Informasi Kesehatan

Ini Tips Ampuh Mencegah Microsleep saat Mudik Lebaran

4194760508.jpg

Telapak Kaki Sakit Saat Bangun Tidur, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Telapak kaki sakit saat bangun tidur umumnya tidak…

10 Suplemen Vitamin C yang Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh

Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah…

Badan Terlalu Kurus? Ini 11 Penyebab dan Cara Mengatasinya

“Faktor genetik jadi salah satu penyebab kurus. Lebih…

“Microsleep yang terjadi saat mengemudi kendaraan ketika mudik lebaran bisa berakibat fatal. Ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kondisi tersebut.”

Selain perlu memerhatikan kondisi kendaraan dan perbekalan selama mudik, faktor kesehatan juga tidak kalah penting untuk diprioritaskan. Hal ini disebabkan karena perjalanan yang jauh dapat menjadi tantangan tersendiri terutama untuk pengemudi.

Kondisi microsleep sering kali menyerang pengemudi yang sedang menempuh perjalanan jarak jauh. Kondisi ini ditandai ketika seseorang tertidur sebentar tanpa sadar, baik itu ketika sedang mengemudi maupun melakukan aktivitas lain, yang memerlukan konsentrasi tinggi.

Tips agar Terhindar dari Microsleep Selama Mudik

Ketika seseorang dalam kondisi microsleep, otak secara tiba-tiba ‘beristirahat’ sementara di waktu yang sama kedua mata tetap terbuka. Selama microsleep, seseorang cenderung tidak merespons lingkungan sekitar sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Biasanya microsleep disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya istirahat, atau kebosanan. Nah, berikut adalah tips agar kamu terhindar dari microsleep selama mudik:

1. Menjaga kondisi tubuh

Penting untuk memastikan tubuh ada dalam kondisi prima sebelum melakukan perjalanan jauh. Beberapa jam sebelum berangkat, penting pula untuk menghindari makanan berat yang dapat memicu kantuk. Sediakan pula air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

2. Istirahat yang cukup sebelum berangkat

Salah satu penyebab utama dari microsleep adalah kurangnya waktu istirahat. Oleh karena itu, jangan sampai kamu kekurangan waktu tidur ketika ingin melakukan perjalanan jauh, ya! Usahakan tidur setidaknya 7-8 agar tidak mengantuk selama perjalanan.

3. Membuat jadwal perjalanan

Selain memastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang baik, membagi waktu perjalanan juga diperlukan. Jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi terlalu lama. Sebaiknya, berikan istirahat singkat setiap 2-3 jam agar otak tetap terjaga.

4. Cegah kebosanan

Mengingat bahwa microsleep juga disebabkan karena faktor kebosanan, kamu dapat mencegah hal ini dengan mendengarkan radio maupun menyiapkan playlist musik. Selain itu, minta anggota keluarga lainnya untuk mengajakmu mengobrol agar kamu tidak mudah bosan.

5. Mengemudi secara bergantian

Tips yang terakhir adalah dengan mengemudi secara bergantian bila sudah merasa lelah atau kantuk. Hal ini tidak hanya dapat membantu untuk mengurangi kelelahan saja, tapi juga meningkatkan keselamatan bagi penumpang maupun pengguna jalan lainnya. 

Itulah beberapa tips untuk tetap waspada dan terhindar dari microsleep selama melakukan mudik lebaran. Penting diingat bahwa meskipun microsleep dapat terjadi dengan singkat, dampaknya tetap sangat berbahaya.

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.