Informasi Kesehatan

Apakah Vaksin Bisa Membatalkan Puasa? Ini Faktanya

kejar-target-50-ribu-warga-bekasi-terima-vaksin-covid-19-4_169.jpeg

Bahaya Daun Singkong bagi Pengidap Asam Urat

“Daun singkong merupakan salah satu pantangan yang harus…

Wajib Tahu, Ini 4 Organ Sistem Pernapasan pada Manusia

"Sistem pernapasan pada manusia berperan besar dalam pertukaran…

Arti Istilah Tanggal Kedaluwarsa pada Kemasan Makanan

Pernah tidak mendapati bahan makanan yang sudah lewat…

“Tak sedikit orang yang ragu untuk mendapatkan vaksin suntik saat puasa karena takut membatalkannya. Padahal, vaksin yang diberikan melalui suntikan akan masuk ke otot lengan bukan ke pencernaan sehingga tidak membatalkan puasa.”

 

Apakah Vaksin Membatalkan Puasa?

Vaksin sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dari penyakit berbahaya. Untuk lebih memahaminya, baca artikel: Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Terkait Vaksin.

Menurut GoodRx, vaksin yang disuntikkan ke dalam tubuh tidak masuk ke dalam sistem pencernaan.  Oleh karena itu, hal ini tidak akan membatalkan puasa.

Proses pemberian vaksin dilakukan melalui jarum, sehingga cairan tersebut langsung masuk ke otot lengan. Kesimpulannya, kamu tetap dapat menerima vaksin melalui suntikan saat berpuasa di bulan Ramadan.

Asosiasi Media Islam Inggris, seperti yang dilaporkan oleh Huffington Post, menyatakan bahwa vaksinasi aman dilakukan saat berpuasa. Ini karena vaksin tidak mengandung nutrisi dan tidak mengandung produk hewani. 

Semua komponen vaksin telah dipastikan tidak akan membatalkan puasa. Menerima vaksin selama berpuasa juga tidak akan membatalkan puasa, sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 tahun 2021. 

Untuk obat-obatan lain yang dikonsumsi secara oral, kamu perlu menyesuaikan jadwal dosisnya selama bulan Ramadan. Namun, sebelum mengubah jadwal pengobatan, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Penting untuk tidak menghentikan atau mengubah dosis obat tanpa berkonsultasi dengan dokter, karena hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan kamu.

Apabila kamu masih ragu apakah vaksin termasuk hal yang membatalkan puasa, kamu bisa menerima vaksin setelah berbuka. Cobalah mencari tempat yang menyediakan vaksinasi setelah waktu berbuka. 

Meskipun mungkin sulit, namun tidak menutup kemungkinan untuk menemukannya. Kamu juga perlu tahu Tips yang Bisa Dilakukan agar Tetap Fit Selama Puasa sehingga pemberian vaksin tetap maksimal.

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.