Informasi Kesehatan

Jus Sirsak, Ketahui Nutrisi, Manfaat, dan Cara Aman Mengonsumsinya

jus-sirsak-ketahui-nutrisi-manfaat-dan-cara-aman-mengonsumsinya.jpg

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Terjadi di Usia Muda

“Gagal ginjal pada orang tua biasanya diakibatkan tekanan…

6 Jenis Cacing yang Bisa Menginfeksi Tubuh Manusia

“Ada banyak jenis cacing yang bisa menginfeksi tubuh…

Kanker Mata karena HP, Ketahui Faktanya di Sini

Kanker mata karena HP adalah informasi yang beredar…

Jus sirsak tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya diketahui dapat membuat tubuh terhindar dari beragam penyakit, seperti infeksi, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga kanker.

Sirsak merupakan tanaman yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Buah yang memiliki nama latin Annona muricata ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus. Bila dikonsumsi secara rutin, baik buah sirsak maupun jus sirsak bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Jus Sirsak dan Berbagai Kandungan Nutrisi di Dalamnya

Nutrisi dalam jus sirsak tentunya berasal dari nutrisi buah sirsak yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatannya. Jika Anda menggunakan 100 gram sirsak dalam pembuatan jus sirsak, terkandung sekitar 65 kalori dan beberapa nutrisi berikut:

  • 16 gram karbohidrat
  • 1 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • 3 gram serat
  • 14 miligram kalsium
  • 2 miligram natrium
  • 299 miligram kalium
  • 1 miligram zinc

Jus sirsak juga mengandung beberapa jenis vitamin, seperti vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Selain itu, minuman ini juga kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beragam Manfaat Jus Sirsak untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisi yang cukup melimpah, ada banyak manfaat jus sirsak yang bisa Anda peroleh jika mengonsumsinya secara rutin, di antaranya:

1. Mencegah infeksi bakteri

Khasiat jus sirsak dalam mencegah terjadinya infeksi bakteri berasal dari sifat antibakteri yang terkandung pada buah sirsak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sifat tersebut membuat buah ini dapat melawan berbagai bakteri penyebab infeksi, seperti bakteri Vibrio cholerae dan bakteri Staphylococcus

2. Melancarkan saluran cerna

Melancarkan saluran cerna menjadi manfaat berikutnya yang bisa didapatkan ketika mengonsumsi jus sirsak. Hal ini karena buah sirsak kaya akan serat yang dapat meningkatkan kepadatan tinja sekaligus melunakkannya sehingga bisa membuat buang air besar menjadi lancar.

Dengan sering mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah sirsak atau jus sirsak, kesehatan pencernaan tentunya akan lebih terjaga dan membuat Anda terhindar dari gangguan pencernaan, termasuk sembelit.

3. Meredakan peradangan

Buah sirsak diketahui memiliki sifat antiradang yang baik untuk mencegah munculnya berbagai jenis penyakit akibat peradangan, misalnya asam urat, arthritis, asma, hingga diabetes. Manfaat ini juga bisa Anda dapatkan ketika mengolah buah sirsak menjadi jus sirsak.

Meski begitu, penelitian mengenai manfaat buah sirsak yang satu ini baru dilakukan pada hewan percobaan. Oleh karena itu, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas buah sirsak dalam meredakan berbagai kondisi peradangan pada manusia.

Untuk membantu meredakan peradangan di dalam tubuh, jus sirsak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama dengan makanan lain yang memiliki sifat antiradang, seperti anggur, alpukat, tomat, brokoli, atau jamur. 

4. Mengontrol tekanan darah

Jus sirsak termasuk minuman yang baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Pasalnya, minuman ini mengandung kalium yang dapat mengontrol tekanan darah sekaligus mencegah terjadinya hipertensi.

Tak hanya itu, kandungan kalium dalam jus sirsak juga dapat mengurangi kadar garam berlebih di dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya melalui urine. Hal ini sangat bermanfaat karena kadar garam berlebih menjadi pemicu terjadinya peningkatan tekanan darah.

5. Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

Antioksidan merupakan kandungan dalam jus sirsak yang berperan besar dalam mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Pasalnya, antioksidan berfungsi untuk mencegah kerusakan sel di dalam tubuh, termasuk sel di jantung, akibat paparan radikal bebas sehingga penyakit jantung dapat dihindari.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jus sirsak memiliki sifat antiradang yang bisa mengatasi berbagai kondisi peradangan, salah satunya peradangan pada pembuluh darah jantung. Dengan begitu, mengonsumsi jus ini bisa membuat kesehatan jantung tetap terjaga.

6. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Tingginya kandungan antioksidan dalam jus sirsak menjadikan minuman ini bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif yang sering dikaitkan dengan penyebab terjadinya kanker. Bahkan, antioksidan dalam jus sirsak juga bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara.

Cara Aman Mengonsumsi Jus Sirsak

Cara paling aman untuk mengonsumsi jus sirsak adalah dengan tidak menambahkan gula atau pemanis buatan ke dalamnya karena bisa memicu terjadinya obesitas dan diabetes. Guna menambah cita rasa jus sirsak, Anda dapat mengganti gula dengan bahan pemanis alami, misalnya madu.

Bila Anda ingin membuat jus sirsak sendiri, Anda harus memastikan bahwa biji sirsak tidak ikut diolah menjadi jus. Pasalnya, biji sirsak mengandung senyawa annonacin yang berbahaya bagi tubuh sehingga dilarang untuk dikonsumsi.  

Selain itu, agar berbagai manfaat jus sirsak bisa didapatkan secara optimal, Anda disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 1–2 gelas jus sirsak per hari.

Meski jarang terjadi, jus sirsak bisa menimbulkan alergi pada sebagian orang. Kondisi ini umumnya ditandai dengan pembengkakan pada lidah dan bibir yang disertai dengan munculnya ruam serta gatal-gatal di wajah.

Oleh sebab itu, jika Anda mengalami berbagai gejala alergi setelah mengonsumsi jus sirsak, segera hentikan konsumsinya dan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai agar gejala alergi yang muncul bisa cepat sembuh.

 

Sumber : alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.