Informasi Kesehatan

Ini Manfaat Sinar Matahari Pagi bagi Kesehatan

berjemur2.jpg

Mengetahui Kriteria Sembuh dari Corona dan Hal yang Perlu Dilakukan Setelahnya

Walau jumlah orang yang terinfeksi virus Corona terus…

4 Fakta Sindrom Tourette yang Dialami Billie Eilish

“Sindrom Tourette nyatanya lebih rentan dialami oleh anak…

Kenali Bahaya Asap Rokok bagi Anak

Paparan asap rokok bagi anak sangat berbahaya, sebab…

"Manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan tidaklah main-main. Mulai dari meningkatkan suasana hati, menyehatkan tulang, menyembuhkan kondisi kulit tertentu, hingga mencegah kanker.”

Meski sering dianggap mengganggu, nyatanya manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan sangatlah banyak, lho. Bukan hanya untuk bayi, manfaat ini bisa didapatkan oleh semua orang dari berbagai tingkat usia. Apa saja manfaat yang dimaksud? Yuk simak pembahasannya!

Manfaat Sinar Matahari Pagi

Berikut ini beberapa manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan yang perlu diketahui:

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Sinar matahari dapat memicu pelepasan hormon serotonin di otak. Hormon ini dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan bisa membantu kamu merasa tenang dan fokus. 

  1. Membangun Tulang yang Kuat

Paparan radiasi ultraviolet-B di sinar matahari dapat merangsang kulit untuk memproduksi vitamin D. Vitamin ini memainkan peran besar dalam kesehatan tulang. 

Kadar vitamin D yang rendah dapat meningkatkan risiko rakhitis pada anak-anak dan penyakit pengeroposan tulang seperti osteoporosis dan osteomalacia.

  1. Mencegah Kanker

Meskipun sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kanker kulit, sinar matahari dalam jumlah sedang sebenarnya memiliki manfaat pencegahan dalam hal kanker.

Menurut studi pada 2008 yang diterbitkan di Clinical Journal of the American Society of Nephrology, orang yang tinggal di daerah dengan jam siang hari yang sedikit, lebih mungkin untuk mengidap beberapa jenis kanker tertentu. Hal ini jika dibandingkan dengan mereka yang tinggal di tempat yang lebih banyak sinar matahari di siang hari. 

Beberapa jenis kanker yang dimaksud adalah:

  • Kanker usus besar.
  • Limfoma Hodgkin.
  • Kanker ovarium.
  • Kanker pankreas.
  • Kanker prostat.
  1. Menyembuhkan Kondisi Kulit

Manfaat sinar matahari pagi lainnya adalah dapat menyembuhkan beberapa kondisi kulit, seperti:

  • Psoriasis.
  • Eksim.
  • Penyakit kuning.
  • Jerawat.

Itulah beberapa manfaat sinar matahari pagi yang perlu diketahui. Dapat disimpulkan bahwa sinar matahari ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh, sehingga jangan selalu menjadikannya musuh, ya.

Selain meluangkan waktu untuk berjemur setiap pagi, kamu juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh dengan cara makan makanan bergizi seimbang dan olahraga teratur.

Sumber: Halodoc .com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di KLINIK PELITA SEHAT; klinik BPJS Bogor, klinik terfavorit kleuarga, klinik terbaik di Bogor, klinik terakreditasi paripurna, faskes, faskes primer. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.