Informasi Kesehatan

Ini 5 Hal yang Memperparah Batuk Kering

batuk-kering-doktersehat.jpg

10 Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengatasinya

“Ada 10 jenis penyakit kulit yang umum terjadi…

Mengenal GERD Anxiety yang Rentan Terjadi di Usia Muda

"Meskipun GERD dan anxiety adalah dua kondisi yang…

6 Ciri-Ciri Kanker Payudara sesuai Stadium

“Meski lebih umum dialami oleh wanita, kanker payudara…

“Ada cara lain untuk meredakan batuk kering, yaitu dengan menghindari hal-hal yang dapat memperparah kondisi tersebut. Contohnya seperti makanan pemicu refluks asam, makanan yang digoreng, makanan pemicu alergi, dan merokok. “

Batuk kering sering kali menyebabkan rasa geli dan gatal yang cukup mengganggu di tenggorokan. Ini terjadi karena saluran udara dan paru-paru teriritasi. Batuk kering biasanya akan hilang dengan sendiri setelah tiga sampai empat minggu. 

Kamu bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan minum obat atau melakukan perawatan lainnya. Namun, yang terpenting dalam proses penyembuhan adalah mencegah tubuh terkontaminasi hal-hal yang bisa memperparah batuk kering. 

Maka dari itu, ada beberapa kondisi dan makanan yang seharusnya dihindari. Mau tahu apa saja? Baca ulasannya di bawah ini. 

Hal yang Perlu Dihindari Agar Batuk Kering Tidak Semakin Parah 

Agar batuk kering bisa sembuh lebih cepat dan tidak semakin parah, yuk hindari hal-hal berikut ini. 

1. Mengkonsumsi makanan pemicu refluks asam

Hindari makanan tinggi lemak, makanan asam, coklat, kafein, dan makanan pedas. Sebab makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan refluks asam (kondisi saat asam lambung naik ke esofagus). 

Jika kita tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, batuk kering akan jadi semakin parah dan menyakitkan.

2. Mengkonsumsi makanan yang digoreng 

Meskipun menggoda, tahan dirimu untuk tidak menyentuh gorengan saat batuk kering. Sebab minyak yang digunakan untuk menggoreng mengandung lemak tidak sehat yang tinggi dan bisa menyebabkan peradangan. 

Selain itu, makanan yang digoreng biasanya kering dan kasar, teksturnya inilah yang bisa melukai dinding tenggorokan dan memperparah batuk kering. 

3. Memakan makanan pemicu alergi 

Batuk kering kerap kali disebabkan oleh alergi. Makanan-makanan seperti susu, kacang, dan kerang adalah penyebab alergi yang umum terjadi pada banyak orang. 

Pengidap batuk kering yang juga memiliki riwayat alergi makanan, perlu selektif saat hendak mengonsumsi makanan. Sebab, makanan pemicu alergi tersebut bisa memperparah batuk kering.

4. Merokok

Jangan perparah batuk kering dengan merokok. Merokok bisa menyebabkan batuk kering sebab saluran pernapasan rusak karena racun dalam asap rokok. 

Bahan kimia dalam rokok bisa menghancurkan sillia (sel kecil yang melapisi saluran udara), dan membuatnya tidak bisa menangkap racun. Racun yang masuk ini bisa menyebabkan peradangan.

Akibat yang lebih parahnya lagi, batuk kering ini bisa berkembang menjadi batuk keras yang berulang-ulang. Bahkan, bisa membuat otot dada tegang, atau bahkan tulang rusuk patah. 

5. Hindari berada di lingkungan dengan kualitas udara kotor

Udara yang dingin dan kering bisa memperparah batuk kering. Apalagi jika dipenuhi dengan alergen, debu, bulu, dan asap. Berada di ruangan dengan kualitas buruk yang dipenuhi dengan polutan atau partikel-partikel tidak aman,  akan membuat batuk kering semakin parah. Sebab, tubuh akan mencoba membuang partikel-partikel tidak aman ini dengan cara batuk. 

Cobalah memasang pelembab udara agar udara tidak kering. Selain itu, gunakan alat pembersih untuk memusnahkan debu, bulu, dan bakteri lainnya yang bisa memperparah batuk jika masuk ke saluran pernapasan. 

 

sumber: Halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna