Informasi Kesehatan

Ini Berbagai Gejala Gangguan Kecemasan yang Umum Terjadi

Kenali_Gangguan_Kecemasan_Sosial.jpg

Ini Trik Agar Motivasi Kerja di Kantor Meningkat

“Cukup wajar jika sesekali kamu merasa kehilangan motivasi…

Posesif, Sifat Toksik Perusak Hubungan

Posesif adalah sifat ketika seseorang takut dan khawatir…

Pikiran Lebih Tenang, Ini 6 Cara Menghilangkan Stres

“Stres berkelanjutan bisa menimbulkan kecemasan hingga depresi. Untuk…

“Gangguan kecemasan umum atau anxiety disorder adalah kondisi saat seseorang merasa cemas atau khawatir secara berlebihan terhadap suatu hal. Ditandai dengan rasa khawatir berlebih, sakit kepala, hingga mudah kelelahan.”

Gangguan kecemasan umum atau anxiety disorder adalah rasa cemas atau khawatir berlebihan terhadap sesuatu. Gangguan ini dapat memengaruhi siapa pun, lebih sering terjadi pada orang dewasa yang berusia 30 tahun ke atas.

Mayoritas pengidap gangguan ini sulit mengungkapkan apa yang sedang dirasakan atau dipikirkannya sehingga menimbulkan perasaan khawatir atau cemas yang berlebihan. 

Gejala Umum Gangguan Kecemasan

Gejala gangguan kecemasan umum sering kali merupakan gabungan dari gejala  gangguan mental lainnya, seperti gangguan panik, fobia, gangguan stres pasca trauma, dan kecemasan sosial.

Pada pengidap gangguan kecemasan umum, rasa cemas bisa muncul dalam berbagai situasi sehingga membuat mereka kesulitan untuk merasa rileks. Perasaan cemas ini bisa muncul hampir setiap hari, tergantung tingkat stres yang dialami. 

Gejala gangguan kecemasan umum meliputi:

  • Rasa khawatir atau cemas yang berlebihan.
  • Sulit tidur atau insomnia.
  • Nyeri otot.
  • Sakit kepala.
  • Berkeringat secara berlebihan.
  • Sesak napas.
  • Mudah merasa lelah.
  • Kondisi emosional menjadi sensitif, seperti mudah marah atau tersinggung.
  • Jantung berdebar kencang atau palpitasi.

Berbagai gejala tersebut tentu tidak boleh dibiarkan. Sebab, hal tersebut dapat memicu dampak yang lebih buruk, seperti masalah pencernaan hingga gangguan kesehatan jantung.

Jika mengalami salah satu dari gejala gangguan kecemasan umum, segera hubungi psikiater atau psikolog untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Rekomendasi Psikiater/Psikolog untuk Atasi Gangguan Kecemasan

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami gejala gangguan kecemasan umum yang tak kunjung hilang, segera hubungi psikiater atau psikolog untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Kamu bisa bercerita mengenai hal apa saja yang membuat kamu merasa cemas. Dengan begitu, berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog dapat menurunkan tingkat stres yang kamu alami sehingga rasa cemas pun menjadi berkurang. 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.