Informasi Kesehatan

Ini 5 Tips Mengobati Sakit Gigi saat Bulan Puasa

040486900_1639970223-Sakit-Gigi-Terasa-Nyut-nyutan.jpg

Macam-Macam Vitamin Beserta Manfaatnya

Jenis dan Manfaat Vitamin Ada 13 vitamin yang…

Enamel, Ketahui Fungsi, Gangguan yang Sering Terjadi, dan Tips Merawatnya

Enamel adalah lapisan gigi paling luar yang berfungsi…

Begini Cara Kerja Otot Jantung di Dalam Tubuh Manusia

Memahami cara kerja otot jantung penting untuk mengoptimalkan…

“Sakit gigi saat puasa memang sangat membuat tidak nyaman. Tapi, tak perlu khawatir, kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan kompres es, minum obat saat berbuka, hingga berkumur dengan air garam.”

Sakit gigi yang muncul di bulan puasa tentu dapat mengganggu ibadah puasa maupun aktivitas lainnya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari pola makan yang keliru hingga kurangnya menjaga kebersihan gigi. 

Kabar baiknya, ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya!

Cara Mengobati Sakit Gigi di Bulan Puasa

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit gigi di bulan puasa, antara lain: 

1. Kompres dengan es

Cara pertama yang dapat menjadi pertolongan pertama sakit gigi saat berpuasa adalah dengan menggunakan kompres dingin. 

Bungkus es dengan handuk lalu tempelkan pada sisi wajah lokasi nyeri akibat sakit gigi dan tahan selama 15 menit. Ketika kamu melakukan metode ini, pembuluh darah jadi menyempit dan membuat rasa sakit jadi tidak begitu parah. Dingin dari es juga dapat mengurangi pembengkakan serta peradangan. 

2. Segera minum obat saat berbuka

Cara yang kedua adalah segera minum obat-obatan setelah berbuka puasa. Ada banyak pereda nyeri yang dapat meredakan sakit gigi dengan mengurangi peradangannya. Contohnya ibuprofen atau acetaminophen. 

3. Berkumur dengan air garam

Nah, untuk metode yang satu ini harus kamu lakukan dengan hati hati jika kamu ingin melakukannya saat masih menjalankan puasa. 

Caranya cukup larutkan sedikit garam ke dalam secangkir air hangat dan berkumurlah setiap 2 hingga 3 jam sekali. Metode ini ampuh untuk membuang sisa-sisa makanan dan bakteri yang terselip di gigi. Selain itu, air garam juga memiliki sifat sebagai disinfektan alami. 

Tapi, pastikan untuk tidak menelan larutan ini ya supaya puasamu tidak batal!

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh merupakan antiseptik alami yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan karena sifat anti-inflamasi dan antibakterinya. 

Untuk penggunaannya, kamu dapat merendam bola kapas dengan minyak dan oleskan ke area gigi yang nyeri. 

Tapi, untuk lebih amannya, sebaiknya kamu melakukan ini saat sudah berbuka puasa. 

5. Mengunyah daun jambu biji

Rekomendasi terakhir untuk mengatasi sakit gigi adalah dengan menggunakan daun jambu biji.

Daun jambu biji memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu menyembuhkan luka. Tak hanya itu, tumbuhan ini juga punya antimikroba yang dapat membantu dalam proses perawatan masalah kesehatan mulut.

Untuk menggunakannya, kamu langsung mengunyah daun jambu biji atau tumbuk dengan air dan jadikan obat kumur. 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.