Informasi Kesehatan

Ini Obat-Obatan yang Perlu Dipersiapkan Selama Mudik Lebaran

22191-ilustrasi-pemudik-mudik-lebaran-2023.jpg

Mudah Menangis Saat Hamil, Normalkah?

Mudah menangis saat hamil dapat dialami oleh sebagian…

Gigi Berlubang saat Hamil Picu Keguguran, Apa Sebabnya?

Terdapat beragam keluhan yang mesti dihadapi oleh para…

Usia Kehamilan Berapa Minggu Boleh Berhubungan, Inilah Jawabannya

Usia kehamilan berapa minggu boleh berhubungan seks adalah…

“Agar perjalanan mudik lebaran nyaman dan lancar, kamu harus menyiapkan obat-obatan untuk menangani masalah kesehatan yang bisa tiba-tiba muncul. Seperti obat batuk, obat asam lambung, obat flu, obat nyeri, dan obat mabuk perjalanan.”

 Menjelang mudik lebaran, tak hanya baju baru atau makanan untuk keluarga di rumah yang harus disiapkan. Tapi, obat-obatan persediaan obat-obatan juga tak boleh terlupakan. 

Apalagi jika perjalanannya jauh, kita harus selalu berjaga-jaga karena perubahan tempat atau cuaca dari tempat yang berbeda dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kita. Karena itu, mungkin sekali berbagai risiko masalah kesehatan dapat muncul.

Nah, ada beberapa obat-obatan yang perlu kamu persiapkan selama perjalanan mudik lebaran. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya!

Obat-obatan yang Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran

Berikut beberapa jenis obat yang harus kamu bawa dalam perjalanan mudik: 

1. Obat radang tenggorokan

Obat pertama yang harus ada di dalam tasmu adalah obat radang tenggorokan. Sakit tenggorokan dapat muncul akibat infeksi virus dan bakteri. Nah, kedua mikroorganisme jahat ini ada selalu ada di sekitar kita. 

Selain itu, debu atau kondisi udara yang tidak sehat juga membuat tenggorokan kita rentan kering dan gatal. Maka dari itu, kamu sebaiknya membawa obat agar radang bisa teratasi dan perjalanan mudik bisa kembali menyenangkan. 

2. Obat asam lambung

Saat melakukan perjalanan jauh, ada kemungkinan pola makan kita jadi tidak teratur. Jadwal makan yang berantakan ditambah dengan kurang memperhatikan asupan makan adalah pemicu utama penyakit asam lambung muncul. 

Apalagi jika setelah makan kamu langsung tidur sambil menunggu sampai di tujuan. Kebiasaan yang satu ini juga dapat mengakibatkan asam lambung naik. 

3. Obat flu

Flu merupakan salah satu penyakit yang amat umum terjadi, termasuk saat lebaran Idulfitri. Penyakit akibat infeksi virus ini dapat menular dengan cepat dari pengidapnya melalui droplet (percikan air liur). 

Bila gejala-gejala flu mulai muncul, segeralah konsumsi obat untuk meredakan gejalanya. 

4. Obat pereda nyeri

Sakit kepala, demam, atau kram saat haid adalah beberapa jenis nyeri yang dapat menyerang kapan saja dan di mana saja. Termasuk saat kita melakukan perjalanan mudik. Maka dari itu, obat pereda nyeri harus kamu bawa kemanapun kamu pergi. 

Waktu mudik identik dengan macet, dan jika kamu terserang nyeri di tengah-tengah kemacetan, obat pereda nyeri dapat menjadi penolong pertama. 

5. Obat mabuk perjalanan

Nah, jika kamu tipe orang yang mudah mual naik kendaraan darat, laut, maupun udara, jangan sampai kamu tidak memasukkan obat ini ke dalam tasmu. 

Obat mabuk perjalanan dapat membantu mencegah pusing, mual, muntah, dan rasa lelah sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman di perjalanan mudik.

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.