Informasi Kesehatan

Mengenal Nyamuk Aedes Albopictus Penyebab Demam Berdarah

aedes-egypti-mosquito-bites-humans-spreads-dengue-fever-scaled-1300x731.jpg

Kenali Gejala Penyakit Otak Cerebral Atrophy pada Anak

“Cerebral atrophy merupakan penyakit otak yang menyebabkan penyusutan…

Ketahui Gejala Varian Omicron dan Cara Menanganinya

Virus Corona varian Omicron merupakan jenis virus Corona…

9 Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesehatan Mata

Mata adalah jendela untuk melihat keindahan dunia. Oleh karena itu,…

“Secara morfologi, nyamuk Aedes albopictus diketahui memiliki ciri fisik yang lebih kecil jika dibandingkan Aedes aegypti. Agar lebih memahaminya, yuk, kenali nyamuk Aedes albopictus penyebab demam berdarah lebih dalam di sini!”

 sisik basal putih pada setiap ruasnya.

Selayaknya nyamuk yang berasal dari genus Aedes lainnya, nyamuk Aedes albopictus juga memiliki perut yang menyempit. 

Beberapa Ciri Khas dari Nyamuk Aedes Albopictus 

Berikut adalah beberapa ciri khas dari nyamuk Aedes albopictus: 

  • Cenderung menggigit manusia dan juga hewan peliharaan.
  • Nyamuk ini dapat ditemukan di dalam dan di luar ruangan, tapi, lebih sering ditemukan di luar ruangan. 
  • Nyamuk jenis ini dapat hidup di habitat alaminya, seperti tanaman dan lubang pada pohon. Selain itu, nyamuk ini juga dapat hidup pada habitat buatan seperti wadah yang berisi air untuk meletakkan telurnya.
  • Setelah empat atau lima hari menghisap darah, nyamuk aedes albopictus betina akan meletakkan telurnya di permukaan air.  Telur tersebut akan menetas menjadi larva ketika hujan turun.
  • Secara umum larva memakan organisme air, alga dan bagian dari hewan atau tanaman yang berada di dalam wadah air tersebut.
  • Siklus hidupnya akan berlangsung selama tujuh hingga sembilan hari. Sementara itu, masa hidup nyamuk dewasa akan berlangsung selama tiga minggu.
  • Nyamuk ini memiliki kemampuan terbang di bawah 200 meter, sehingga dipastikan telur nyamuk tersebut berada pada ketinggian di bawah 200 meter.
  • Selain negara tropis atau subtropis, nyamuk Aedes albopictus juga dapat bertelur pada musim dingin di negara yang memiliki empat musim. Namun, nyamuk bisa aktif sepanjang tahun di daerah tropis dan subtropis.

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.