Informasi Kesehatan

5 Gejala Influenza yang Perlu Diperiksakan ke Dokter

flu.jpg

Jangan Sepelekan, Ini Penyebab Asam Urat

Penyebab asam urat bisa bermacam-macam, mulai dari konsumsi…

Kenali Gejala Penyakit Jantung dari Sekarang

Penting untuk mengenali gejala penyakit jantung sedari dini.…

Memahami Penyebab Edema dan Cara Mengatasinya

Edema adalah kondisi membengkaknya jaringan tubuh akibat penumpukan…

"Flu, yang disebut juga influenza merupakan infeksi karena virus yang menyerang bagian hidung, tenggorokan, dan paru-paru seseorang. Pengidap masalah kesehatan ini akan mengalami beberapa tanda dan gejala influenza, seperti sakit kepala, hidung tersumbat, pilek, batuk, dan demam.”

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa flu sama dengan common cold atau batuk dan pilek biasa. Meski gejalanya cenderung mirip, ternyata kedua masalah kesehatan tersebut disebabkan karena virus yang berbeda. Gejala influenza bisa dibilang lebih parah dan terjadi secara tiba-tiba, sementara gejala common cold terbilang lebih ringan dan terjadi secara bertahap.

Flu adalah masalah kesehatan yang menular dengan cepat dari satu orang ke orang lainnya, terlebih pada 3 hingga 4 hari pertama setelah seseorang mengalami infeksi. Bahkan, untuk beberapa kondisi, pengidap flu juga bisa menularkan penyakit yang diidapnya sebelum menunjukkan adanya gejala. 

Seseorang bisa dengan mudah tertular penyakit flu bila menghirup percikan air liur dari udara secara tidak sengaja dari pengidap saat batuk atau bersin. Tidak hanya itu, menyentuh bagian hidung dan mulut setelah sebelumnya menyentuh benda yang terkena percikan air liur pengidap juga bisa menjadi cara penularan virus flu. 

Gejala Flu yang Perlu Segera Mendapatkan Penanganan Dokter

Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap sepele masalah kesehatan ini. Tidak jarang, gejala influenza yang muncul pun cenderung diabaikan dan dianggap sebagai tanda kelelahan biasa. Padahal, ada tanda penyakit flu yang perlu mendapatkan penanganan dokter segera, antara lain: 

  • Muntah-Muntah
Muntah-Muntah

Tubuh perlu memerlukan cairan untuk tetap bisa terhidrasi dan membantu organ penting di dalamnya bekerja dengan baik. Apabila pengidap flu mengalami muntah yang hebat dan tidak mampu menerima cairan, perawatan medis tentu perlu dilakukan. Pasalnya, kurang cairan bisa mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi, komplikasi yang terjadi pun bisa berbahaya, salah satunya adalah kegagalan organ. 

  • Nyeri Dada dan Sulit Bernapas
Nyeri Dada dan Sulit Bernapas

Seharusnya, influenza tidak akan membuat pengidapnya mengalami kesulitan bernapas, bahkan mengalami nyeri pada bagian dada. Gejala influenza yang terbilang normal hanya membuat hidung menjadi berair dan tersumbat serta nyeri pada otot. Apabila pengidap mengalami nyeri dada dan kesulitan bernapas, penanganan perlu segera dilakukan. 

  • Batuk Tidak Kunjung Sembuh
Batuk Tidak Kunjung Sembuh

Flu juga bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih parah apabila pengidap juga memiliki riwayat sinus. Flu akan membuat hidung tersumbat dan penyumbatan di saluran sinus. Lebih buruk, pengidap sinus yang terserang flu akan mengalami nyeri yang mengganggu pada area di antara kedua mata. 

  • Demam Tidak Turun
Demam Tidak Turun

Demam memang menjadi salah satu gejala influenza. Namun, apabila demam tinggi tidak berangsur pulih hingga lebih dari tiga hari dengan suhu lebih dari 38 derajat Celsius, mungkin saja terjadi infeksi sekunder pada tubuh. Segera dapatkan perawatan untuk mencegah munculnya masalah kesehatan baru. 

  • Sulit Menelan dan Sakit Tenggorokan
Sulit Menelan dan Sakit Tenggorokan

Sakit pada tenggorokan biasanya membuat seseorang mengalami kesulitan menelan. Akibatnya, nafsu makan pun berkurang dan tubuh menjadi lemas serta tidak berenergi. Sakit pada tenggorokan juga bisa menjadi tanda adanya iritasi atau infeksi. Jadi, kamu perlu mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasinya. 

Sebenarnya, kamu bisa mencegah terjadinya flu dengan cara yang mudah dan sederhana. Pertama, pastikan kamu rajin mencuci tangan, terlebih setelah beraktivitas, menggunakan toilet, dan sebelum makan dengan air mengalir dan sabun. Lalu, jaga kebersihan diri dan lingkungan. 

Sumber: Halodoc.com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di KLINIK PELITA SEHAT; klinik BPJS Bogor, klinik terfavorit kleuarga, klinik terbaik di Bogor, klinik terakreditasi paripurna, faskes, faskes primer. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: pelitasehat/index.php

Line Number: 330