Informasi Kesehatan

Catat, Ini 5 Hal yang Bisa Memperparah Radang Tenggorokan

Catat-Ini-5-Penyakit-yang-Bisa-Sebabkan-Rasa-Sakit-Pada-Tenggorokan.jpg

Alasan Manfaat Madu Hitam Lebih Unggul daripada Madu Biasa

Semakin gelap warna madu, maka akan semakin baik…

6 Penyebab Skoliosis yang Perlu Diketahui

Pada sebagian besar kasus, penyebab skoliosis tidak diketahui…

Dampak Negatif Radang Dingin yang Tak Segera Diobati

“Radang dingin merupakan kondisi yang darurat yang harus…

"Ada beberapa hal yang dapat membuat radang tenggorokan sulit sembuh bahkan semakin parah. Dengan menghindari makanan pedas, minuman beralkohol, dan menjauhi rokok dapat membantumu untuk meredakan sakit tenggorokan.”

Radang tenggorokan atau sakit tenggorokan adalah kondisi yang membuat tenggorokan terasa gatal, kering, dan sakit ketika sedang menelan. Biasanya kondisi ini disebabkan karena infeksi virus maupun bakteri seperti flu dan batuk, kebiasaan merokok, dan alergi. 

Radang tenggorokan ini umumnya ditandai dengan adanya pembengkakan pada dinding tenggorokan yang menimbulkan warna kemerahan, serta munculnya bintik putih di sekitar pangkal mulut.

Hal yang dapat Memperparah Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan menimbulkan perasaan tidak nyaman pada tenggorokan yang tentunya mengganggu kegiatan sehari-hari. Kondisi ini juga sering beriringan dengan flu dan batuk, nyeri pada otot, serta demam.

Berikut adalah pantangan yang harus dihindari ketika radang tenggorokan:

1. Rokok

Meskipun dalam jumlah kecil, kandungan formaldehyde dan acrolein yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan. Tentunya hal ini tidak mengecualikan jenis rokok elektrik. Justru rokok elektrik yang biasanya dilengkapi dengan perisa buatan, dapat memperparah kondisi tenggorokan karena gula yang terkandung di dalamnya cenderung lebih tinggi.

2. Makanan pedas

Makanan pedas memang dapat menambahkan cita rasa. Namun, hindari makanan pedas saat mengalami radang tenggorokan. Alasannya, makanan pedas justru akan membuat tenggorokanmu lebih sakit, meskipun kamu memiliki toleransi pedas yang tinggi.

3. Minuman beralkohol

Selain menyebabkan adiksi, asetaldehida, zat kimia yang terkandung dalam alkohol, dapat menyebabkan peradangan pada tenggorokan lebih parah. Tidak hanya itu, alkohol cenderung membuat tubuh merasakan dehidrasi sehingga tenggorokan pun terasa lebih kering.

4. Minuman berkafein

Meskipun mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi tidak memperburuk radang tenggorokan secara langsung, aftertaste dari minuman ini kerap membuat tenggorokan menjadi lebih kering. Apabila kamu tetap ingin minum kopi ketika sedang radang tenggorokan, pilihlah kopi yang hangat. Sebab air hangat dapat membantu membuat tenggorokan lebih rileks.

5. Makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin

Makanan yang terlalu panas atau dingin dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan sehingga memperburuk gejala radang tenggorokan. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan dengan suhu yang terlalu ekstrim juga membuat kegiatan menelan menjadi lebih tidak nyaman.

Selain hal-hal yang telah disebutkan di atas, penting untuk memperbanyak minum air putih, berkumur dengan air garam, dan mengonsumsi makanan yang mudah ditelan agar tenggorokan segera pulih.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.