Informasi Kesehatan

Sakit saat Buang Air Besar: Penyebab dan Cara Mengatasinya

63858ccdab699.jpg

8 Penyebab Gusi Hitam dan Cara Mencerahkannya

Gusi hitam sering kali disebabkan oleh kebiasaan merokok.…

4 Bahan Alami untuk Atasi Keputihan Remaja

"Keputihan yang tidak normal ditandai dengan perubahan warna,…

6 Pantangan Jantung Bengkak yang Perlu Diketahui

Pantangan jantung bengkak penting untuk diketahui dan dijauhi…

Sakit saat buang air besar merupakan kondisi yang sangat umum yang banyak orang alami sepanjang hidupnya. Beberapa orang mungkin hanya mengalami rasa tidak nyaman atau sakit ringan, sementara yang lain mengalami rasa sakit yang cukup parah. 

Hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang mendasar dan perlu segera kamu atasi. Simak berikut ini tentang penyebab dan cara mengatasi sakit saat buang air besar yang kamu perlu tahu!

Penyebab Sakit Saat Buang Air Besar

Jika kamu merasakan nyeri di bagian anus atau perut saat buang air besar, jangan anggap masalah ini sebagai sesuatu yang remeh. Berikut beberapa penyebabnya yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Wasir atau ambeien

Wasir atau ambeien adalah pembengkakan di daerah anus dan rektum yang dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air besar. Kondisi ini dapat terjadi ketika tekanan meningkat pada pembuluh darah di area anus, seperti saat kamu mengejan saat buang air besar. Selain itu, wasir juga bisa terjadi karena kehamilan, obesitas, atau faktor keturunan.

2. Fisura ani

Fisura ani adalah luka pada anus yang dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air besar. Luka ini biasanya terjadi karena trauma pada anus atau tekanan pada area tersebut. 

Fisura ani juga dapat terjadi karena konstipasi atau diare yang berkepanjangan. Agar kamu bisa tahu lebih detail tentang kondisi ini, kamu bisa mencari tahu Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Fisura Ani.

3. Infeksi saluran pencernaan

Infeksi pada saluran pencernaan seperti kolitis atau gastroenteritis juga dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air besar. Sebab dari kondisi ini antara lain adalah bakteri atau virus yang menyerang saluran pencernaan. 

Selain menyebabkan rasa sakit pada anus, kondisi ini juga bisa memicu diare, muntah, nyeri perut, dan dehidrasi.

4. Kanker usus besar

Meskipun jarang terjadi, salah satu gejala kanker usus besar adalah rasa sakit saat buang air besar. Penyakit ini biasanya berkembang secara perlahan dari polip di dalam usus besar. Untuk menghindari kanker usus besar, pastikan kamu menghindari rokok, konsumsi alkohol berlebihan, obesitas, dan kurang olahraga.

Cara Mengatasi Sakit Saat Buang Air Besar

Nah, setelah kamu tahu tentang penyebabnya, kamu pastinya tidak ingin mengalami susah buang air besar dan merasa nyeri ketika melakukannya. Oleh karena itu, ketahui berikut ini cara mengatasinya:

1. Konsumsi makanan yang kaya serat

Makanan yang kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian dapat membantu memperlancar pencernaan. Konsumsi makanan yang kaya serat juga dapat membantu mengurangi tekanan pada anus saat buang air besar. Selain itu, serat juga membantu meningkatkan kecepatan gerakan usus sehingga meminimalkan kemungkinan terjadinya sembelit.

2. Minum banyak air

Penting untuk memastikan bahwa tubuhmu terhidrasi dengan baik untuk membantu memperlancar proses buang air besar. Minum banyak air dapat membantu melunakkan feses sehingga tidak sakit saat buang air besar. Konsumsi air yang cukup juga dapat membantu mencegah sembelit dan membuat proses buang air besar menjadi lebih mudah.

3. Gunakan salep atau obat-obatan

Jika sakit saat buang air besar disebabkan oleh kondisi medis seperti wasir, fisura ani, atau infeksi usus, dokter mungkin meresepkan obat untuk membantu mengurangi gejala dan mempercepat pemulihan. Salep atau obat-obatan seperti analgesik atau obat pelunak feses dapat membantu mengurangi rasa sakit saat buang air besar.

Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan tersebut.

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.