Informasi Kesehatan

Bumil, Ini 5 Cara Sederhana untuk Mengatasi Sakit Gigi

Foto-by-Tokopedia.jpg

Gaya Hidup Sehat untuk Penyakit Jantung Iskemik Kronis

"Orang yang mengidap penyakit jantung iskemik kronis perlu…

Peptide, Ketahui 7 Manfaatnya bagi Kesehatan

Peptide adalah bahan penyusun protein, seperti kolagen dan…

Manfaat Baby Oil untuk Anak dan Orang Dewasa

Pelumas untuk memijat Meski dapat membantu melembapkan kulit, baby…

“Sakit gigi saat kehamilan bisa terjadi karena hormon. Beberapa cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan berkumur dengan larutan garam, menggunakan cengkeh, menggunakan bawang, minum teh peppermint, dan menggunakan lidah buaya.”

Perubahan hormon di masa kehamilan mempengaruhi banyak bagian dari tubuh, termasuk gigi. Inilah yang menyebabkan ibu hamil rentan mengalami sakit gigi. 

Sebab, hormon berdampak pada meningkatnya aliran darah dan penahanan cairan di mulut, yang menyebabkan gusi jadi lebih rentan terhadap peradangan atau infeksi. Selain itu, cairan asam dari  muntah (morning sickness) juga bisa mengikis enamel gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang dan gigi jadi lebih sensitif

Namun, tidak perlu khawatir, banyak cara aman dan ampuh yang mudah dilakukan untuk mengatasi sakit gigi. Yuk baca ulasan lebih lanjut di bawah ini! 

Cara-Cara Mudah Atasi Sakit Gigi saat Hamil 

Berikut beberapa sederhana yang bisa bumil lakukan untuk meredakan sakit gigi: 

1. Berkumur dengan larutan garam 

Cara ini bisa meredakan rasa tidak nyaman saat nyeri menyerang. Air garam adalah antiseptik alami yang bertugas melenyapkan bakteri sekaligus mempercepat penyembuhan. Berikut langkahnya: 

  • Campurkan satu sendok teh garam ke secangkir air hangat. 
  • Berkumur kurang lebih 30 detik. 
  • Keluarkan dan ulangi beberapa kali hari. 

2. Menggunakan cengkeh

Manfaat cengkeh atau minyak cengkeh efektif untuk mengatasi masalah gigi dan gusi karena kandungan antiseptik alaminya bisa mengatasi infeksi bakteri. Oleskan minyak cengkeh pada gigi dan gusi saat sakit gigi menyerang. Kamu juga bisa merendam kapas ke minyak cengkeh lalu tempelkan di bagian yang sakit. 

Namun, perlu diingat untuk hanya menggunakan minyak cengkeh dengan dosis yang sedikit dan tidak terlalu sering. Sebab dosis tinggi bisa menyebabkan efek samping seperti kerusakan gusi. Maka dari itu, penggunaannya harus hati-hati. 

3. Menggunakan bawang

Bawang putih mempunyai senyawa allicin yang bersifat sebagai antibakteri dan bisa meredakan nyeri dengan cepat. Cara menggunakannya cukup mudah, hancurkan satu siung dan campurkan bersama garam hingga menjadi pasta. Lalu, oleskan pasta ini langsung ke gigi atau gusi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas mulut dengan air. 

4. Minum teh peppermint

Peppermint punya senyawa pereda nyeri yang ampuh mengurangi peradangan dan rasa sakit. Saat sakit gigi menyerang kamu bisa menyeduh secangkir teh peppermint dan meminumnya secara perlahan sepanjang hari agar nyeri di gigi mereda. 

5. Menggunakan lidah buaya

Sudah tahu kan kalau lidah buaya adalah tanaman multifungsi? Salah satu kegunaannya adalah untuk meredakan sakit gigi. Dengan kandungan airnya yang melimpah, tanaman ini punya banyak manfaat penyembuhan. 

Beberapa contohnya adalah adanya sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba yang bisa mengurangi peradangan, pembengkakan, dan pendarahan gusi saat masa kehamilan. 

Selain itu, lidah buaya biasanya tersedia dalam beragam bentuk mulai dari suplemen, gel, obat kumur, dan pasta gigi. Bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

 

sumber: Halodoc . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna