Informasi Kesehatan

Ketahui Manfaat Membaca untuk Kesehatan Fisik dan Mental

istock-1309316058jpg-20220402101024.jpg

5 Masalah Mental Penyebab Susah Tidur Menurut Psikologi

“Beberapa masalah mental bisa jadi penyebab susah tidur.…

Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Hamil

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara menjaga kesehatan…

Waspada, Ini Bahaya Self Diagnosis Kondisi Kesehatan Mental

“Self diagnosis adalah perilaku saat seseorang mencoba menentukan…

Manfaat membaca buku tidak hanya untuk menambah wawasan maupun pengetahuan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan otak, bahkan kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, mulailah untuk meluangkan waktu membaca dan ajaklah seluruh anggota keluarga melakukan kegiatan ini sebagai kebiasaan.

Membaca bukanlah hal yang sulit, karena di zaman serba modern seperti saat ini, sumber bacaan tersedia dalam banyak bentuk, baik bentuk cetak maupun yang digital. Jika dibiasakan sejak kecil, membaca bisa menjadi salah satu hobi yang menyenangkan dan bermanfaat. Tidak hanya untuk memperkaya pengetahuan, manfaat membaca juga bisa meningkatkan kesehatan fisik serta mental.

Manfaat Membaca untuk Anak

Tidak hanya orang dewasa, bayi yang masih berada di dalam kandungan dan anak-anak pun bisa memperoleh manfaat membaca. Untuk mendapatkan manfaat membaca bagi Si Kecil, pastikan Anda membacakan beragam jenis bacaan, seperti majalah, novel, buku bergambar, dan dongeng, sesuai dengan usianya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat membaca yang bisa diperoleh anak:

  • Mengajarkan tentang komunikasi
  • Melatih keterampilan mendengar dan daya ingat, serta menambah kosakata
  • Memberinya informasi tentang lingkungan sekitar
  • Mengenalkan beragam konsep, seperti angka, huruf, warna, dan bentuk, dengan cara yang menyenangkan

Untuk mendapatkan manfaat membaca ini, Anda tidak selalu harus membeli buku karena Anda bisa meminjamnya dari perpustakaan.

Manfaat Membaca untuk Orang Dewasa dan Lansia

Beda usia, beda pula manfaat membaca yang bisa diperoleh. Berikut ini adalah beberapa manfaat membaca untuk orang dewasa dan lansia:

1. Menguatkan dan menjaga kesehatan otak

Membaca bagaikan olahraga untuk otak. Dengan membaca, Anda bisa mendalami karakter dan membayangkan beragam kondisi atau situasi. Hal ini merupakan salah satu tantangan yang baik untuk kesehatan otak. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa membaca melibatkan jaringan dan sinyal yang kompleks di otak. Semakin sering membaca, jaringan dan sinyal ini pun akan menjadi lebih kuat. 

2. Meningkatkan rasa empati

Penelitian menunjukkan bahwa salah satu manfaat membaca adalah mampu membantu pembaca memahami perasaan orang lain. Hal ini karena banyak bacaan, terutama cerita fiksi, yang mengeksplorasi kehidupan karakternya. 

Memahami perasaan orang lain atau berempati ini merupakan keterampilan yang penting untuk membangun dan memelihara hubungan sosial. 

3. Memperkuat memori 

Membaca buku juga bermanfaat untuk memperkuat memori atau daya ingat seseorang. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca buku dapat mencegah gejala pikun pada pasien demensia dan penyakit Alzheimer. 

Manfaat membaca ini diperoleh dari efek melatih otak untuk lebih fokus atau memusatkan perhatian ketika Anda membaca buku. Hal inilah yang diduga menjadi alasan kenapa membaca buku bermanfaat untuk melatih memori.

4. Memberikan inspirasi dan motivasi 

Selain menjadi hobi, membaca juga bisa menjadi media untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi. Manfaat membaca satu ini diperoleh dari banyaknya jenis bacaan yang mengangkat cerita tentang pengalaman dan perjalanan hidup seseorang dalam meraih kesuksesan.

5. Memperbaiki kesehatan mental

Membaca buku fiksi dapat menjadi wadah pelarian positif dari stres dan masalah kehidupan dewasa. Pasalnya, buku-buku ini menawarkan dunia yang berbeda di mana aturan-aturan dunia nyata sering tidak berlaku. Aktivitas ini kemudian membuat Anda merasakan kebebasan berimajinasi dan melupakan masalah di kehidupan nyata untuk sementara waktu. 

Selain itu, membaca buku juga dapat mengurangi risiko Anda mengalami depresi dan gangguan kesehatam mental lainnya. 

Tips untuk Menumbuhkan Minat Membaca

Menumbuhkan kebiasaan membaca memang tidaklah mudah karena dibutuhkan kedisiplinan dan komitmen yang tinggi. Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menumbuhkan minat membaca sehingga berbagai manfaat membaca di atas pun bisa Anda dapatkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Pilihlah buku yang Anda sukai dan mulailah dengan bacaan yang ringan, misalnya cerita pendek (cerpen) atau novel bergambar. 
  • Nikmati waktu ketika Anda membaca. 
  • Pilihlah tempat yang tenang dan nyaman untuk membaca.
  • Jika membacakan buku untuk Si Kecil, bacalah dengan perlahan dan tidak terburu-buru agar ia menikmati dan mengerti apa yang Anda bacakan
  • Untuk Si Kecil, pilihlah buku yang menarik perhatiannya, misalnya buku yang berwarna dan bergambar.

Jika minat membaca telah tumbuh, manfaat membaca, terutama dalam meningkatkan daya ingat, bisa Anda rasakan untuk jangka waktu yang lama. Sebab manfaat ini dapat mencegah penurunan kognitif seiring bertambahnya usia. Namun, jika Anda mengalami gangguan pada daya ingat, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.  

Tidak ada kata terlambat untuk mendapatkan manfaat membaca. Jadi, luangkanlah waktu Anda untuk membaca buku yang disukai mulai dari sekarang. Namun, pastikan Anda membaca di tempat yang terang untuk menjaga kesehatan mata.

 

Sumber : alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.