Informasi Kesehatan

Serba-serbi Skala Nyeri dan Cara Memahaminya

skala-nyeri-doktersehat.jpg

Awas! 6 Penyakit Ini Sering Muncul Setelah Lebaran

"Usai merayakan hari kemenangan, tetap utamakan kesehatan tubuh…

Mengenal Fungsi Ovarium dan Gangguan yang Bisa Terjadi

“Ovarium merupakan organ reproduksi utama yang memiliki peran…

Terapi Okupasi, Ini yang Harus Anda Ketahui

Terapi okupasi adalah serangkaian latihan yang bertujuan untuk…

“Skala nyeri merupakan bentuk pemeriksaan fisik untuk mengukur tingkat nyeri seseorang. Skala nyeri dibagi menjadi dua kategori utama yaitu skala satu dimensi dan multidimensi.”

 Skala nyeri adalah prosedur pemeriksaan fisik yang bertujuan untuk mengukur tingkat nyeri. Skala nyeri sangat berguna baik untuk pasien maupun tenaga kesehatan. Bagi pasien, skala nyeri membantu melaporkan rasa sakitnya kepada tenaga kesehatan secara lebih rinci.   

Sementara bagi tenaga kesehatan, skala nyeri berguna untuk memahami jenis nyeri, tingkat nyeri, dan durasi nyeri pada pasien. Selain itu, pengukuran ini juga memberikan informasi penting bagi dokter untuk memberikan diagnosis yang akurat dan menyusun rencana perawatan.

Jenis Skala Nyeri Satu Dimensi

Ada dua kategori skala nyeri, yaitu skala nyeri satu dimensi dan multidimensi. Kedua kategori tersebut terbagi lagi ke dalam jenis-jenis yang lebih khusus.

Skala nyeri satu dimensi menggunakan kata-kata, angka, atau gambar, untuk mendeskripsikan rasa sakit. Berikut beberapa jenis skala nyeri satu dimensi:

1. Skala peringkat numerik

Skala peringkat numerik merupakan skala nyeri yang paling sering digunakan. Ketahuilah, skala ini dirancang untuk siapa saja yang berusia di atas sembilan tahun.

Bentuk skala peringkat numerik biasanya mencakup garis horizontal, tandanya yaitu angka 0 sampai 10 atau 0 sampai 5. Nol mengindikasikan tidak adanya rasa sakit. Sementara itu, 5 atau 10 artinya rasa sakit yang paling parah.

Ada beberapa obat-obatan yang efektif untuk mengatasi nyeri ringan hingga sedang. Baca daftar obatnya di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Pereda nyeri yang Ampuh di Apotek”

2. Skala analog visual

Tampilan skala analog visual umumnya berupa garis lurus horizontal sepanjang 10 cm, dengan keterangan di kedua ujung garis. Keterangan di ujung kiri menunjukan tidak adanya rasa sakit, sedangkan keterangan di ujung kanan menunjukan rasa sakit yang parah.  

Untuk mengukur rasa sakit, pasien akan memberikan tanda “X” pada garis. Apabila tidak terlalu sakit, tanda “X” cenderung ke kiri. Sebaliknya, apabila merasa sakit maka tanda “X” cenderung akan ke arah kanan.

Jika pasien sudah memberikan tanda, dokter akan mengukur jarak antara tanda “X” dengan keterangan, untuk menentukan skor nyeri.

3. Skala kategoris

Skala nyeri kategoris menggunakan deskripsi verbal atau visual untuk mengidentifikasi tingkat nyeri seseorang. Nah, skala kategoris verbal menggunakan kata-kata seperti tidak nyeri, nyeri ringan, nyeri sedang, nyeri berat, dan nyeri sangat berat, untuk mendeskripsikan rasa nyeri.

Sedangkan skala nyeri kategoris visual menggunakan gambar wajah dengan berbagai macam ekspresi, mulai dari wajah dengan senyum lebar yang menandakan tidak sakit, hingga wajah sedih yang menandakan rasa sangat sakit. Skala nyeri ini biasanya digunakan untuk anak-anak karena memiliki kesan lebih ramah dan menyenangkan.

Ketahui juga jenis skala nyeri lainnya melalui laman berikut, “Ini 7 Jenis Skala Nyeri dan Cara Menghitungnya.”

Jenis Skala Nyeri Multidimensi

Sementara itu, berbeda dengan skala nyeri satu dimensi, skala nyeri multidimensi sebetulnya tidak begitu sering digunakan untuk mengukur rasa nyeri. Namun, banyak ahli berpendapat bahwa metode ini tetap memberikan informasi yang berharga.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Brief pain inventory (BPI)

Brief pain inventory adalah kuesioner singkat yang akan pasien isi mengenai rasa nyeri yang ia rasakan dalam waktu 24 jam terakhir. Skala BPI berguna untuk mengukur intensitas nyeri, lokasi nyeri, seberapa besar nyeri mengganggu kehidupan sehari-hari. Selain itu juga, skala ini menilai seberapa besar nyeri seseorang dalam rentang waktu tertentu.

Sudah tahu mengenai manajemen nyeri untuk mengelola rasa nyeri? Baca di artikel ini: “Mengenal Manajemen Nyeri dan Manfaatnya untuk Kesehatan“.

2. Skala nyeri McGill

Skala nyeri McGill adalah skala nyeri yang berbentuk kuesioner. Terdiri dari 78 kata yang menggambarkan intensitas rasa nyeri. Nah, pasien akan menilai rasa sakit mereka dengan menandai kata-kata yang paling sesuai. 

sumber: alodokter . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna