Informasi Kesehatan

Catat, Ini Cara Mengobati Kutu Air di Tangan

1200xauto-hanya-2-menit-begini-trik-hilangkan-gatal-di-sela-jari-akibat-kutu-air-hanya-pakai-1-bahan-dapur-230623w.jpg

Bahayakah Menelan Permen Karet?

Bahaya dari Menelan Permen Karet Pernahkah kamu mendengar…

Ini Pilihan Obat Kutu Kucing yang Ampuh dan Bisa Digunakan

Salah satu cara yang efektif untuk membasmi kutu…

Ibu, Ini 5 Cara Mengatasi Stres Selama Memberikan ASI Eksklusif

“Stres pada ibu menyusui rentan terjadi akibat pola…

“Jenis kutu air di tangan rasanya pasti tidak nyaman. Kondisi ini dapat disebut juga sebagai tinea manuum dan bisa menyerang telapak tangan, bagian belakang tangan, dan lipatan kulit di antara jari-jari.”

 Kutu air adalah infeksi jamur yang menyerang kaki atau tangan. Dalam dunia medis, kutu air yang menyerang salah satu atau kedua tangan disebut sebagai tinea manuum. Infeksi ini akan memengaruhi lapisan luar kulit tangan.

Tinea manuum dapat menyerang telapak tangan, bagian belakang tangan, dan lipatan kulit di antara jari-jari. Tinea manuum biasanya terjadi bersamaan dengan kutu air kaki (tinea pedis), tetapi kutu air juga bisa memengaruhi area tangan saja.

Cara Mengobati Kutu Air di Tangan

Cara mengobati kutu air pada telapak tangan tidak jauh berbeda dengan kebanyakan kasus infeksi jamur pada umumnya. Salah satu cara utama untuk menghilangkan kutu air adalah dengan menggunakan krim antijamur.

Ada beberapa pilihan krim antijamur yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan kutu air, seperti:

  • Miconazole.
  • Terbinafine.
  • Clotrimazole.
  • Ketoconazole.

Selain obat-obatan, ada beberapa bahan alami yang bisa untuk mengobati kutu air di tangan. Akan tetapi, sebelum menggunakan bahan alami untuk mengobati penyakit kutu air, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Rekomendasi Obat Kutu Air di Tangan

Berikut ini beberapa rekomendasi obat kutu air           

 yang bisa kamu gunakan:

1. Canesten Pro Cream 5 g

Obat pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kutu air adalah Canesten Pro Cream 5 g.

Berbentuk krim antijamur, obat ini dapat menghentikan pertumbuhan jamur dan menghentikan gatal meradang akibat kutu air.

Untuk menggunakan obat ini, kamu dapat mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan aplikator khusus. Bersihkan dahulu area kulit yang akan dioleskan, lalu keringkan. 

Oleskan krim Canesten Pro ke bagian kulit yang terinfeksi jamur dan gosok dengan lembut sebanyak 1 kali sehari. Perawatan harus dilanjutkan selama 2-3 minggu agar jamur hilang hingga ke akar. 

Rentang harga: Rp34.800 – Rp43.800 per tube.

2. Salep Nosib 6 g

Berikutnya, kamu juga dapat menggunakan Salep Nosib 6 g.Obat ini bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti panu, kadas, kurap, kudis, kutu air, gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Selain itu, obat ini dapat pula mengobati eksim dan gatal akibat gigitan serangga.

Kamu dapat langsung mengoleskan salep ini pada bagian kulit yang terkena kutu air sebanyak 3 kali sehari. Hindari area selaput lendir dan mata.

Rentang harga: Rp7.200 – Rp10.200 per pot.

3. 19 Zalf Obat Kulit 7 g

Obat berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kutu air adalah 19 Zalf Obat Kulit 7 g.

19 Zalf Obat Kulit mengandung sejumlah bahan aktif seperti Acidum Salicylicum, Sulfur Praecipitatum, dan Zalf Base Ad. Dengan bahan aktif tersebut, obat ini berfungsi mengobati berbagai penyakit kulit seperti kutu air / rangen, kadas, kurap, panu, dan eksim.

Untuk menggunakan obat ini, kamu dapat langsung mengoleskannya pada bagian kulit yang terserang jamur sesuai dengan kebutuhan. Salep ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotik.

Rentang harga: Rp6.800 – Rp12.900 per kaleng.

4. Medisten 1% Krim 5 g

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan obat kutu air Medisten 1% Krim 5 g. Obat berbentuk krim ini mengandung zat aktif clotrimazole. Maka dari itu, obat ini bermanfaat untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit dan kuku karena dermatofit, ragi, dan jamur lainnya.

Untuk menggunakannya, kamu dapat langsung mengoleskan krim secukupnya 2-3 sehari pada bagian yang sakit. Lakukan ini selama 10-14 hari secara teratur hingga jamur benar-benar hilang.

Rentang harga: Rp10.600 – Rp15.900 per tube.

 

Cara Mencegah Kutu Air di Tangan

Kamu tentu berharap kondisi kutu air tidak akan kembali lagi di kemudian hari setelah menggunakan berbagai pengobatan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kutu air di tangan:

  • Pastikan tangan kering dan tidak terlalu basah setelah mencuci tangan.
  • Hindari menyentuh atau menggosok bagian tubuh lain yang terinfeksi jamur.
  • Saat merawat penyakit kulit terkait jamur, kenakan sarung tangan sekali pakai.
  • Hindari kontak dengan orang lain yang terinfeksi jamur melalui kontak kulit ke kulit.

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.