Informasi Kesehatan

Jerawat Meradang, Inilah 6 Cara Efektif untuk Mengatasinya

x-cara-mengatasi-jerawat-meradang-dengan-tepat-kenali-penyebab-dan-gejalanya.jpg

8 Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Cepat dan Ampuh

Cara menghilangkan komedo hitam yang paling sering dilakukan…

Kenalan dengan Acne Conglobata, Jerawat Parah yang Langka

“Acne conglobata merupakan kasus jerawat parah yang langka,…

ini Skincare untuk Mengencangkan Kulit Wajah yang Direkomendasikan

“Untuk mencegah atau mengatasi penuaan, kamu bisa menggunakan…

Jerawat meradang adalah masalah kulit yang terjadi ketika area di bawah sumbatan komedo mengalami peradangan. Tidak hanya menimbulkan nyeri, jerawat yang meradang juga bisa mengganggu penampilan. Namun, jangan khawatir karena ada cara untuk mengatasinya.

Jerawat meradang biasanya ditandai dengan benjolan keras atau lembut berwarna kemerahan dan terasa nyeri. Selain itu, jerawat yang meradang juga terkadang berisi nanah berwarna putih atau kekuningan di bagian tengahnya.

Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Memencet jerawat bukan cara yang tepat untuk mengatasi jerawat meradang. Kondisi tangan yang tidak bersih, alat yang tidak steril, dan penyebaran kuman dari jerawat yang ditekan justru dapat memperburuk kondisi jerawat.

Akibatnya, jerawat menjadi kemerahan, terinfeksi, dan lebih meradang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat bisa meninggalkan bekas luka di wajah atau disebut juga bopeng. 

Untuk mengatasi jerawat meradang, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa obat berikut ini:

1. Retinoid

Untuk mengurangi jerawat meradang dan mengobatinya, Anda bisa mencoba menggunakan retinoid oles. Retinoid bekerja dengan membuka pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Namun, obat ini tidak dapat digunakan oleh ibu hamil, menyusui, dan pemilik kulit sensitif. 

Retinoid tersedia dalam bentuk gel, salep, atau krim yang dapat diperoleh sesuai dengan resep dokter. Untuk menggunakannya, pertama-tama cuci bersih wajah, lalu keringkan. Selanjutnya, oleskan retinoid ke seluruh wajah. Hindari paparan sinar matahari saat menggunakan obat ini. 

2. Antibiotik

Jerawat meradang sering disebabkan oleh infeksi bakteri. Oleh karena itu, pengobatannya bisa menggunakan antibiotik. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan atau membunuh sel bakteri sehingga infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat meradang bisa teratasi.

Pilihannya bisa berupa antibiotik salep atau tablet antibiotik yang diminum. Namun untuk menggunakannya dengan tepat, antibiotik perlu digunakan sesuai resep dokter. 

3. Tea tree oil

Menghilangkan jerawat meradang bisa Anda lakukan dengan bahan alami, salah satunya dengan tea tree oil. Kandungan tersebut bisa membantu meredakan peradangan pada jerawat. Selain itu, tea tree oil juga dapat mengurangi produksi minyak dan menghilangkan bakteri di wajah.

Penggunaan tea tree oil dapat memberikan hasil yang sama seperti benzoil peroksida,yaitu bahan dalam krim perawatan jerawat yang dijual bebas. Namun, penderita eksim atau pemilik kulit sensitif harus berhati-hati karena tea tree oil dapat mengiritasi kulit. 

4. Bakuchiol

Bakuchiol merupakan ekstrak biji dan daun dari tumbuhan Psoralea corylifolia atau babchi. Bakuchiol digunakan sebagai alternatif retinoid karena memberikan efek yang serupa dengan bahan tersebut. 

Bakuchiol memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan sehingga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat meradang. Tidak seperti retinoid yang dapat menimbulkan iritasi bagi sebagian orang, bakuchiol aman bagi pemilik kulit sensitif dan dapat digunakan oleh ibu hamil.

5. Asam salisilat

Beberapa produk perawatan wajah yang dijual bebas biasanya mengandung asam salisilat antara 0,5–2%. Asam salisilat ini dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dari timbunan sel kulit mati dan minyak. 

Bahan ini juga dapat membantu mengurangi jerawat meradang. Namun, efek sampingnya dapat membuat kulit kering dan iritasi. 

6. Zinc

Zinc dapat mengurangi produksi minyak di wajah. Kandungan zinc di dalam obat jerawat juga dapat melindungi kulit terhadap peradangan dan infeksi bakteri. Selain dalam bentuk krim atau losion, zinc juga tersedia dalam bentuk suplemen. 

Meski bermanfaat, ingatlah untuk tidak mengonsumsi zinc secara berlebihan karena asupan zinc yang melewati batas justru bisa membuat penyerapan mineral lain seperti tembaga, terganggu. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi lebih dari 40 mg suplemen zinc per harinya.

Untuk mencegah jerawat meradang, jangan asal memencet jerawat dan jaga kebersihan wajah setiap harinya. Untuk jerawat meradang yang berat dan tidak kunjung sembuh setelah melakukan cara-cara di atas, Anda perlu berkonsultasi ke dokter.

Salah satu upaya yang mungkin dilakukan dokter adalah dengan menyuntikkan kortison untuk meredakan peradangan pada jerawat.

Sumber : alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna