Informasi Kesehatan

Catat, Ini Pantangan Makanan dan Minuman untuk Pengidap Asam Urat

Seafood1.jpg

4 Makanan yang Bisa Mengganggu Kesehatan Tulang

“Salah satu cara menjaga kesehatan tulang adalah dengan…

Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindari saat Alami Nyeri Gigi

“Ada beberapa makanan yang perlu dihindari saat sedang…

7 Makanan yang Mengandung Kafein

Makanan yang mengandung kafein umumnya memiliki rasa yang…

“Penyakit asam urat dapat menimbulkan nyeri yang tak tertahankan pada sendi. Salah satu cara ampuh untuk mengatasinya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung purin.”

Asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan nyeri pada sendi. Selain nyeri, asam urat juga dapat menimbulkan pembengkakan dan memicu rasa panas baik itu di sekitar area sendi maupun ginjal.

Biasanya para lansia dan pengidap obesitas lebih rentan untuk terkena asam urat. Meskipun begitu, tidak memungkiri apabila asam urat juga dapat menyerang anak muda yang cenderung jarang bergerak.

Nah, bagi para pengidap asam urat, apa saja sih makanan dan minuman yang harus dihindari?

Pantangan Makanan dan Minuman untuk Pengidap Asam Urat

Pengidap asam urat memiliki beberapa pantangan makanan dan minuman karena makanan-makanan yang dikonsumsi dapat berpengaruh langsung pada kadar asam urat di dalam tubuh. 

Ketika tubuh mengonsumsi makanan yang memiliki terlalu banyak purin, makan kadar asam urat dapat meningkat. Zat-zat purin ini dapat meningkat dan menyebabkan penggumpalan di area persendian.

Mau tau apa saja obat yang direkomendasikan untuk mengurangi nyeri sendi akibat asam urat? Simak di artikel berikut:

  • 5 Pilihan Obat Asam Urat Alami yang Tanpa Efek Samping.
  • Ini 7 Rekomendasi Obat Asam Urat di Apotek yang Ampuh Redakan Nyeri Sendi.

Nah, simak penjelasan makanan dan minuman di bawah ini agar asam urat tidak tambah parah:

1. Daging merah

Purin banyak terkandung di dalam daging merah, khususnya organ seperti hati, ginjal, dan jantung dapat meningkatkan produksi asam urat. Apabila kamu memiliki asam urat, hindarilah asupan jenis daging ini dalam menu harian.

Cek fakta lengkap mengenai daging merah di sini: “Sering Konsumsi Daging Merah Picu Asam Urat, Benarkah? (halodoc.com)”

2. Alkohol dan minuman bersoda

Pantangan lain bagi para pengidap asam urat adalah alkohol dan minuman bersoda. Kedua jenis minuman ini mengandung gula dan purin yang dapat mengurangi kinerja ginjal untuk mengeluarkan asam urat dari tubuh.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji mengandung lemak, garam, dan purin yang berlebih sehingga pengidap asam urat harus menghindarinya. Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan juga dapat memperburuk peradangan pada sendi.

4. Asparagus dan jamur

Secara umum, kedua sayuran ini memang baik untuk kesehatan. Namun, asparagus dan jamur sebaiknya dihindari oleh pengidap asam urat karena mengandung purin yang cukup tinggi.

5. Seafood

Tidak hanya daging merah saja, seafood juga menjadi pantangan bagi pengidap asam urat. Hal ini disebabkan karena sumber protein laut seperti udang, cumi-cumi, sarden, dan mackerel mengandung zat purin yang tinggi dan dapat menyebabkan asam urat meningkat.

Itulah makanan dan minuman yang patut dihindari pengidap asam urat. Meskipun begitu, setiap individu memiliki respons yang berbeda terhadap makanan tertentu. 

Maka dari itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pantangan makanan dan minuman untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.