Informasi Kesehatan

Apa Bedanya Dokter Kulit dan Dokter Kecantikan? Ini Penjelasannya

953cd7aa-43b4-4f45-9faa-bb30ed1a2ef6.jpeg

Ini Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik dan Keriput

“Kulit kering bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah…

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dalam Waktu Singkat

“Ada beberapa cara menghilangkan komedo secara alami dalam…

Pelembap Wajah untuk Remaja, Ini Tips Memilih Serta Manfaatnya

Pelembap wajah untuk remaja memberikan banyak manfaat. Namun,…

“Perbedaan utama antara dokter kulit dan dokter kecantikan adalah dalam fokus dan cakupan praktik mereka. Kamu bisa memilih salah satunya, tergantung dari masalah yang kamu alami.” 

Dokter spesialis kulit dan kelamin maupun dokter kecantikan mampu mengatasi permasalahan atau gangguan pada kulit. Meskipun profesional dalam perawatan kulit, mereka memiliki keahlian dan jenis layanan yang berbeda. 

Perbedaan yang paling mendasar adalah dari segi pendidikan yang mereka tempuh. Selain itu, dokter kecantikan hanya dapat mengatasi masalah dan meningkatkan penampilan lapisan kulit luar saja.

Sementara dokter kulit, mereka mampu mendiagnosis kondisi kulit tertentu dan mengobatinya. Misalnya, meresepkan obat atau melakukan prosedur biopsi hingga melakukan operasi untuk mengatasi gangguan.

Perbedaan Dokter Kulit dan Dokter Kecantikan

Jika ingin menjadi dokter kecantikan, seseorang harus memiliki gelar sarjana kedokteran. Syaratnya, mereka perlu menyelesaikan kuliah kedokteran dan mendapatkan gelar S.Ked. 

Saat lulus, mereka perlu melakukan kursus atau pelatihan khusus untuk mendapatkan sertifikat dan surat izin untuk menjadi dokter kecantikan.

Mereka bisa mengambil pelatihan yang berfokus pada perawatan kulit, perawatan wajah, dan prosedur non-invasif. Pelatihan ini biasanya dilakukan dalam waktu satu hingga dua tahun.

Sementara dokter spesialis kulit, mereka harus menyelesaikan pendidikan kedokterannya, kemudian menyelesaikan program residensi. Berarti, mereka memiliki pendidikan dan pelatihan medis selama 12 hingga 14 tahun atau lebih.

Dokter kulit mengkhususkan diri dalam diagnosis, pengobatan, dan perawatan berbagai masalah kulit. Mereka memiliki pelatihan medis formal dan sertifikasi yang kuat dalam bidang dermatologi.

Tugas utamanya merawat kondisi kulit, seperti eksim, psoriasis, jerawat, kanker kulit, dan infeksi kulit. Mereka juga berperan dalam mendiagnosis dan merawat masalah kulit, seperti alergi kulit dan gangguan kulit lainnya.

Pilih Dokter Berdasarkan Masalah Kulitmu

Baik dokter kecantikan maupun dokter kulit merupakan profesional berlisensi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan perawatan kulit. Pilihannya akan tergantung pada masalah kesehatan yang kamu alami.

Dokter spesialis kulit adalah spesialis medis yang mengkhususkan diri dalam diagnosis dan pengobatan kondisi medis kulit. Mereka merawat masalah kulit yang memengaruhi kesehatan fisik dan memberikan solusi medis.

Di sisi lain, dokter kecantikan lebih berfokus pada perawatan estetika dan kecantikan kulit. Mereka melakukan perawatan antipenuaan, seperti menghilangkan keriput dan prosedur peremajaan kulit. 

Dokter kecantikan dapat memberikan perawatan non-bedah untuk meningkatkan penampilan kulit dan mengatasi masalah estetika. Misalnya dengan prosedur filler wajah.

Jadi, pilihan antara keduanya akan tergantung pada apa yang kamu butuhkan. Jika memiliki masalah medis kulit, dokter kulit adalah pilihan yang tepat.

Jika mencari perawatan estetika untuk meningkatkan penampilan kulit, dokter kecantikan menjadi pilihan yang sesuai. 

Sumber : halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.