Informasi Kesehatan

6 Olahraga yang Bikin Tinggi dan Layak Dicoba

Ketahui-X-Olahraga-yang-Efektif-untuk-Menurunkan-Body-Fat1.jpg

Mengenal Olahraga Diving, Jenis, dan Persiapannya

“Olahraga diving adalah kegiatan menyelam bawah laut untuk…

Kalian harus coba Terapi Lumba-Lumba yang lucu sekaligus sehat

Tujuan Terapi Lumba-Lumba Mamalia laut ini dipercaya dapat…

5 Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dihindari saat Puasa

"Olahraga saat puasa tentu boleh saja, asal jangan…

Olahraga yang bikin tinggi bisa melatih tulang agar tetap sehat dan kuat. Selain itu, olahraga ini juga bisa memperbaiki postur tubuh agar lebih tegap. Hal ini bisa membuat tubuh tampak lebih tinggi dan ideal, apalagi kalau olahraganya diiringi dengan kebiasaan hidup sehat.

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Hal yang paling menentukan tinggi badan adalah faktor genetik. Selain itu, hormon pertumbuhan dan asupan nutrisi juga bisa memengaruhi tinggi badan.

Peningkatan tinggi badan seseorang biasanya terjadi sampai usia 18–20 tahun. Soalnya, sampai usia tersebut, lempeng epifisis yang berada di ujung tulang panjang terbuka. Hal ini memungkinkan tulang untuk memanjang dan tubuh jadi tambah tinggi.

Tinggi badan memang paling dipengaruhi oleh genetika. Akan tetapi, ada kok beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tinggi badan meningkat. Salah satunya adalah melakukan olahraga yang bikin tinggi. Meski efeknya tidak signifikan, olahraga bisa membantu memaksimalkan tinggi badan, lho.

Berbagai Olahraga yang Bikin Tinggi

Olahraga yang bikin tinggi bisa membuat otot dan tulang jadi lebih kuat dan terbiasa untuk digerakkan. Selain itu, olahraga ini juga bisa memperbaiki postur tubuh. Dengan begitu, tubuh jadi terlihat lebih tegap dan tampak lebih tinggi.

Tulang yang kuat karena rajin olahraga juga bisa membuatmu terhindar dari risiko mengalami penyakit osteoporosis, yakni kondisi yang membuat tulang jadi lemah dan bisa membuat tubuh jadi memendek. Jadi, kamu bisa mempertahankan tinggi badanmu.

Nah, penasaran apa saja olahraga yang bikin tinggi? Yuk, simak di bawah ini:

1. Jogging

Jogging atau lari santai adalah olahraga yang bikin tinggi dan mudah dilakukan. Olahraga ini bisa memperkuat tulang dengan membuatnya terbiasa bergerak dan menopang berat tubuh. Dengan tulang yang kuat, kamu bisa saja jadi lebih tinggi.

2. Lompat tali

Lompat tali atau skipping termasuk salah satu olahraga yang cukup mudah dilakukanOahraga yang satu ini tidak hanya bisa memperkuat tulang, tetapi juga otot. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan tinggi badan.

3. Bulu tangkis

Mau melakukan olahraga yang bikin tinggi bersama teman atau kerabat? Kamu bisa coba bermain bulu tangkis, lho. Olahraga yang satu ini melatih tulang menahan beban tubuh sehingga membuatnya makin kuat. Jadi, olahraga ini berpotensi membuatmu tampak makin tinggi.

4. Basket

Basket adalah salah satu jenis olahraga yang sering direkomendasikan untuk kamu yang ingin jadi tambah tinggi. Namun, olahraga ini nyatanya tidak bisa benar-benar menambah tinggi badan secara signifikan.

Meski begitu, main basket bisa memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan mineral di dalamnya. Dengan begitu, tinggi badan bisa saja meningkat.

5. Berenang

Salah satu olahraga yang bikin tinggi dan menyenangkan untuk dilakukan adalah berenang. Jenis olahraga ini memanfaatkan air untuk melatih tulang dan otot agar makin kuat sehingga keduanya tetap sehat dan meningkatkan potensi kamu untuk jadi makin tinggi. Selain itu, berenang juga bisa mencegah osteoporosis, lho.

6. Yoga

Jika kamu tidak cocok dengan olahraga di atas, coba melakukan yoga, yuk. Soalnya, ada penelitian yang menyebutkan bahwa yoga bisa menjaga kadar kalsium dalam tulang. Selain itu, yoga juga melatih otot di seluruh tubuh agar posturmu jadi tegap. Kedua hal ini bisa membuat tulangmu jadi kuat dan kamu bisa saja terlihat lebih tinggi.

Perlu diingat, konsep olahraga yang bikin tinggi hanyalah membantu memaksimalkan tinggi badan, ya. Olahraga tidak bisa meningkatkan tinggi badan secara signifikan, terutama bagi orang dewasa yang berusia di atas 20 tahun. Soalnya, faktor yang memengaruhi tinggi badan seseorang adalah genetik, asupan nutrisi, dan terbukanya lempeng epifisis.

Meski begitu, olahraga sebaiknya tetap jangan disepelekan, ya. Soalnya, olahraga bisa membuat tulang jadi tetap sehat dan memperbaiki postur tubuh sehingga badan jadi tampak ideal. Apalagi, kalau diiringi dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan istirahat yang cukup.

Jika kamu sudah melakukan olahraga yang bikin tinggi tetapi kurang puas dengan hasilnya, kamu bisa, lho, berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan solusi untuk meningkatkan tinggi badan.

Sumber: alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.