Informasi Kesehatan

Ini 5 Perawatan yang Dapat Dilakukan Dokter Kecantikan

7-jenis-perawatan-yang-bisa-kamu-coba-untuk-membuat-kulitmu-glowing-1.jpg

Menilik Manfaat Minyak Jarak bagi Kesehatan dan Kecantikan

Minyak jarak merupakan minyak nabati yang sudah dikenal…

Serum untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Inilah 6 Kandungan yang Harus Dipilih

Serum untuk kulit berminyak dan berjerawat umumnya mengandung…

Scrub Badan, Ketahui Jenis dan Tips Menggunakannya

Scrub badan berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati agar…

“Dokter kecantikan berfokus pada penanganan masalah di permukaan kulit. Mereka mengatasi dengan beberapa prosedur, tergantung pada masalah kesehatan yang kamu alami."

Dokter kecantikan adalah seseorang yang mempunyai minat khusus di bidang estetika. Mereka memberikan layanan yang mencakup prosedur non-invasif dan minimal-invasif.

Seorang dokter kecantikan tidak dapat melakukan operasi besar atau tindakan bedah, seperti implan payudara. Namun, ada beberapa perawatan kulit yang dapat mereka lakukan. Apa saja? Berikut ulasannya!

Perawatan yang Dilakukan Dokter Kecantikan

Dokter kecantikan mengkhususkan diri pada bidang kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Ada beberapa perawatan mendasar yang dikuasai oleh dokter di bidang ini. Beberapa di antaranya:

1. Laser resurfacing therapy

Terapi pengelupasan laser atau laser resurfacing therapy adalah prosedur perawatan kulit dengan teknologi laser. Tujuannya untuk menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak atau mengalami penuaan. 

Prosedurnya dapat merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat dan merata. Terapi ini mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti keriput, bintik penuaan, hiperpigmentasi, dan tekstur kulit tidak merata. 

2. Ekstraksi

Ini adalah prosedur untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Prosesnya melibatkan alat atau teknik tertentu untuk mengeluarkan kotoran, minyak, atau sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. 

Ekstraksi memberikan perbaikan langsung pada tampilan dan tekstur kulit. Langkah ini juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat yang meradang di kemudian hari.

3. Pengelupasan kimia

Pengelupasan kimia atau peeling adalah prosedur perawatan kulit menggunakan campuran bahan kimia khusus. Tujuannya untuk menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak atau mengalami masalah.

Prosedur ini dapat mengatasi hiperpigmentasi, bintik-bintik penuaan, atau tekstur kulit tidak merata. Metodenya dapat merangsang pertumbuhan kulit baru yang lebih sehat dan merata. 

Selama prosedur, dokter akan mengoleskan bahan kimia dan membiarkannya selama 15 menit di permukaan kulit. Kemudian membersihkannya dan mengoleskan krim antiiritasi.

Setelah beberapa hari, akan tampak hasilnya berupa kulit menjadi lebih cerah, bersih, dan lebih lembut. Proses ini dapat disesuaikan dengan tingkat keparahan masalah kulit dan kebutuhan pasien.

4. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur perawatan kulit non-invasif untuk mengangkat lapisan atas kulit yang rusak. Cara ini dapat menghilangkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit yang lebih sehat. 

Prosedur ini mampu meningkatkan tekstur kulit, meratakan warna kulit, dan memberikan penampilan kulit yang lebih segar. Prosedur tidak menyebabkan rasa sakit, sehingga pasien bisa beraktivitas kembali setelah perawatan.

5. Laser

Laser bertujuan untuk memperbaiki penampilan kulit atau memperbaiki cacat kecil pada wajah. Ada dua jenis metode yang umum digunakan, yaitu:

  • Terapi ablatif. Metodenya menghilangkan lapisan kulit terluar (epidermis), yang pada gilirannya merangsang produksi kolagen, sehingga kulit menjadi lebih halus dan kencang.
  • Terapi non-ablatif. Prosedur dapat merangsang produksi kolagen dengan memanaskan epidermis. Hasilnya cenderung kurang terlihat ketimbang terapi ablatif.

Jerawat jadi salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Jika hadir dalam intensitas ringan, kamu dapat membantu mengatasinya dengan menggunakan madu. Itulah beberapa perawatan yang dapat dilakukan oleh dokter kecantikan. 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurn