier.

Produk ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. Pelembap ini bisa digunakan sejak usia 15 tahun di pagi dan malam hari. 

Apa Ciri-ciri Kulit Sensitif?

Jika penggunaan produk skincare untuk kulit sensitif di atas tak mampu mengatasi masalah kulit yang kamu alami, segera hubungi dokter kecantikan untuk penanganan lebih lanjut.

Apalagi, jika masalah kulit sensitif menimbulkan gejala berupa:

  • Bercak kasar dan bersisik.
  • Berkerut dan tekstur kasar.
  • Kemerahan dan pembengkakan.
  • Luka terbuka atau kerak kuning di atas kulit.
  • Pengelupasan kulit

Kulit sensitif dapat menyebabkan tanda perubahan fisik yang dapat diamati oleh dokter ahli. Contohnya seperti kemerahan, bengkak, atau luka. Kondisi ini menunjukkan perubahan pada lapisan pelindung kulit atau skin barrier.

Tips Merawat Kulit yang Sensitif

Selain memilih dan menggunakan skincare untuk kulit sensitif, berikut tips merawat kulit yang sensitif: 

1. Tes patch dari produk skincare untuk kulit sensitif

Pertama-lama, lakukan uji coba patch terlebih dahulu. Caranya dengan mengoleskan sedikit produk di area kulit, seperti di belakang telinga atau di pergelangan tangan. Lihat reaksinya dalam waktu 24 jam. Jika tidak muncul reaksi alergi, silakan lanjutkan penggunaan.

2. Perhatikan cara membersihkan wajah

Perhatikan produk yang kamu pakai. Pilih pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung bahan iritan.

3. Hindari skincare yang terbuat dari bahan iritan

Beberapa bahan yang perlu kamu hindari, yaitu alkohol, parfum kuat, pewarna buatan, dan sulfat. Sebelum membeli, perhatikan label produk dan pilih yang bebas dari bahan-bahan tersebut.

4. Gunakan pelembap khusus kulit sensitif

Kulit sensitif cenderung kering. Karena itu, penting untuk menggunakan pelembap yang  tidak mengandung bahan iritan. Sebaiknya, pilih dengan kandungan aloe vera, ceramide, atau hyaluronic acid.

5. Pilih produk yang cocok

Gunakan produk skincare untuk kulit sensitif, seperti pembersih wajah, toner, pelembap, dan produk lainnya yang lembut, bebas pewangi, dan tidak mengandung bahan kimia keras.

6. Hindari kulit sensitif dari eksfoliasi

Eksfoliasi kulit wajah menggunakan scrub justru memperburuk kulit sensitif. Sebaiknya kamu memilih eksfoliasi dari bahan enzim atau asam glikolat. Lakukan secara teratur 3 kali seminggu, tetapi jangan terlalu sering.

7. Lindungi kulit dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat memperparah kulit sensitif. Untuk melindungi kulit, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap kali beraktivitas di luar ruangan.

8. Hindari stres

Stres dapat memperparah kulit sensitif. Ketika seseorang mengalami stres, sistem saraf tubuh merespons dengan melepaskan hormon stres seperti kortisol. Hormon ini mempengaruhi banyak aspek kesehatan, termasuk keseimbangan kulit.

 

sumber: Halodoc . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna